Biar Tak Antre Lama Di Bengkel, Gunakan Fasilitas Booking Service

29/01/2018| Mobilmo.com

Sangat disarankan buat para pemilik mobil untuk menggunakan fasilitas booking service ini.

Tidak hanya dalam urusan produk, inovasi juga merambah pada sistem pelayanan di bengkel resmi kendaraan roda empat (after sales). Tak dipungkiri, kepuasan konsumen dalam merupakan salah satu faktor penting langgengnya bisnis otomotif dalam waktu yang lama. Berbicara mengenai after sales, sumber daya manusia (SDM) yang kompeten adalah faktor paling utama dan nomor satu. Tapi bukan berarti mengesampingkan faktor-faktor lain seperti lamanya waktu servis, dan panjangnya daftar antrean servis. Keduanya juga turut berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

Adu ketangkasan para mekanik dalam event Daihatsu National Technical Skill Contest 2018

Ada istilah "booking service" yang sekarang sedang hangat diperbincangkan. Ini adalah layanan pesan untuk servis kendaraan. Konsumen bisa mengatur jadwal servis sehingga saat kendaraan dibawa ke dealer tidak perlu lagi mengantre terlalu lama. Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM), Tjandra Amelia mengungkapkan kalau saati Daihatsu Indonesia lagi gencar-gencarnya mengkampanyekan istilah booking service. Amelia menuturkan kalau kesadaran masyarakat khususnya konsumen Daihatsu pada booking service terbilang masih rendah. Persentasenya dibawah 50 persen atau lebih tepatnya hanya sekitar 40 persen. Artinya masih lebih banyak pemilik kendaraan yang asal datang saja ke bengkel resmi.

Bengkel resmi Daihatsu

Dibanding dengan Malaysia saja, Indonesia masih sangat tertinggal. Di negeri jiran, persentase konsumen yang menggunakan layanan booking servis mencapai 75 persen. Jangan bandingkan dengan Jepang yang memiliki budaya disiplin tinggi. 95 persen konsumen Daihatsu Jepang menggunakan fasilitas booking servis saat ingin melakukan perawatan pada mobilnya. “Saya kagum dengan Malaysia soal after sales, di mana booking service di sana tinggi, sampai 75 persen, sementara Indonesia hanya 40 persen dari total pengunjung. Lebih baik lagi Jepang yang sampai 95 persen, di mana memang di sana budaya disiplin sangat tinggi,” tutur Amelia, Rabu (24/1/2018) lalu. “Angka 40 persen juga tidak buruk, dan kami sedang memikirkan cara yang tepat untuk mengampanyekan itu lagi. Malaysia sendiri butuh empat tahun untuk mencapai 75 persen,” tambah Amelia.

Bengkel resmi Daihatsu - Garut

Di tempat lain, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto menjelaskan kalau manfaat booking service selain agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di bengkel sebenarnya kembali pada konsumen juga. Dengan tidak mengantre di bengkel, konsumen bisa mengefisienkan waktu untuk hal-hal berguna lain daripada sekedar menunggu antrean untuk dilayani. “Cara itu sebenarnya untuk konsumen juga, di mana tidak terlalu lama antre. Kami menghargai waktu konsumen sehingga ingin mereka punya waktu yang lebih efisiensi. Kami dari Astra Daihatsu juga sudah menyediakan aplikasi Astra Daihatsu Mobile, melalui itu konsumen bisa booking service, dan proses pengerjaannya bisa dipantau,” tutur Supranoto. Baca :

International