Belajar Cara Mengendarai Mobil Mundur Lurus dan Berbelok

12/02/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Mengendarai Mobil terlihat mudah saat melihat orang lain yang mengemudikannya. Jika dilihat saat Mobil berjalan maju memang bisa dipahami dengan jelas.

Mengendarai Mobil terlihat mudah saat melihat orang lain yang mengemudikannya. Jika dilihat saat Mobil berjalan maju memang bisa dipahami dengan jelas. Akan tetapi sangat berbeda dengan berjalan mundur yang terbilang lebih sulit dibandingkan dengan berjalan ke depan. Terdapat tehnik yang harus dipelajari supaya tidak terjadi masalah seperti menabrak sudut belokan ataupun terlalu lurus ke belakang hingga menabrak sesuatu. Lantas bagaimana cara mengendarai Mobil mundur supaya cepat mahir.

Lihat semua kaca spion untuk berjalan mundur

  Mengemudi Mobil mundur lurus Dalam keadaan jalan yang lurus memang lebih mudah dalam mengemudi Mobil mundur tidak sesulit dengan membelok. Akan tetapi walaupun mudah jika tidak dipelajari dengan seksama serta konsentrasi yang lebih bisa mengakibatkan suatu masalah. Baca juga: 5 Cara Belajar Mengemudi Mobil Dengan Cepat Dan Mudah Untuk caranya begini, saat Anda akan mengemudi Mobil mundur hal yang harus diperhatikan adalah kaca spion sebelah kiri. Walaupun terdapat spion kanan namun perhatian yang lebih bagian kiri. Hal tersebut dikarenakan bagian Mobil bagian kiri yang berhadapan langsung dengan bahu jalan. Kalau bagian kanan itu jalanan yang masih lebar meskipun jalan untuk Mobil arah berlawanan jika jalanan yang dua arah. Sebelum melakukannya sebaiknya memeriksa spion terlebih dahulu, apakah sudah dalam posisi yang benar atau belum. Posisi yang tepat adalah pada kaca spion terlihat bagian Mobil belakang kira-kira setengah dari badan Mobil. Apabila sudah benar Anda bisa melakukan pelatihan mengendarai Mobil mundur di tempat yang sepi dan tidak berbahaya. Maksudnya pada pinggiran jalan pilihlah yang terdapat rumput serta jaraknya masih panjang. Kalau bisa hindari pinggiran selokan karena jika keliru bisa masuk ke selokan tersebut.

Posisikan perseneling di R untuk berjalan mundur

Tahap selanjutnya dalam mengendarai Mobil mundur adalah  memindahkan perseneleng pada posisi R supaya dapat berjalan mundur, setelah itu menekan gas secara perlahan kemudian lihat di kaca spion bagian kiri Mobil Anda. Usahakan jarak antara ban Mobil dengan batas jalan sekitar 20 cm. Apabila terlalu dekat bisa Anda jauhkan dan jika terlalu jauh dekatkan. Dalam berlatih sebaiknya mencari jalan yang lurus dahulu untuk lebih menghafal tata cara dan membuat kita terbiasa. Setelah terbiasa Anda bisa melanjutkan pelatihan untuk berjalan mundur dan berbelok ke kiri. Mengemudi Mobil mundur membelok Latihan selanjutnya adalah membelok ke kiri dengan Mobil bergerak mundur. Hal ini bisa terbilang susah, karena sangat berbeda dengan jalanan yang lurus. Untuk langkah pertama yang dilakukan adalah dengan berjalan mundur lurus terlebih dahulu dengan jarak bahu jalan sekitar 20 cm. Setelah itu saat sudah sampai di belokan anda bisa memutar stir kemudi Anda. Untuk memutar kemudi bisa membelok dengan patokan roda belakang sudah sejajar dengan batas tikungan. Carilah patokan seperti batu, rumput atau tiang besi yang letaknya berada di tikungan.

Melihat kaca spion saat berjalan mundur

Yang penting jarak aman jangan sampai lupa 20 cm. Untuk laju mundur Mobil diharapkan secara perlahan. Gunakanlah kopling saja ketika membelok di tempat yang datar, jangan menekan gas supaya laju Mobil mundur berbelok secara perlahan. Jadi dengan Anda memutar kemudi secara penuh maka Mobil akan langsung membelok ke kiri secara tajam. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan spion bagian kiri jika berbelok ke kiri, begitu juga sebaliknya dengan berbelok ke kanan yang lebih diperhatikan spion kanan. Setelah bodi Mobil sudah hampir sejajar dengan pada tepi bahu jalan Anda bisa membalas kemudi Mobil. Setelah itu putar ke kanan atau ke kiri untuk mensejajarkan dengan batas tepi jalan setelah berbelok. Baca juga: Tips Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Aman Cara mengendarai Mobil mundur tersebut baik membelok ke kanan atau ke kiri sama saja. Perbedaannya hanyalah pandangan Anda menuju spion yang berbeda. Untuk belok ke kanan pandangan lebih fokus pada spion bagian kanan, begitu juga sebaliknya.

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.