5 Cara Belajar Mengemudi Mobil Dengan Cepat Dan Mudah

10/12/2017 | Mobilmo.com

Jika Anda tengah belajar mengemudi mobil  dan sempat kebingungan untuk memulainya dari mana dan seperti apa? Ada baiknya apabila Anda melakukan proses belajar dengan memperhatikan beberapa hal di bagian bawah ini, sehingga proses mengemudikan mobil pun dapat dikuasai dengan lebih mudah dan cepat, berikut penjelasan singkatnya :

  1. Cara mengemudi mobil

Hal pertama yang dilakukan dalam belajar mengemudi mobil adalah mengetahui teorinya terlebih dahulu. Pasalnya tanpa ada teori tentunya kegiatan belajar mengemudi pun akan terhambat. Hal ini berkaitan dengan beragam fitur dan fungsi yang tersedia di dalam mobil yang wajib untuk diketahui oleh pengemudi sebelum mengemudikannya. Karena itulah beberapa bagian mendasar pun wajib untuk ada ketahui, seperti halnya :

Gas, bagian yang berfungsi dalam mempercepat atau bahkan memperlambat laju dari kendaraan yang Anda gunakan

  • Rem, yaitu bagian digunakan untuk memperlambat laju dari kendaraan mobil.

  • Kopling, yaitu bagian prasyarat yang digunakan dalam proses pemindahan gigi serta prasyarat untuk berhenti. Lebih dari itu, kopling juga menjadi prasyarat ketika mobil mulai melaju saat pengemudi menginjak bagian dari pedal gas. Namun jika hal ini tidak pas, maka kendaraan atau mobil tersebut pun umumnya tersendat.

    1. Cara memegang setir

    Setelah mengetahui beberapa hal mendasar yang wajib untuk Anda ketahui ketika belajar mengemudi mobil adalah memegang setir. Pada saat memegang bagian yang satu ini sebaiknya Anda hindari menggenggam bagian ujung tuas yang berbentuk tonjolan. Lantas bagaimana cara memegang setir yang benar? Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan dua ruas dari bagian bawah jari telunjuk juga tengah dan kemudian diapitnya dengan jari lain di bagian kiri serta kanan. Lakukan hal ini tanpa tekanan atau bahkan tarikan. Dengan kata lain, Anda harus memegang setir mobil dengan lebih rileks.

    1. Cara memegang tuas dari perseneling dan memindahkan gigi

    Pada bagian yang satu ini sebaiknya Anda rasakan bagaimana desakan dan juga bunyi yang dihasilkannya, apabila terdengar bunyi klek maka hal ini dapat diartikan sebagai kata cocok. karena itulah ketika mengemudi maka Anda pun harus lebih refleks. Dengan kata lain hapalkan bagaimana letak serta posisi juga langkah pada proses perpindahannya. Pasalnya ketika Anda mengemudikan kendaraan mobil, Anda tidak mungkin melirik tuas atau bahkan panel lainnya termasuk juga gas dan bahkan perseneling serta rem dalam proses mengoperasikannya. Hal ini berkaitan dengan kewajiban  pengemudi yang harus fokus dalam mengatur jarak mobil dengan kondisi depan belakang. Atau bahkan samping kanan serta kirinya.

    1. Cara mengoper perseneling

    Untuk mengoper perseneling pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara star di bagian awal yaitu menghidupkan mesin, kemudian menginjak kopling dan memasukkanya ke bagian perseneling 1 serta menginjak bagian kopling. Namun untuk mengoper perseneling tersebut terdapat beberapa perbedaan utamanya pada bagian pergeseran yang dilakukannya. Dengan kata lain ketika kopling ditekan, maka tuas perseneling pun dipindahkan. Setelah itu kopling pun dapat Anda angkat dengan perlahan, namun juga dapat dikatakan cepat karena hal ini menghimpit bagian gas yang dimilikinya.

  • Cara berhenti

  • Untuk bagian terakhir, ketika Anda ingin menghentikan laju mobil, maka hal ini dapat dilakukan dengan menghimpit bagian kopling, kemudian melepas gas dan juga menggeserkan kaki kanan pada bagian rem dan menginjaknya dengan lebih perlahan sehingga mobil pun dapat dihentikan dengan pelan, dan memposisikannya sesuai dengan keinginan Anda.

    Demikianlah kiranya beberapa langkah dan cara tepat dalam proses belajar mengemudi mobil  dengan mudah dan cepat.