Tips Mengendarai Mobil saat macet

05/01/2018 | Mobilmo.com

Mengendarai Mobil saat macet memang memerlukan kesabaran dan juga keahlian dalam mengemudi. Bagaimana tidak, di daerah perkotaan ataupun persimpangan serta tempat yang ramai lainnya seringkali terjadi yang namanya macet. Oleh sebab itulah jangan sampai gara-gara macet dapat menjadikan naik darah atau emosi karena setiap orang sebenarnya juga tidak mau terjebak macet. Lebih baik menghibur diri dengan menyalakan musik atau berbincang-bincang sama penumpang lain di dalam Mobil. Hal tersebut akan menenangkan pikiran kita dan jangan lupa untuk selalu berkonsentrasi. Ketika mengendarai Mobil saat macet juga bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor seperti pengendara lain yang kurang konsentrasi atau pejalan kaki yang melintas. Selain itu terdapat juga pengendara sepeda motor yang memanfaatkan bodinya yang ramping untuk melewati kemacetan dengan terobos sana dan terobos sini. Pada saat berkendara di kemacetan berakibat borosnya bahan bakar, akan tetapi hal tersebut dianggap biasa karena yang diutamakan adalah keselamatan. 

mengemudi Mobil juga bisa menambah informasi supaya tidak panik ketika mengalaminya. Tips Mengendarai Mobil Saat macet

  1. Menjaga jarak aman
Adapun tips mengendarai Mobil saat macet yang pertama adalah dengan menjaga jarak yang aman dengan Mobil di depan. Selain itu perhatikan juga ban Mobil depan milik kita atau bagian depan Mobil supaya mendapatkan jarak yang proporsial. Adapun jarak aman yang ideal adalah berkisar antara 2 sampai 3 meter namun harus tetap menyesuaikan dengan Mobil di depan dan keadaan.

  • Jangan berhenti di pertigaan dan gang masuk
  • Selanjutnya saat Anda terjebak macet, usahakan jangan berhenti di pertigaan atau gang masuk desa dan perumahan. Hal ini yang kerap terjadi, saat terdapat gang masuk desa atau perumahan malah dihalangi Mobil sehingga ketika terdapat Mobil lain yang mencoba masuk tidak bisa sehingga malah menambah kemacetan dari arah sebaliknya. Bagi Anda yang sering menutupi jalan masuk atau pertigaan sebaiknya mengalah dan membiarkan Mobil yang akan masuk lewat terlebih dahulu.
    1. Cek spion
    Tips selanjutnya tentang mengendarai Mobil saat macet adalah dengan memperhatikan spion. Perhatikan apakah terdapat pengendara lain atau pejalan kaki yang sedang lewat baik dari arah kiri ataupun yang kanan. Hal ini bertujuan supaya Mobil Anda tidak menyenggol pejalan kaki atau pengendara lain seperti sepeda motor.
    1. Mengontrol Rem dan kopling Mobil serta gas dengan benar
    Saat Anda mengendarai Mobil dan terjebak macet, maka kontrol dari gas, kopling dan rem sangat diperlukan. Jangan sampai saat macet malah Mobil Anda mati mendadak atau tiba-tiba ndlonyor ke depan karena terlalu dalam saat menginjak gas. Tentunya setiap pengemudi Mobil tidak mau mobilnya menabrak pengendara di depannya bukan. Oleh sebab itulah berkonsentrasilah agar kondisi tetap aman dan terkendali.
    1. Menggunakan rem tangan