Spesifikasi Mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan : Mobil Lawas Banyak Pemilik Melakukan Modifikasi

14/06/2021| Abdul

1. PENGANTAR HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Sebuah mobil di era 80-an kerap dijadikan pilihan oleh beberapa orang yakni Civic Wonder. Hal tersebut karena ingin menjadikannya barang koleksi atau memang pecinta mobil lawas. Bahkan ada orang yang membelinya supaya kenangan masa lalu tidak hilang. Yang menarik adalah pembeli menginginkan mobil besutan Honda tersebut karena ingin melakukan modifikasi sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan juga keren.

Honda Civic Wonder dipasarkan di Indonesia pada tahun 1984 sampai 1991. Di masa itu mobil ini tergolong populer dan banyak diminati. Masuk dengan segmen sedan dan Hatchback membuat mobil ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tinggal pilih yang mana. Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai Civic Wonder keluaran tahun 1984.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Sisi Depan Honda Civic Wonder 1984

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan tampak depan

Tampilan tampak unik khas mobil 80-an

Pada bagian depan mempunyai tampilan ciri khas mobil lama. Head lamp menggunakan kaca buram dipadukan dengan lampu sein pada sisi bumpernya. Sementara pada tepian bumper diberikan ornamen dengan warna hitam yang mengelilingi bodi. Logo Honda terdapat pada sisi tengah headlamp menggunakan aksen warna krom dan di bawahnya terdapat grill ukuran tipis dengan list warna hitam doff.

Pada bumpernya ada lubang udara dengan ukuran cukup panjang dan juga lebar dengan di bagian tengah sebagai tempat plat nomor kendaraan. Desain dari bumper tampak lebih menonjol, namun pada keluaran tahun 1986 berubah jadi lebih menonjol. Dengan pemberian lips spoiler bisa membuat tampilan depan tampak lebih menarik.

Sisi Samping Honda Civic Wonder 1984

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Sebuah Sedan masih cukup menarik hingga saat ini

Tampilan sebuah mobil sedan lama sangat terasa pada mobil besutan Honda satu ini. Namun hal tersebut menjadi salah satu hal yang khas dan juga lebih menarik. Jika dilihat sekilas mobil ini terlihat begitu manis dari segala sisi. Untuk velg bawaan umumnya menggunakan ring 13 inci, hanya saja untuk saat ini sudah banyak diganti dengan ukuran yang lebih besar.

Tidak banyak lekukan pada bagian sampingnya ini. Yang paling terlihat adalah ornamen warna hitam yang mengelilingi bodi mobil. Handle pintu menggunakan warna hitam doff dipadukan dengan sein posisi samping model bulat dan spion dengan desain khas tahun 1980-an. Keunikan di bagian sampingnya adalah adanya tambahan bodi di bagian bawah mulai ornamen hitam ke bawah yang sejajar dengan sisi tonjolan bumper depan dan belakang.

Sisi Belakang Honda Civic Wonder 1984

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Terdapat lis yang mengelilingi bodu membuatnya tampak keren

Menuju ke bagian belakang, dimana di bagian kaca sudah mendapatkan rear defogger. Terdapat logo Honda di sisi tengah dan emblem tulisan Honda pada sisi kiri serta emblem CIVIC di bagian bawah logo Honda. Pada lampu belakang tampak kotak-kotak hanya beda ukuran panjang dan didesain rata. Dimana pada sisi kanan kiri terdapat warna merah dan kuning sementara di bagian tengah ada 2 lampu tampak bening. Lampu belakang dikelilingi lis warna hitam yang membuatnya lebih keren. Bagian bumper juga dibuat menonjol dan terdapat ornamen hitam yang menyambung ke sisi samping dan depan. Sisi tengah bumper mendapatkan dudukan plat nomor dan terdapat towing hook pada sisi bawah kiri bumper belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Sisi Kabin Depan Honda Civic Wonder 1984

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Kabin cukup nyaman untuk kelas mobil lama

Saat melihat bagian doortrim tampak simpel dengan pembuka pintu model biasa khas mobil lama. Untuk membuka jendela mobil juga masih engkol putar belum menggunakan power window. Yang menarik adalah, terdapat tuas untuk mengatur spion di bagian dalam pangkal spion. Bahan material plastik keras dengan desain yang mendatar terutama bagian kiri dan tengah serta dibuat cekung bisa untuk menempatkan barang yang membuatnya lebih aman. Di bagian kanan kemudi mobil terdapat rear defogger, tempat koin dan tuas pembuka kap mesin.

Di bagian speedometer menggunakan model trapesium yang dapat memberikan informasi kepada pengendara. Pada bagian tengah terdapat head unit yang berjejer dengan pengaturan AC mobil dan dibawahnya terdapat power outlet dan tombol fog lamp depan. Bawah head unit terdapat asbak yang dapat dibuka tutup. Sementara untuk sisi kiri diberikan laci penyimpanan tertutup. Keunikan juga terpancar pada bagian sisi kananĀ  dan kiri pojokan dashboard yang didesain melingkar.

