Tips Menghilangkan Goresan Halus Dan Noda Dengan Mesin Poles

18/02/2018| Mobilmo.com

Goresan halus pada Mobil akan mengganggu tampilan Mobil Anda, selain itu ditambah juga noda yang tentunya membuatnya tidak enak dipandang. Jika Mobil keadaan bersih tanpa noda dan goresan dapat membuat tampilannya lebih menarik dan enak dipandang. Timbulnya goresan bisa darimana saja dan kapan saja tanpa kita ketahui. Pada umumnya goresan halus didapatkan pada saat parkir kejatuhan ranting atau saat diperjalanan ada kerikil atau kayu kecil yang terlempar karena terinjak Mobil lain. Tentunya hal ini tidak bisa dihindari atau diprediksi. Jika tidak ingin mengalaminya sebaiknya Mobil disimpan di rumah dan jangan dibawa pergi. Adapun salah satu hal yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan menghilangkan goresan halus dan noda dengan mesin poles.

Bodi Mobil Tampak Kinclong

Mesin poles sendiri terdapat berbagai macam merek dan tipe. Untuk contoh kali ini menggunakan mesin poles dengan jenis dual action polisher merek shine mate. Selain itu perlu bantuan obat untuk melakukan pemolesan yakni seperti meguiars sratch x. Dalam obat ini terdapat 3 kekuatan yang bisa menjadi pilihan. Pilihan tersebut mulai dari ringan, sedang sampai berat. Jika hanya goresan dan noda bisa dicoba dahulu menggunakan obat dengan kekuatan ringan ataupun sedang. Nah sebelum menghilangkan goresan halus dan noda dengan mesin poles sebaiknya mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dan bahannya terlebih dahulu. Adapun yang dibutuhkan meliputi:
  • Mesin poles
  • Obat poles seperti Meguiars Sratch X kekuatan ringan atau sedang
  • Kain Fiber
Cukup 3 bahan dan alat tersebut yang digunakan untuk menghilangkan goresan pada Mobil. Jangan sampai menggunakan kain dengan bahan sembarangan, hal tersebut dikarenakan apabila kain yang digunakan tidak tepat dapat menimbulkan goresan baru pada bodi Mobil. Setelah peralatan yang dibutuhkan lengkap, mari kita lanjutkan untuk caranya.

Bahan atau obat untuk memoles mobil dengan kekuatan rendah

Untuk menghilangkan goresan halus dan noda dengan mesin poles, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bodi Mobil yang akan dipoles dengan menggunakan kain microfiber. Pastikan sampai bersih, Anda juga bisa mencucinya terlebih dahulu.

Memberikan Obat pada bagian spon mesin poles

Setelah kering dan kondisi bodi Mobil sudah bersih, saatnya untuk eksekusi. Berikan obat yang telah dipersiapkan ke bagian spons mesin poles, setelah itu di tempelkan pada bodi Mobil tanpa menyalakan pada beberapa tempat berjejer yang akan dilakukan pemolesan. Setelah bodi Mobil sudah ada obat yang menempel barulah Anda meratakan obat tadi menggunakan mesin poles dengan kecepatan 1. Pastikan jangan sampai ada bagian yang akan dipoles tidak terkena obat tadi.

Memberikan obat atau bahan poles pada mobil melalui mesin poles

Pada saat obat sudah merata saatnya melakukan pemolesan dengan kecepatan 6 pada mesin poles. Lakukanlah secara vertikal maupun horizontal sampai beberapa menit hingga terpoles sempurna. Biasanya dalam satu meter lebar yang akan dipoles membutuhkan waktu setengah jam. Semuanya tergantung Anda yang melakukannya, apabila dirasa sudah tidak ada noda ataupun goresan Anda bisa berhenti.

Melakukan pemolesan yang dilakukan secara vertikal atau horizantal

Adapun tahap terakhir dalam menghilangkan goresan halus dan noda dengan mesin poles adalah pengelapan. Gunakanlah lap mikrofiber untuk mengelap tiap bagian yang telah dipoles. Perlu diingat kembali bahwa jangan menggunakan kain sembarangan agar tidak muncul goresan baru pada bodi Mobil.

Pengelapan dilakukan setelah selesai memoles bodi mobil

Untuk goresan halus Anda bisa menggunakan obat dengan kekuatan ringan. Namun jika dirasa parah Anda dapat menggunakan yang kekuatannya sedang atau berat. Tentunya jika kekuatan obat kelas berat akan lebih mudah menghilangkan goresan pada bodi Mobil. Selain itu saat mengerjakan diharapkan memantabkan hati dan tindakan agar hasilnya maksimal, jangan ragu agar tetap konsentrasi saat melakukan pemolesan. Baca juga: Terapkan 5 Langkah Merawat Cat Body Mobil Ini Untuk Hasil Mengkilap Demikianlah informasi tentang cara menghilangkan goresan halus dan noda dengan mesin poles. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International