Menggunakan Platform Yang Sama, Apa Perbedaan Suzuki XL7 Dan Ertiga?

17/02/2020 | Abdul

Mobil SUV merupakan salah satu segmen mobil yang sekarang sedang mengalami peningkatan. Baru-baru ini pihak Suzuki baru saja meluncurkan XL7 yang masuk dalam kategori mobil SUV. Untuk platform yang digunakan sama dengan milik Suzuki Ertiga. Lantas apa perbedaan Suzuki XL7 dan Ertiga?

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki XL7 tampak bagian samping kanan

XL7 tampilan macho dari Suzuki Ertiga

>>> Baca Juga, SUV Suzuki XL7 Diluncurkan, Harga Termahal Hanya Rp267 Juta

Berkaitan dengan perbedaan Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga, dari pihak Donny Saputra selaku Director Marketing PT SIS (4W) menyebutkan, bahwasanya jika dilihat dari modelnya kedua mobil tersebut ada perbedaan. Untuk Suzuki XL7 masuk dalam kelas kendaraan middle SUV yang diberikan ukuran ground clearance 200 mm. Dari segi desain, tampilannya lebih sporty dan juga dirancang untuk bisa melintasi jalanan offroad maupun on road. Sedangkan ground clearance pada Suzuki Ertiga adalah 180 mm.

"Ertiga dan XL7 memang berbagi platform (heartect). Namun secara model berbeda. Ertiga bermain di segmen MPV (multi purpose vehicle), sedangkan XL7 di segmen middle SUV," ujarnya, saat berbincang dengan media di kawasan Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Pihak Donny menambahkan, karakter yang dimiliki konsumennya juga terdapat perbedaan. Untuk konsumen dari Suzuki Ertiga 80% merupakan pemilik pertama atau first car buyer. Sedangkan untuk Suzuki XL7 43% konsumennya merupakan additional dan juga replacement.

"Jadi hampir 50 persen konsumen (XL7) yang mengganti mobil dan menambah mobil. Kalaupun first car buyer, mereka secara requirement (kebutuhan) lebih ke emosional produk daripada fungsional produk," katanya.

Jadi perbedaan Suzuki XL7 dan Ertiga memang terbilang cukup terlihat. Selain itu, untuk soal mesinnya memakai mesin yang sama yaitu dengan kode K 158 dengan kapasitas mesin sebesar 1.462 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut, tenaga yang dapat dihasilkan adalah 104,7 ps/6.000 Rpm dan torsi puncaknya mencapai 138 Nm/4.400 Rpm.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Ertiga tampak depan dan samping kiri

Suzuki XL7 dan Ertiga menggunakan platform yang sama

Perbedaan Suzuki XL7 dan Ertiga selanjutnya adalah pada target penjualan dan harganya. Kalau Suzuki XL7 ditargetkan hanya 2.000 unit saja perbulan, sementara untuk Suzuki Ertiga targetnya adalah 2.500 sampai 3.000 unit perbulannya. Sedangkan untuk harga, Ertiga dibanderol dengan harga mulai Rp. 205 juta hingga Rp. 250 jutaan, sementara untuk Suzuki XL7 dibanderol mulai Rp. 230 juta sampai Rp. 267 jutaan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik