Sokonindo Targetkan 35.000 Unit Mobil Terjual Di Indonesia Per Tahun

02/04/2018 | Mobilmo.com

Pendatang baru merek asal China, Dongfeng Sokon atau Sokonindo memang baru menjual dua model di Indonesia, yaitu mini pick up K01S single cabin dan K02S double cabin. Meski demikian, target penjualan sudah dicanangkan sejak beberapa waktu lalu. Dengan kapasitas produksi pabrik Sokonindo Automobile Cikande, Serang, Banten yang mencapai 50.000 ribu unit per tahun, Sokon menargetkan tahun 2020 bisa terpakai semua.

Sokon targetkan produk penuh di pabriknya yang berada di Cikande, Serang, Banten

Bukan hanya itu saja ambisi serius Sokonindo, produksi kendaraan Sokon di Indonesia juga ditargetkan bisa masuk pasar ekspor sebanyak 30 persen, yang artinya 70 persennya atau sebanyak 35.000 unit bisa terjual di pasar domestik.

Hal tersebut seperti disampaikan ole Area Manager Sokonindo Automobile, Elias Sugita Handoyo kepada media, Senin (26/3/2018) lalu.

“Target kami pada 2020 itu kami sudah bisa menjual 50.000 per tahun, mungkin proporsi 70 persen lokal dan 30 persen ekspor ke Asia Tenggara,” tutur Elias.

Baca : Sokon Indonesia Ungkap Strateginya Bertarung Dengan Merek Jepang

Guna memuluskan rencana tersebut, Sokonindo tak lama lagi bakal meluncurkan secara resmi model SUV, Glory 580 di pasar Indonesia. Model yang disebut banyak orang bakal jadi penantang serius Honda CR-V karena kemiripannya tersebut sudah diperkenalkan ke masyarakat pada saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 lalu dan saat ini sudah diproduksi di pabrik Cikande Serang, Banten.

Sokon K01S dan K02S punya kelebihan yang berkebalikan satu sama lain

Sokon meluncurkan SUV Glory 580, mobil yang disebut banyak orang sebagai penantang utama Honda CR-V karena kemiripannya

Beberapa unit bahkan telah dikirim ke dealer-dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk pembelajaran para teknisi serta mengenal lebih jauh tentang Glory 580.

Baca juga : SUV Asal China, Sokon Glory 580 Resmi Diproduksi Di Indonesia

Dengan diluncurkannya Glory 580 nanti, berarti sudah ada dua line yang dijadikan senjata Sokonindo menaklukkan pasar otomotif nasional. Super cab K01S dan K02S untuk segmen komersil serta Glory 580 untuk segmen mobil penumpang. Sedangkan untuk pasar ekspor, belum dibuka informasinya kapan dan model apa yang bakal digunakan.

Proses produksi di pabrik Sokonindo Automobile Serang Banten sudah menggunakan teknologi robot

Unit pertama Sokon Glory 580 yang diproduksi di pabrik Sokonindo Automobile Cikande Serang Banten

Secara tersirat, Sokonindo memang mengungkapkan rencana ekspornya pada saat acara peresmian pabrik produksi, Selasa (28/11/2017) lalu. Tujuan pertamanya adalah pasar ASEAN yang sama-sama menggunakan kemudi di bagian kanan. Pabrik Sokonindo Automobile mendapat pujian dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang saat itu meresmikan dikarenakan sudah mengaplikasikan teknologi industri 4.0 atau bekerja secara otomatis menggunakan robot, yaitu robotik artificial intelegent (AI).