SUV Asal China, Sokon Glory 580 Resmi Diproduksi Di Indonesia

28/11/2017 | Mobilmo.com

Usai membuka pabriknya secara resmi, PT. Sokonindo Automobile langsung bergerak cepat, memproduksi sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang, Glory 580. Ini merupakan bagian dari rencana Sokon Glory 580 untuk terjung ke ranah pertarungan industri otomotif dalam negeri, khususnya di kelas SUV. Menurut informasi yang beredar, tidak lama lagi model baru SUV ini akan mulai dipasarkan. Glory 580 adalah produk perusahaan negeri tirai bambu, Dongfeng Sokon (DFSK) selain Wuling Confero yang ikut dipamerkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu di Tangerang.

Mobil ini bakal diluncurkan secara resmi tidak lama lagi dengan dua pilihan mesin yaitu 1.500 cc turbo dan 1.800 cc natural aspiration. Hadirnya di Indonesia juga menandai pertama kalinya produk Sokon dengan kemudi di bagian kanan sebab biasanya produk DFSK menggunakan stir di bagian kiri seperti umumnya mobil mancanegara. Dari sisi dimensi mobil Sokon Glory 580 ini cukup panjang dengan ukuran 4.680 mm x 1.858 mm x 1.715 mm. Banderol harga yang bakal disematkan kemungkinan besar sekitar Rp 280 jutaan. Pihak Sokon Indonesia menuturkan, Glory 580 adalah salah satu SUV paling laris di dunia. Karenanya diharapkan di Indonesia model ini akan memenuhi kebutuhan dan bisa diterima masyarakat.

"Produk Glory 580 ini merupakan salah satu SUV terlaris di dunia, dan kami berharap produk ini bakal memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Ditambah lagi kalau model ini juga dikembangkan dan diproduksi dipabrik dalam negeri, sehingga menawarkan nilai yang kompetitif," tutur Franz Wang, selaku Marketing Director PT Sokonindo Automobile kepada media, Selasa (28/11/2017). Sekilas, Gory 580 memiliki desain siluet interior mirip SUV 7 penumpang Honda CR-V asal Jepang dan juga Nissan X-Trail. Meski begitu tampilannya memiliki kesan modern seperti umumnya SUV asal Eropa. Di negaranya, Sokon Glory 580 dikenal dengan sebutan Dongfeng Fengguang. Di pabrik barunya di Cikande, Serang, Banten, Sokonindo Automobile tidak hanya akan memproduksi Glory 580, tapi juga memproduksi model-model Sokonindo yang lain baik yang dipasarkan dalam negeri, maupun yang dipasarkan ke mancanegara khususnya wilayah Asia Tenggara dan yang lain.

Kaitannya dengan masalah outlet penjualan dan layanan purna jual, Sokonindo mengaku telah memiliki setidaknya 30 outlet di seluruh Indonesia. Direncanakan dalam 3 tahun mendatang, jumlah penjualan dan pelayanan purna jual akan mencapai 150 lokasi.