Toyota C-HR 1.800 cc Diluncurkan, Harga Sentuh Fortuner

10/04/2018 | Mobilmo.com

Model baru Toyota C-HR resmi diluncurkan, Selas (10/4/2018). Momen ini menandai berakhirnya masa penantian selama hampir dua tahun sejak model crossover low SUV C-HR diperkenalkan di GIIAS 2016 dan masih berwujud konsep. Hampir tidak ada perubahan signifikan antara model konsep dengan yang resmi diluncurkan.

Toyota C-HR jadi model Toyota keempat yang diluncurkan di tahun 2018

Selain desain crossover-nya yang menawan, tak kalah menariknya jadi perhatian dan bahan perbincangan di kalangan media adalah soal harga. Diluncurkan hanya satu pilihan yaitu mesin berkapasitas 1.800 cc berpadu dengan transmisi CVT, C-HR dijual dengan harga Rp 488,5 juta buat tipe warna single tone dan Rp 499 juta untuk two tone. Harga tersebut dianggap bersinggungan langsung dengan Fortuner tipe bawah yang dijual mulai Rp 467,3 juta – Rp 659,4 juta.

Baca : SUV Toyota CHR Jadi Model Paling Laris Di Seantero Jepang

Saat ditanyakan kepada pihak Toyota mereka menjawab bahwa apa yang dilakukan mereka menempatkan harga setara dengan Fortuner tipe bawah sudah diperhitungkan. Jadi, kemungkinan mengganggu pasar Fortuner diyakini tidak akan terlalu besar.

Toyota C-HR saat masih berbentuk konsep di pameran otomotif

“Kami sudah pelajari dan ini produk baru. Jadi saya rasa ini memenuhi kebutuhan yang sedikit berbeda dengan konsumen Fortuner. Jadi kami lihat secara segmen berbeda. Ini akan isi segmen berbeda,” tutur Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) disela-sela peluncuran C-HR di Empirica kawasan Sudirman Central Busines District (SCBD), Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

Henry menambahkan, beberapa calon pembeli Fortuner mungkin berpindah pilihan ke C-HR, tapi jumlahnya paling hanya sedikit. Jadi, tidak bisa dikatakan kalau Toyota C-HR bakal merusak pasar Fortuner.

Baca juga : Toyota CHR Bakal Jadi Andalan Baru Di Kelas SUV Premium

Toyota C-HR dibekali mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1.798 cc 16 Valve 4 in-line DOHC VVT-i (intake)

Toyota memang menempatkan C-HR diantara dua produk andalannya selama ini, Fortuner dan Rush. Tapi dari sisi harga, Toyota membanderolnya lebih dekat dengan Fortuner. Dari beberapa model crossover atau low SUV yang dijual di Indonesia seperti Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki SX-4 S-Cross, Nissan Juke, Mazda CX-3, Chevrolet Trax dan Renault Captur, Toyota C-HR memang punya harga paling mahal.