Review New Mazda CX-3 2018

21/08/2018 Metodius Review Mazda

Segmen crossover memang terbilang sexy, dikelas ini masih ada jawara yang cukup potensial, yaitu Suzuki SX4 S-Cross. Namun siapa sangka bahwa ada pesaing terbaik untuk melahap hampir seluruh pasar potensial crossover yaitu Mazda CX-3. CX-3 menjadi crossover mewah yang menjadi penguat beberapa saudaranya seperti Mazda CX-5, mobil ini lebih kecil dibanding CX-5, tetapi memang sengaja untuk mendapat banyak pembeli dikelas ini.

1. PENGANTAR

Review New Mazda CX-3 2018 - Segmen crossover memang terbilang sexy, dikelas ini masih ada jawara yang cukup potensial, yaitu Suzuki SX4 S-Cross. Namun siapa sangka bahwa ada pesaing terbaik untuk melahap hampir seluruh pasar potensial crossover yaitu Mazda CX-3. CX-3 menjadi crossover mewah yang menjadi penguat beberapa saudaranya seperti Mazda CX-5, mobil ini lebih kecil dibanding CX-5, tetapi memang sengaja untuk mendapat banyak pembeli dikelas ini.

2. EKSTERIOR

Pembaruan New Mazda CX-3 kali ini memfokuskan pada desain tradisional Jepang, desain ini juga mengungkapkan bentuk yang berbeda serta unik dari crossover kebanyakan. Khas dari Mazda, desain KODO-Soul of Motion melengkapi New Mazda CX-3 yang membawa Mazda CX-3 lebih indah dan tajam dari sisi eksteriornya.

Review Mazda CX-3 2018: Sisi Depan

Bagain Depan Mazda New CX-3 2018 Menatap Dengan Tajam

Sisi Depan Mazda CX-3 2018

Desainer Mazda mengukuhkan desain CX-3 begitu tepat, tampilan depan ini menatap tajam dengan bentuk lampu utama yang tidak besar. Walaupun tidak besar, lampu ini bukan sembarangan, lampu utama ini adalah LED yang dilengkapi dengan Automatic Leveling, adapun Daytime Running Lamp (DRL). Tampilan grill empat tingkat menjamin bahwa mobil ini cukup mewah dari depan, ditambah dengan beberapa list krom disisi grillnya dan juga di bagian bawah kanan kiri bumper.  Fitur unik juga ada pada bagian wiper depannya, yaitu Timing Adjustable dilengkapi dengan sensor hujan.

Review Mazda CX-3 2018: Sisi Samping

Sisi Samping Mazda New CX-3 2018 Dengan Fender Hitam Sporty

Bagian Samping Aerodinamis New CX-3 2018

Dari samping seperti Mazda 2 yang dibuat sedikit membesar dan bulat ke belakang ditambah dengan fender hitam tebal menjadikan CX-3 sebagai crossover sejati. Desain dari kap depan hingga belakang dibuat sedikit rendah membuat mobil ini lebih sporty. Side molding dengan warna krom dibagian samping bawah ini juga menarik seperti menyambung antara list krom dibagian depannya. Spion elektrik dengan power fold serta dilengkapi dengan side turning lamp, untuk desain pelek juga baru dengan ukuran 215/50 R18.

Review Mazda CX-3 2018: Sisi Belakang

Bagian Belakang Mazda New CX-3 2018 Dengan Lampu Belakang LED

Desain Belakang Mazda New CX-3 2018

Lekukan maskulin sangat terlihat dari bagian belakang, lampu belakang juga tidak kalah sipitnya dengan depan. Shark finn antena sangat jelas dibagian atap belakang ditopang dengan rear spoiler with High Mount Stop Lamp, lampu belakang juga LED yang terakhir dan menarik dua knalpot berlapis krom di sisi kanan dan kirinya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Review Mazda CX-3 2018: Dashboard

Dashboard Mazda New CX-3 2018 Memiliki Material Soft

Dashboard Elegan Mazda New CX-3 2018

Persepsi mobil premium pada Mazda memang tepat, karena Mazda selalu menghadirkan kualitas terbaik dalam kabin mobilnya. Termasuk dalam dashboard Mazda CX-3 yang diberikan material soft, terdapat pula MZD Connect berukuran 7 inci touchscreen, dan kesejukan akan merasuk ke dalam kabin dengan AC Full-Automatic.

Review Mazda CX-3 2018: Setir

Mazda memberikan kemudi yang pas, genggaman tidak terlalu besar dan materialnya sangat baik. Material kulit dan leather menyatu dengan lingkar kemudinya, selain itu kemudahan terasa dengan banyaknya tombol disisi kanan dan kirinya yang terhubung langsung dengan audio dan juga mobil. Pada bagian kiri tombol pengaturan audio dan bluetooth, pada sisi kanan tombol pengaturan Cruise Control terakhir disisi belakang ada paddle shift sangat berguna untuk berakselerasi dijalanan.

