Tips Berbelok Di Pertigaan Menggunakan Mobil Supaya Aman

14/02/2018 | Mobilmo.com

Mengemudi mobil di jalanan tidak semudah melihat orang lain yang mengendarai. Seperti misalnya jalan yang dilewati kadang lurus, berbelok, naik dan turun. Bahkan kadangkala ditemui juga jalanan yang berlubang. Kali ini pembahasan tentang bagaimana cara berbelok di pertigaan menggunakan Mobil supaya aman. Tentunya di pertigaan memiliki resiko lebih besar dibandingkan jalanan biasa lurus atau naik dan turun. Resiko tersebut adalah kecelakaan akibat kelalaian pengemudi Mobil itu sendiri dang pengendara lain. Jalan pertigaan memang rawan terjadi kecelakaan, pada umumnya yang sering terjadi adalah pengendara Mobil berhadapan dengan pengendara motor. Namun seringkali tidak ada yang mau mengalah dan disalahkan, hal tersebut memang lumrah karena terburu-buru mengejar aktifitas kesehariannya.

Berbelok di pertigaan menggunakan mobil

Melihat kondisi tersebut, kali ini mobilmo akan memberikan tips berbelok di pertigaan menggunakan Mobil supaya aman. Dalam mengemudi Mobil yang perlu diperhatikan adalah situasi di jalan. Kita harus sadar bahwa di jalanan tidak hanya kita saja yang melintas. Banyak pengendara lain seperti Mobil, motor, sepede dan pejalan kaki yang perlu untuk saling waspada. Pada saat membelok di pertigaan yang tidak terdapat lampu bangjo sebaiknya lebih meningkatkan waspada. Jadi ketika sudah hampir dekat dengan pertigaan sebaiknya melakukan pengereman untuk melambatkan Mobil supaya mudah dalam pengontrolannya. Apabila sudah sampai di pertigaan sebaiknya berhenti ataupun berjalan sangat pelan sambil melihat kanan dan kiri. Yang paling penting adalah selalu menyalakan lampu sein yang benar saat akan membelok.

Jalanan yang menunjukkan pertigaan

Pada saat akan berbelok di pertigaan dengan Mobil ke arah kanan, maka pandangan lebih fokus pada Mobil sebelah kiri. Jika jalanan dari arah kiri terlihat sepi dan tidak ada kendaraan lain yang diperkirakan melintas dalam beberapa detik barulah Anda melihat sebelah kanan. Jika dari arah kanan terlihat sepi Anda bisa memajukan Mobil Anda secara perlahan namun jangan terlalu pelan. Baca juga: 8 Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Baik Dan Benar Sementara itu, jika akan membelok ke kiri dengan menggunakan Mobil sebenarnya lebih mudah. Karena pandangan lebih difokuskan ke arah kanan. Namun jangan lupa pula untuk melihat ke kiri walau sebentar setelah dari arah kanan dipastikan sepi atau Mobil yang melintas dalam jarak aman Anda berbelok dan Mobil tersebut memperlambat kendaraannya. Jangan egois apabila ada Mobil atau kendaraannya sudah hampir dekat Anda langsung membelok. Hal tersebut akan berbahaya karena pengendara lain akan melakukan pengereman mendadak. Namun bagaimana cara berbelok di pertigaan menggunakan Mobil dalam keadaan ramai. Jika kondisi sepi pasti akan lebih mudah dalam melakukannya. Namun saat ramai Anda harus memberikan tanda kepada pengendara lain supaya Anda bisa menyebrang. Tanda yang paling wajib adalah lampu sein baik kondisi jalanan sepi ataupun ramai harus tetap dinyalakan. Jika kondisi ramai Anda bisa menggunakan bantuan tangan Anda untuk membelok ke kiri dengan melambaikan tangan atau memberi tanda stop.

Waspada dengan pengendara Motor saat di pertigaan

Selanjutnya jika ingin membelok ke kanan diperlukan bantuan teman Anda yang duduk di samping Anda. Anda melakukan penyetopan pada kendaraan yang disebelah kanan dan teman Anda memberi tanda pada pengendara di sebelah kanan. Pada intinya dalam tips berbelok di pertigaan terdapat beberapa pont penting yang harus diperhatikan.
  1. Sabar tidak menang sendiri
  2. Selalu nyalakan lampu sein yang benar jika akan berbelok(Lampu sein kanan untuk tanda belok ke kanan dan lampu sein kiri sebagai tanda akan belok ke kiri)
  3. Waspada dengan pengendara motor yang ugal-ugalan
  4. Memberi tanda dengan melambaikan tangan saat kondisi jalanan ramai
  5. Mengalah pada pejalan kaki
Baca juga: Tips Kuat mengemudi Mobil Dalam perjalanan Demikianlah tips berbelok di pertigaan menggunakan Mobil supaya aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.