Wajib Tahu, Inilah Teknik Mengemudi Mobil Supaya Irit BBM

20/02/2018| Mobilmo.com

Mobil yang irit BBM merupakan salah satu yang diinginkan oleh para pemilik dan juga pengendara. Terdapat berbagai cara untuk bisa membuat Mobil menjadi hemat bahan bakar, salah satunya adalah dengan mengubah perilaku mengemudi Anda. Jadi perilaku yang baik saat Mobil yang irit BBM merupakan salah satu yang diinginkan oleh para pemilik dan juga pengendara. Terdapat berbagai cara untuk bisa membuat Mobil menjadi hemat bahan bakar, salah satunya adalah dengan mengubah perilaku mengemudi Anda. Jadi perilaku yang baik saat berkendara sangat dibutuhkan ketika mengemudi Mobil supaya irit BBM. Jika Anda menginginkan Mobil yang Anda miliki lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan lainnya. Anda bisa mengikuti tips di bawah ini yang tentunya tidak sulit. Hanya saja Anda mau melakukannya atau tidak, kadangkala saat Mobil melaju pengemudi lupa akan hal ini karena sudah terfokus pada tujuannya agar cepat sampai namun bahan bakar yang dikeluarkan tidak dihemat.

Nah bagi yang penasaran, berikut ini merupakan tips mengemudi Mobil supaya irit BBM yang kami sajikan untuk Anda semua. Adapun langkah pertama dalam mengemudi Mobil supaya irit BBM adalah dengan menghindari terjadinya akselerasi serta pengereman yang terlalu berlebihan. Jadi lebih baik saat melajukan Mobil bisa secara konstan, karena saat melakukan pengereman yang terlalu berlebihan maka mesin Mobil akan bekerja keras untuk melajukan kendaraan seperti pada kecepatan semula. Hal tersebut tentunya membutuhkan tambahan bahan bakar dalam melakukannya. Adapun tips yang selanjutnya adalah dengan menjaga putaran mesin Mobil Anda. Pada umumnya putaran yang optimal pada mesin bensin berada pada angka 2.500 sampai 3.500 rpm. Yang dimana angka tersebut merupakan tempat torsi maksimal, jadi aturlah perpindahan gigi transmisi supaya bisa pada angka tersebut putarannya. Jadi jika rpm pada Mobil terlalu tinggi maka bahan bakar bisa terbuang dengan cepat, akan tetapi jika terlalu rendah juga bisa kehilangan torsinya serta membutuhkan gas yang terbilang cukup besar dalam meningkatkan kecepatan. Jadi bahan bakar bisa menjadi lebih hemat jika saat melaju secara konstan pada posisi gigi paling tinggi.

Selanjutnya dalam mengemudi Mobil supaya irit BBM selanjutnya adalah dengan memeriksa tekanan ban Mobil Anda. Jika ban Mobil kondisinya kekurangan angin maka beban yang ditanggung oleh mesin Mobil semakin bertambah. Jika sudah begitu tentunya konsumsi bahan bakarnya juga ikut bertambah pula. Jadi pastikan udara pada ban Mobil Anda dalam ukuran yang tepat. Tips selanjutnya dalam mengemudi Mobil supaya irit BBM adalah dengan selalu menjaga dalam melakukan penekanan pada pedal gas secara stabil. Apabila ingin menambah laju Mobil sebaiknya dilakukan penekanan gas secara lembut dan juga progesif. Jadi saat menginjak pedal gas yang terlalu dalam bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin meningkat.

Nah selanjutnya adalah dengan menghindari kemacetan juga bisa membuat bahan bakar menjadi lebih hemat. Dengan menghindari kemacetan maka konsumsi bahan bakar bisa menjadi lebih hemat. Hal tersebut dikarenakan saat macet Mobil harus berhenti dan kembali melaju dalam kecepatan mulai 0 km kembali. Padahal untuk pertama melaju itu merupakan yang paling banyak membutuhkan bahan bakar. Baca juga: Cara Mengemudi dalam Kondisi Cuaca Hujan Tips terakhir dalam mengemudi Mobil supaya irit BBM adalah dengan mematikan AC Mobil Anda ketika tidak penting. Hal tersebut dikarenakan kompressor AC Mobil juga dapat memberikan beban tambahan pada mesin Mobil. Jadi jika dirasa tidak perlu lebih baik mematikan AC Mobil supaya pengeluaran bahan bakar jadi lebih hemat.

International