Inilah Gejala Awal Kerusakan Mobil Matic Yang Perlu Diwaspadai

19/03/2018| Mobilmo.com

Pada jaman sekarang teknologi semakin mengalami perkembangan. Bahkan dalam dunia otomotif, dulunya Mobil menggunakan transmisi manual sekarang sudah ada yang otomatis. Mobil jenis ini sangat mudah dikendarai karena tidak perlu untuk menekan pedal kopling dalam perpindahan gigi ataupun melakukan pengereman. Apalagi bagi wanita, sangat cocok untuk memakai Mobil jenis ini. Disamping hal itu pemilik Mobil juga harus mengetahui gejala awal kerusakan Mobil matic supaya dapat segera dilakukan penanganan. Tentunya terdapat kelebihan dan kelemahan pada Mobil matic. Dalam kenyamanan yang ditawarkan terdapat juga kekurangannya. Karena kita sudah ketahui bahwa tidak ada yang sempurna. Oleh sebab itu perlu sekali untuk mengetahui informasi mengenai gejala awal kerusakan mobiul matic. Bagi yang belum mengetahuinya bisa menyimak artikel di bawah ini.

Waspasai masalah kerusakan awal pada Mobil matic

Gejala awal kerusakan Mobil matic

  1. Muncul suara aneh ketika memindahkan transmisi
Jadi ketika melakukan perpindahan transmisi terdengar bunyi krek ataupun trek. Hal tersebut tentu bukan hal yang lumrah pada sebuah Mobil matic. Ketika memindahkan transmisi dari N menuju D atau P ke R tiba-tiba muncul suara tersebut berarti Anda harus waspada. Segera lakukan pengecekan dengan membawanya ke bengkel, karena bisa saja itu gejala awal kerusakan yang bisa bertambah parah.
  1. Tarikan berat ataupun tersendat-sendat
Gejala awal kerusakan Mobil matic selanjutnya adalah terasa tarikan Mobil agak berat. Selain itu ketika pedal rem dilepas dan pedal gas diinjak akan terasa tersentak. Apabila Anda mengalaminya berarti terdapat 2 kemungkinan. Untuk yang pertama ada kerusakan pada solenoid pressure atau biasa disebut TCM Speed sensor untuk yang transmisinya menggunakan jenis elektrik. Sedangkan untuk yang jenis konvensional biasanya terdapat kebocoran pada oli mesin. kemungkinan lainnya adalah oli mesin sudah saatnya untuk dilakukan pergantian atau sangat kotor. Jadi akan berat dalam memindahkan gigi saat berada pada putaran tertentu.

Jika tersa ada masalah sebaiknya segera di bawa ke bengkel resmi atau langganan

  1. Munculnya getaran ketika dikendarai
Pada saat melakukan perjalanan dan dirasa ada getaran yang timbul dari mesin terasa megganggu. Maka besar kemungkinan Mobil matic Anda mengalami masalah pada kampas kopling yang waktunya untuk diganti atau sudah aus. >>> Mungkin tertarik, Beberapa Kesalahan Dalam Mencuci Mobil Yang Sering Dilakukan
  1. Perpindahan trannsmisi tersendat
Apabila saat memindahkan transmisi Mobil matic terasa tersendat, maka sebaiknya segera diperiksakan ke bengkel. Apabila dibiarkan maka dapat membuat gigi transmisi terkunci sehingga sangat berbahaya. Kerusakan yang terjadi biasanya pada sistem mekanikal transmisi Mobil. Hal tersebut terjadi biasanya ketika sedang memindahkan transmisi mundur.
  1. Saat memindahkan gigi terasa ada hentakan
Untuk Mobil matic kategori terbaru tentunya memiliki perpindahan transmisi yang halus. Jika terasa terdapat sedikit hentakan Saya rasa itu biasa saja. Namun yang patut dicurigai adalah timbulnya hentakan yang besar seperti terasa ada yang menabrak Mobil Anda dari belakang. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan, karena bisa saja ada masalah di bagian elektronik atau sistem mekanik lainnya. selain itu bisa juga terdapat kebocoran oli sehingga kinerja gigi transmisi kurang baik karena tidak terpelumasi dengan maksimal.

Jangan menunggu sampai parah apabila terjadi masalah karena biayanya semakin mahal

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips perawatan lainnya
  1. Boros BBm
Gejala awal kerusakan Mobil matic yang terakhir adalah kendaraan Anda menjadi boros. Kerusakan yang terjadi dapat berakibat torsi pada mesin tidak tersalur dengan semestinya. Hal ini yang menjadikan konsusmsi bahan bakar menjadi lebih boros. Jika Mobil matic Anda mengalami hal tersebut, segera membawanya ke bengkel resmi atau langganan Anda. Jika dibiarkan bisa saja kerusakan menjalar ke bagian lain sehingga membutuhkan perbaikan yang cukup mahal. Sebenarnya merawat Mobil matic sangat mudah yakni mengganti oli secara berkala, tepat waktu dikala servis dan tidak membawa beban berlebihan melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Dengan begitu gejala awal kerusakan Mobil matic tidak akan menghampiri kendaraan Anda. >>> Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya Jika Anda berminat membeli Mobil matic atau manual, bisa mengunjungi Cintamobil.com.