Beberapa Tips Merawat AC Mobil Isuzu Panther Tetap Maksimal

14/03/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Pada saat cuaca panas kinerja AC Mobil yang baik sangat dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan agar suhu yang berada di dalam Mobil dapat dikontrol dengan baik.

Pada saat cuaca panas kinerja AC Mobil yang baik sangat dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan agar suhu yang berada di dalam Mobil dapat dikontrol dengan baik. Dengan begitu pengendara dan penumpang tidak akan kepanasan saat di dalam  Mobil Panther akibat cuaca yang cukup ekstrim. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh, tentu suhu Mobil yang stabil sangat dibutuhkan supaya tidak mual ataupun pusing. Disamping hal tersebut merawat AC Mobil Isuzu Panther juga diperlukan supaya tetap melakukan tugasnya dengan baik. Mobil Isuzu Panther memiliki bodi yang kuat dan tangguh sehingga mampu melintasi berbagai medan jalanan. Selain itu keseimbangan yang dimilikinya saat dipacu dalam perjalanan tidak diragukan lagi. Namun hal tersebut tidak akan lengkap jika interior terasa tidak nyaman karena AC tidak dingin. Oleh sebab itu berikut ini tips merawat AC Mobil Isuzu Panther supaya kondisinya tetap prima.

Jika AC Mobil suhunya normal perjalanan menjadi nyaman

Pada AC Mobil terdapat freon yang bisa saja habis akibat lamanya pemakaian. Jika kehabisan freon akan muncul suara “cess” yang agak panjang. Padahal jika freon bisa kehabisan berarti terdapat masalah pada komponen Mobil. Freon sendiri merupakan cairan yang diproses menjadi gas sehingga dapat mendinginkan suhu di dalam kabin Mobil. Jadi jika kehabisan freon berarti terdapat masalah pada sill, evaporator, kondensor atau selang yang mengalami kebocoran ataupun kerusakan.

Perawatan pada AC Mobil diperlukan supaya kondisinya tetap prima

>>> Mungkin tertarik, Tips Mudah Mengecek Kondisi Ac Mobil Supaya Awet Untuk menghindari masalah tersebut dan menjaganya kinerja AC Mobil Panther tetap maksimal bisa melihat tips di bawah ini.
  1. Untuk merawat AC Mobil Isuzu Panther, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menguras freon dalam waktu 1 tahun sekali. Jika kelamaan atau terlalu cepat, Anda bisa menggantinya tiap 20.000 km. Usahakan dalam pergantian menggunakan freon yang asli dan juga memiliki kualitas yang terbaik.
  2. Menjaga rpm tidak terlalu tinggi saat AC Mobil menyala adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan Isuzu Panther memiliki AC Mobil yang tidak dirancang untuk menyala pada kecepatan tinggi atau putaran mesin yang tinggi. Jadi jika ingin melaju melebihi 4000 rpm sebaiknya mematikan AC supaya kondisinya tetap terjaga.
  3. Pada saat terjebak kemacetan yang memungkinkan berhenti lebih dari 10 menit, maka sebaiknya AC Mobil dimatikan.
  4. Jangan mengulur waktu dalam mengganti freon pada AC Mobil. Hal ini dikarenakan freon lama-kelamaan akan mengalami penguapan dan kembali ke sifat asalnya yakni cairan. Jadi gantilah 1 tahun sekali atau setiap 20.000 km seperti yang direkomendasikan.
  5. Untuk merawat AC Mobil Panther selanjutnya adalah dengan membersihkan interior Mobil 1 minggu sekali. Apalagi adanya kotoran dan sampah bisa membuatnya terhisap oleh evaporator yang berakibat muncul bau tidak sedap yang keluar dari kisi-kisi AC. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya bertindak cepar dengan membawanya ke bengkel AC Mobil.
  6. Apabila AC Mobil Panther Anda dirasa sudah tidak dingin, jangan memaksakan untuk melakukan perjalanan dengan kondisi tersebut. Pada umumnya jika terjadi hal tersebut maka pertanda bahwa fren sudah hampir habis atau memang kehabisan. Jika tetap bekerja dalam kondisi tersebut maka kompresor AC Mobil lebih cepat mengalami kerusakan.
  7. Lakukanlah pengecekan pada bagian selang air yang terhubung dengan AC. Hal tersebut dikarenakan bagian ini bisa saja tersumbat ataupun terlipat bahkan bocor. Seperti misalnya ada tetesan air yang muncul dari AC maka hal pertama yang harus diperiksa adalah bagian selang.
  8. Jadi apabila selang freon mengalami kebocoran, maka freon akan lebih cepat habis. Penyebab yang umum terjadi adalah terjadinya gesekan dengan komponen lain yang berdekatan. Solusinya adalah dengan mengganjalnya menggunakan spon atau pipa yang dibelah supaya tidak terjadi gesekan langsung.

Jika terjadi kerusakan pada AC Mobil Isuzu Panther segera dibawa ke Bengkel AC

Demikianlah beberapa tips merawat AC Mobil Panther supaya tetap dalam kondisi yang bagus. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya. >>> Klik di sini untuk mengeupdate tips & trik lainnya Bagi Anda yang berminat membeli Mobil sebaiknya cek dulu di situs Cintamobil.com sebelum berpindah ke tempat lain.  

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.