SUV Toyota C-HR Jadi Model Paling Laris Di Seantero Jepang

15/01/2018 | Mobilmo.com

Sejak Pertama Diluncurkan Hingga Kini, SUV Toyota C-HR Jadi Model Paling Laris Di Seantero Jepang.

Bagi pasar Indonesia, Toyota C-HR hingga saat ini masih sebatas angan-angan. Mobil yang diluncurkan pada Maret 2016 untuk pasar Inggris dan Australia yang dilanjutkan diluncurkan untuk pasar lokal, Jepang pada Desember 2016 itu belum ada kabar pasti bakal diluncurkan di Indonesia. Di Jepang, model ini disambut sangat antusias oleh banyak penggemarnya. Bahkan sebulan sejak diluncurkan, Toyota Jepang berhasil membukukan catatan pemesanan unit C-HR sebanyak 48.000 unit. Delapan kali lipat dari target penjualan Toyota satu bulan.

Toyota C-HR dengan sentuhan TRD di Jepang

Rupanya booming SUV Toyota C-HR tidak hanya terjadi sesaat dan berhenti di awal peluncuran saja. Hingga tahun 2017 berakhir, C-HR masih bertahan dengan statusnya sebagai market leader SUV untuk pasar Jepang. Selama satu tahun 2017, tercatat sebanyak 117.299 unit C-HR dibeli orang disana dan menjadi model SUV paling laris di seantero negeri. Baca : Toyota C-HR Bakal Jadi Andalan Baru Di Kelas SUV Premium Di Jepang, Toyota menawarkan pilihan mesin yang bebeda dengan C-HR yang dijual di pasar Amerika. Bila di negeri paman Sam C-HR menggunakan mesin berkapasias 2.0 liter 4-Cylinder DOHC 16-Valve, di Jepang C-HR menggunakan mesin 1.2 liter Turbo dengan transmisi matic paling baru CVT, dan mesin 1.8 liter hybrid yang dikombinasi dengan motor listrik. Semua model sudah memiliki fitur keselamatan standar Toyota Safety Sense P, meliputi Pre-Collison Safety, Active Cruise Control, Lane Departure Alert, Autonomous Emergency Braking, Forward Collision Warning, serta Automatic High Beam.

Toyota C-HR tampak samping belakang

Dari banyak negara dan benua di dunia hampir seluruhnya sudah menjadi pangsa pasar Toyota C-HR, mulai dari Eropa, Australia hingga Amerika. Jika ada yang belum dijamah oleh C-HR, itu adalah ASEAN. Belum satu pun negara di wilayah Asia Tenggara yang secara resmi memasarkan SUV Toyota C-HR termasuk Indonesia. Kabar yang beredar, tak lama lagi SUV crossover itu juga bakal mengaspal di jalanan ASEAN dan bakal menjadi lawan tanding dari Honda HR-V di Indonesia. Baca : Spesifikasi Lengkap Toyota C-HR, Pesaing Honda H-RV Pihak Toyota Indonesia sendiri belum memberikan sinyal bakal menghadirkan C-HR di Indonesia dalam waktu dekat meski sudah mengkonfirmasi bakal menghadirkan 6 model baru untuk tahun 2018 ini, dan masih terus melakukan study. Tertinggal satu langkah dengan Toyota Malaysia yang sudah membuka keran pemesanan C-HR buat warganya.

Toyota C-HR Hybrid di GIIAS Agustus 2017

“Kalau C-HR model hybrid kita masih menunggu regulasi dari pemerintah. Karena harganya bisa jauh melambung bila dijual di sini. Tapi C-HR juga punya yang versi mesin konvensional kapasitas 1,8 liter. Ini memang bisa saja ditempatkan di antara Rush dan Fortuner, kami masih dalam status study soal C-HR,” tutur Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto. "Tunggu tanggal mainnya," sambungnya. Kapan? Baca : Jarak All New Rush dan Fortuner Terlalu Jauh, Bakal Disiisi C-HR?