Penyebab Munculnya Bintik-bintik Pada Bodi Mobil Dan Cara Mengatasinya

05/04/2018| Mobilmo.com

Menjaga tampilan Mobil tetap menarik tentunya salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik Mobil. Namun jika muncul bintik-bintik pada bodi Mobil pastinya dapat mengganggu tampilan. Selain itu warna Mobil bisa terlihat menjadi kusam dan sangat susah untuk mengatasinya. Lingkaran yang timbul tersebut sering disebut dengan nama water spot atau bintik air. Apabila muncul pada Mobil yang akan dijual, maka dapat mengurangi harganya. Lantas apa sebenarnya penyebab munculnya bintik-bintik pada bodi Mobil?

Permasalahan yang timbul seperti adanya bintik disebabkan oleh air. Jadi tiap kawasan mempunyai jenis air yang berbeda, yang dimana ada juga yang memiliki kandungan metal dan kalsium yang terlalu tinggi.  Jika begitu maka dapat menimbulkan bintik-bintik pada kendaraan. Air ini biasanya terdapat di daerah pantai.

Water spot mengganggu tampilan Mobil

Tidak hanya itu, Mobil yang sering terkena air hujan dan tidak dilakukan pembilasan bisa menjadi penyebab munculnya bintik-bintik pada bodi Mobil. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam yang terdapat pada air hujan sangat tinggi. Selain menghasilkan water spot, air hujan yang jarang dilakukan pembilasan juga dapat menjadikan warna Mobil cepat berubah menjadi kusam.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mudah Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil

Jadi air hujan yang menetes kemudian mengenai bodi Mobil mempunyai sifat asam. Setelah itu air tersebut akan mengering pada permukaan cat dan meninggalkan noda. Jadi sangatlah penting untuk mengkombinasikan pelindung cat pada Mobil Anda supaya terhindar dari masalah yang dapat merusak cat bodi Mobil. karena hal tersebut tidak hanya membuat warna kusam saja, akan tetap untuk warna yang cerah dapat membuat perubahan warna.

Apabila waterspot dibiarkan terlalu lama maka bisa saja akan sulit untuk dihilangkan. Meskipun untuk pembersihannya sudah dilakukan dengan benar tetap saja sulit. Hal tersebut dikarenakan air yang mengering dapat melekat kuat dan tidak bisa dihilangkan menggunakan air yang biasa.

Walaupun terbilang sulit untuk menghilangkan bintik-bintik pada bodi Mobil, namun jangan khawatir. Karena ada cara khusus yang memang ditujukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah cara menghilangkan bintik-bintik pada bodi Mobil yang bisa Anda praktekkan.

Menghilangkan bintik pada Mobil yang sudah lama tidaklah mudah

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Cara menghilangkan water spot pada bodi Mobil

Untuk cara membersihkannya adalah dengan melakukan pembersihan terlebih dahulu pada bodi yang berbintik menggunakan air hangat. Lakukanlah secara merata seluruhnya dan pastikan bintik yang menempel terkena air hangat semua. Bahan yang digunakan adalah dengan shampo yang memiliki kandungan busa rendah.

Penggunaannya adalah dengan mencampur air hangat dengan shampo tersebut. Setelah selesai dilakukan barulah Anda bilas Mobil dengan air bersih. Langkah selanjutnya adalah dengan pengelapan menggunakan kain yang halus dan kering serta tidak menimbulkan goresan. Setelah semuanya selesai Anda bisa melakukan pemolesan supaya dapat kembali kinclong dan bersih seutuhnya.

Perlu diketahui, pada saat melakukan pemolesan cat bodi Mobil jangan menggunakan bahan yang terdapat kandungan lilin. Hal tersebut dikarenakan cat bodi dapat mudah terkikis yang membuat warna cat Mobil menjadi memudar. Demi keamanan, Anda bisa melakukan pemolesan dengan bahan yang mempunyai kandungan silikon ataupun amonia silica.

Menggunakan mesin poles merupakan cara efektif menghilangkan water spot

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

Akan tetapi jika ternyata bintik yang terdapat pada bodi Mobil sudah terlalu lama, seperti misalnya sudah tahunan. Maka cara yang efektif untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan bahan compound. Pemolesan juga dilakukan ke seluruh bodi Mobil supaya bintik-bintik pada bodi Mobil dapat hilang seluruhnya. Untuk langkah tersebut biasa disebut dengan cutting dan diteruskan dengan proses polishing. Dengan begitu tampilan bodi Mobil akan memiliki cat seperti baru dan mengkilap.

Demikianlah informasi tentang penyebab bintik-bintik pada bodi Mobil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International