8 Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Baik Dan Benar

10/12/2017 | Mobilmo.com

Bagaimana sih cara mengemudi mobil manual dengan baik dan benar? Pada dasarnya mereka yang mengendarai mobil dan mengemudikannya sendiri tentu telah mengetahui beragam fitur yang terdapat di dalamnya, sehingga proses mengemudi pun dapat dilakukan dengan mudah. Namun tidak jarang diantaranya yang meremehkan dan menganggap bahwa mengemudi mobil manual itu mudah, sehingga banyak diantara para pengemudi yang melakukan kesalahan akibat tidak mengerti dan tidak mengetahui mengenai beragam fitur yang dimiliki mobil tersebut. Karena itulah untuk menghindari beragam kesalahan, ada baiknya apabila Anda dan para pengemudi memperhatikan beberapa hal di bagian bawah ini yang tentunya berkaitan dengan cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar, diantaranya :

Cara mengemudi mobil manual

  1. Masuk ke dalam mobil dengan keadaan datar, dalam hal yang satu ini posisi datar mampu membuat mobil melaju dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengaitkan sabuk pengaman dengan lebih tepat, sebelum melajukan mobil sehingga perjalanan pun jauh lebih aman.

  2. Mengatur posisi duduk dengan lebih nyaman, hal ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan setting pada bagian kursi yang hendak Anda gunakan. Dengan demikian, selama mengemudi pun Anda akan merasa lebih nyaman. Pasalnya posisi duduk mampu mempengaruhi fungsi kaki dalam menginjak rem, gas, serta kopling.

  3. Mengenali seluruh bagian pedal yang terdapat di dalam mobil. Bagi Anda yang belum tahu, di dalam mobil terdapat beberapa pedal, seperti halnya pedal pada kaki kiri / sebelah kiri yang dikenal sebagai kopling. Sedangkan untuk pedal yang ada di tengah itu berfungsi sebagai rem, dan pedal satunya lagi yang berada di kanan merupakan pedal dari bagian gas. Dengan mengetahui fungsi dari keberadaan pedal-pedal tersebut tentunya proses mengemudi mobil manual pun bisa Anda lakukan dengan lebih mudah.

  4. Menguasai cara kerja kopling, dalam hal ini ada baiknya apabila Anda mengetahui fungsi kopling itu sendiri. Pada dasarnya kopling digunakan untuk memutuskan putaran dari roda serta putaran pada mesin yang kemudian saling berhubungan. Lebih dari itu, pada mobil manual kopling juga digunakan untuk membantu mengubah posisi gigi, sehingga dapat menambah atau menguranginya dengan lebih mudah tanpa harus merusak roda gigi pada masing-masing transmisinya.

  5. Mampu mengoperasikan pedal dengan tepat, karena setiap pedal berada pada jarak yang berdekatan, maka untuk menginjaknya pun dibutuhkan konsentrasi penuh. Bahkan untuk jenis mobil manual sebaiknya pedal kopling yang Anda injak itu dilepaskan dengan cara perlahan dan juga teratur, sehingga mobil pun dapat dijalankan tanpa membuat kesalahan.

  6. Menempatkan tuas transmisi agar berada dalam posisi netral. Pada dasarnya tuas transmisi dikenal dengan fungsinya yang berguna untuk menambah atau bahkan mengurangi. Karena itulah ketika ingin menambah pedal gigi maka pastikanlah untuk menginjaknya dengan penuh. Namun jika ingin memindahkannya, maka lakukanlah dengan lebih hati-hati.

  7. Nyalakan mesin mobil, ketika Anda menyalakan mesin mobil  dengan cara menstaternya, pastikan pula bahwa Anda telah menginjak pedal kopling yang dimilikinya secara penuh, dan apabila telah menyala, maka lepaskanlah pedal tersebut. sedangkan untuk tuas transmisinya pastikan tetap berada dalam posisi netral.

  8. Menginjak kopling dengan penuh, hal ini dapat Anda lakukan untuk mengingat jarak dari ayunan kopling dengan rem dan juga gas. Setelah itu kopling yang diinjak dan ditahan tadi pun dapat Anda lepaskan dengan cara perlahan dan lebih teratur, sehingga suara mesin pun terdengar mulai menurun. Setelah melakukan hal tersebut Anda pun dapat menginjak pedal kopling kembali secara berulang kali dengan lebih mudah setelah mengenal suara yang dihasilkannya.

Demikianlah kiranya beberapa cara mengemudi mobil manual yang dapat Anda ikuti dengan lebih mudah dan tepat.