Review Mazda CX-3 2018: Kursi

Lagi-lagi warna hitam menjadi pilihan bagi pabrikan mobil untuk mengisi interior dan juga kursinya. Warna kabin yang lebih gelap ini memberikan kesan elegan dan ekslusif, terlebih lagi Mazda memberikan banyak fitur canggih yang berpengaruh sekali terhadap kenyamanan. Kenyamanan tersebut ditunjang oleh material Leatherrete + Cloth, serta sandaran lengan pada kursi belakang membantu penumpang mendapatkan posisi duduk yang jauh lebih nyaman.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Review Mazda CX-3 2018: Fitur Teknologi

Mazda New CX-3 2018 Memiliki Fitur Teknologi Terdepan

Fitur Active Driving Display

Beberapa fitur berteknologi canggih tim Mobilmo temukan pada konsol tengah baris pertama. Fitur tersebut diantaranya Electric Parking Brake (EPB) yang akan menjamin aktivasi keamanan hanya dengan menekan satu tombol, serta ada pula fitur Active Driving Display dengan warna cantik yang akan memperlihatkan informasi yang menjadi prioritas utama yang berubah dari waktu ke waktu, guna meminimalisir resiko akibat teralihkannya fokus jalan raya.

Review Mazda CX-3 2018: Fitur Keselamatan

Fitur Keselamtan Dari Mazda New CX-3 2018

Salah Satu Fitur Safety Mazda New CX-3 2018

Mazda CX-3 2018 makin lengkap fitur safetynya, ada Dual SRS Airbag, Side-impact door beams, Neck injury mitigation front seats, Ring Structure unibody construction, Antilock Braking System (ABS), Electric Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), G-Vectoring Control (GVC), Rear parking sensor, Rear View Monitor, Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Allert (RCTA).

>>> Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

5. OPERASI

Mazda New CX-3 2018 Dengan Mesin SKYACTIV-G 2.0T In-Line 4 Cylinder DOHC 16 Valve

Mesin SKYACTIV-G

Teknologi mesin khas dari Mazda adalah Skyactiv, teknologi mesin SkyActiv ini menggunakan bentuk piston baru untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi, dengan torsi yang lebih kuat pada kecepatan mesin rendah ke menengah dan efisiensi lebih baik. Mazda CX-3 dibekali mesin SKYACTIV-G 2.0T In-Line 4 Cylinder DOHC 16 Valve, mesin ini dapat menghasilkan tenaga 149 PS pada 6.000 rpm, dan torsi 195 Nm pada 2.800 rpm.

>>> Simaklah review mobil Mazda lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Dibawah ini merupakan tabel spesifikasi Mazda CX-3 2018 yang kami siapkan untuk Anda.

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.275 mm x 1.765 mm x 1.535 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Ground Clearance

160 mm

Radius Putar

5,3 m

Berat

1.730 kg

Mesin

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.0T In-line 4 Cylinder DOHC 16 Valve

Isi Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimal

149 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

195 Nm / 2.800 rpm

Tanki

48 L

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ban

215/50 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Setelah banyak kami mereview Mazda CX-3 2018, ada yang kami nilai dari sisi kelebihan dan kekurangannya yang kami rangkum dalam tabel dibawah.

Kelebihan

Kekurangan

Tenaga mesin SKYACTIV kencang

Kabin sempit

Irit dalam pembakaran BBM

Bagasi masih kurang begitu luas

Fun to drive

Varian yang tersedia hanya dua

Kesan eksklusif dari brand Mazda

 

8. DAFTAR HARGA

Bagi yang penasaran dan ingin mengetahui berapa harga dari Mazda CX-3, kami juga sudah siapkan pada tabel dibawah.

Tipe

Harga New Mazda CX-3 2018

New Mazda CX-3 Touring

Rp 391.800.000

New Mazda CX-3 GT

Rp 439.800.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

CX-3 membawa tanggung jawab besar, pasalnya segmen crossover masih tergolong belum menjadi penyumbang terbesar di Indonesia. Tetapi bagi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin mempunyai mobil keren, punya mesin dengan tenaga besar, irit dan fun to drive Mazda CX-3 adalah salah satunya. Hadirnya New CX-3 dalam GIIAS 2018 membawa eksistensi Mazda lebih baik lagi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton
    Review Tata Metodius Getan Plue

    Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    21/09/2018

    Memasuki Indonesia sebagai pasar potensian, Tata Motors memilih untuk lebih fokus bukan kepada kendaraan penumpang. Kini Tata Motors memilih menjual pickup dan truck, mengenai hal ini, ada satu mobil yang menurut Mobilmo.com cukup menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi pengguna truk kabin ganda di tanah air, yaitu Tata Xenon XT 2018.

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.