Tips Mudah Mengecek Kondisi Ac Mobil Supaya Awet

16/01/2018 | Mobilmo.com

Ac Mobil di jaman sekarang memang menjadi salah satu fitur yang harus ada pada setiap Mobil. Hal tersebut dikarenakan suhu pada siang hari yang panas membuat pengendara dan penumpang kepanasan dan berkeringat. Dengan adanya Ac Mobil membuat suhu di dalam Mobil menjadi netral atau sejuk. Namun disamping hal itu, Ac Mobil juga membutuhkan perawatan dan juga pengecekan supaya kondisinya tetap maksimal. Lantas bagaimana cara mengecek kondisi Ac Mobil supaya tetap maksimal? Melakukan pengecekan terhadap Ac Mobil sangat diperlukan. Tentunya hal tersebut dilakukan supaya menjaga kondisinya sehingga penumpang dan pengendara bisa merasakan kesejukan secara maksimal. Bayangkan, seperti Mobil angkot yang tidak menggunakan Ac, udara di dalamnya terasa panas. Tidak jarang penumpang angkot yang berkeringat karena udara di dalam Mobil yang panas.

Inilah Penyebab Ac mobil Rusak jadi Tidak dingin Oleh sebab itu kami akan memberikan informasi tentang cara mengecek kondisi Ac Mobil supaya tetap maksimal kinerjanya dengan mudah.

  1. Selang Ac
Perlu diketahui bahwa sistem Ac yang mengalami kebocoran bisa menyebabkan pelumasnya menjadi habis. Biasanya hal tersebut tidak teras sehingga tiba-tiba kompresor menjadi macet. Sebelum mengalami hal tersebut, sebaiknya melakukan pengecekan pada bagian selang Ac termasuk pada sambungannya juga jangan sampai lupa. Lihatlah pada selang dan sambungan apakah terdapat noda oli atau tidak, jika ada berarti kondisinya baik-baik saja.
  1. Kipas utama dan extra
Selanjutnya untuk mengecek kondisi Ac Mobil adalah dengan memeriksa bagian kipas utama dan juga kipas extra. Apabila keduanya masih menyala berarti Ac Mobil masih berfungsi dengan baik. Apabila kipasnya mati harus segera dilakukan karena tugas Ac juga untuk mendinginkan radiator Mobil.

  • Freon AC
  • Tahap selanjutnya dalam mengecek kondisi oli Mobil adalah melihat freon apakah masih tersedia atau tidak. Untuk cara pengecekannya sangat mudah hanya dengan melihat lubang kaca yang berada berdekatan dengan kompresor Ac. Jika kondisinya dalam keadaan bening, itu menandakan bahwa freon masih penuh. Akan tetapi jika sudah muncul busa, itu tandanya sistem mengalami kekurangan freon. Selain itu apabila freon dalam keadaan habis, maka kaca akan terlihat bening. Apabila mengalami kehabisan freon maka kompresor tidak akan dapat menyala sehingga berakibat hembusan Ac Mobil menjadi tidak dingin. Oleh sebab itulah sangat perlu dilakukan pengecekan agar dapat bekerja dengan optimal.
    1. Hembusan pada Ac
    Selanjutnya untuk mengecek kondisi Ac Mobil adalah dengan merasakan hembusannya. Caranya adalah dengan menyalakan Ac dalam kondisi paling kencang, setelah itu rasakanlah, apakah terdapat hambatan ataukah tidak. Jika Anda merasakan udara yang berhembus seperti terhambat, maka bisa saja terdapat sumbatan pada bagian evaporator atau filter.

    Tips Membersihkan IdleUp Ac Mobil Supaya Bekerja Dengan Baik Demikianlah informasi tentang cara mengecek kondisi Ac Mobil dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya tentang otomotif yang tentunya terupdate di mobilmo.com.