Kabin Belakang Honda Civic Wonder 1984

Jok mobil mengandalkan warna coklat yang tidak dibekali headrest untuk sisi belakang. Kalau soal legroom dan headroom terbilang nyaman dengan ruang yang cukup lega. Bagian belakang ini bisa diduduki 3 orang penumpang dengan nyaman. Doortrim pintu belakang menggunakan desain yang sama dengan bagian depan. Jok belakang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40. Kemudi mobil masih belum ada tombol-tombol. Desainnya khas mobil lama dengan klakson saja serta belum diberikan teknologi power steering.

Gambar ini menunjukkan kabin belakang Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Jok nyaman dengan legroom dan headroom lega

Bagasi Honda Civic Wonder 1984

Bagian bagasi mobil terbilang cukup besar, apalagi khas mobil sedan memiliki bagasi terpisah dengan bagian kabin belakang. Sobat bisa membawa banyak barang tanpa perlu mengganggu penumpang belakang mobil besutan Honda satu ini.

>>> Baca Juga:

4. FITUR HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Banyak kisi-kisi AC menambah kenyamanan selama berkendara

Salah satu hal yang menarik berhubungan dengan fitur Honda Civic Wonder 1984 Sedan adalah kisi-kisi AC mobil yang memiliki jumlah terbilang banyak di bagian depan. Totalnya adalah 6 dan untuk bagian tengah bisa diatur apakah ingin menggunakan 4 atau 2. Sebagai mobil lawas mobil ini belum dibekali dengan fitur seperti mobil saat ini. Bahkan kemudi mobil belum diberikan teknologi power window. Namun yang menarik adalah pada kaca belakang sudah dibekali dengan defogger.

>>> Lihat Juga, Mobil All New Civic Sedan Generasi Ke-11 Diperkenalkan, Banyak Fitur Unggulan & Teknologi Mutakhir

5. OPERASI HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan

Mesin cukup tangguh dan mempunyai akselerasi yang baik pada masa itu

Dari segi performa, mesin Honda Civic Wonder 1984 model sedan mengandalkan mesin karburator yang mempunyai kode D15A1. Mengandalkan mesin dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 76 Hp dan torsi puncaknya adalah 114 Nm. Torsi dan tenaga disalurkan ke bagian roda mengandalkan roda depan dengan sistem transmisi 5 speed. Konsumsi bahan bakar yang dimiliki di kisaran 10 sampai 13 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan untuk luar kota 14 sampai 18 km/liter.

>>> Baca Juga, New Honda Civic Type R 2021 Diluncurkan PT HPM, Ada Pembaruan Yang Dilakukan

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan:

DIMENSI

Panjang

4.150 mm

Lebar

1.630 mm

Tinggi

1.340 mm

Wheelbase

2.450 mm

MESIN

Tipe

D15A1 4 silinder segaris 12 katup SOHC

Tenaga Maksimal

76 Hp/5.500 rpm

Torsi Maksimal

114 Nm/3.500 rpm

Bore X Stroke

74.0 X 86.5 mm

Sistem Bahan Bakar

Karburator

Transmisi

Manual 5 Speed

KAKI-KAKI

Suspensi

Double wishbone torsion beam

Ukuran Velg

13 inci

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Perawatan dapat dilakukan dengan cukup mudah

Fitur yang diberikan di dalamnya sangat minim

Harga murah karena umurnya yang sudah tua

Pada beberapa part terbilang langka dan sulit untuk mendapatkannya

Tampilan klasik namun masih tetap menarik sampai saat ini

Rentan terhadap korosi apalagi umurnya yang sudah tua

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Berhubungan dengan harga Honda Civic Wonder 1984 Sedan, mobil ini terbilang terjangkau. Dimana harganya mulai Rp. 18 juta sampai Rp. 30 jutaan. Namun harga tersebut tergantung kondisi, bahkan ada juga yang menjualnya Rp. 15 juta tapi jangan berharap mendapat yang istimewa. Akan tetapi jika harganya lebih tinggi tentunya barang yang didapatkan lebih bagus.

9. VIDEO HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC WONDER 1984 SEDAN

Mobil Honda Civic Wonder 1984 Sedan ditawarkan dalam model hatchback dan Sedan. Untuk review kali ini adalah model Sedan yang tentunya sangat cocok bagi anak muda. Mobil ini sudah berumur 30 tahunan lebih sehingga dari segi harga sangatlah terjangkau. Kalau berbicara kondisi tentu tergantung perawatan mengingat umurnya sudah tua. Bagi Sobat yang ingin memiliki mobil namun budget minim atau mau buat belajar mengemudi mobil bisa memilih mobil ini. Yang menarik adalah banyak pemilik melakukan modifikasi, bahkan untuk mendapatkan mobil dengan kondisi bagus dan semuanya ori terbilang jarang.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa