Spesifikasi Mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : MPV Nyaman Untuk Jadi Kendaraan Keluarga

01/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Nama Daihatsu sudah dikenal oleh banyak orang. Beragam produk ditawarkan dengan banyak segmen di dalamnya, dari mulai City Car, SUV dan lainnya. Salah satu mobilnya dalam segmen MPV adalah Xenia, yang mana mobil ini mempunyai banyak peminat di Indonesia. Xenia pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2003. Nah untuk kali ini kami memberikan informasi mengenai Xenia tipe R Deluxe 2014.

2. EKSTERIOR DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Bagian depan monim aksen krom danya pada bilah tengah grille

Memang populasi di jalanan mobil ini cukup banyak. Meskipun begitu tampilannya tetap menarik jika melihatnya dengan seksama. Untuk bagian depan hampir mirip dengan varian lainnya. Di bagian depan menggunakan kap mesin yang tampak rata. Kemudian untuk grille tampak 2 lubang dengan di tengahnya ada logo Daihatsu. Menariknya adalah grillnya ini hanya terdapat 1 garis saja, itupun terpisah oleh sekat tengah yang terdapat logo Daihatsu. Headlamp mempunyai ukuran yang cukup besar yang mengapit bagian grille nya. Di sisi bawahnya sudah disematkan fog lamp untuk membantu pencahayaan saat musim penghujan atau melewati jalanan berkabut.

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Banyak aksen sewarna bosi pada sisi samping seperti handle pintu dan spion

Menuju ke sektor samping, desain sebuah mobil yang tampak luas sehingga cocok untuk kendaraan keluarga. Tampak sampingnya ini terlihat semuanya putih, baik itu handle dan juga moulding yang diberikan. Warna yang berbeda pada bagian sekitar kaca dengan warna hitam begitupun dengan door visornya. Pada spion juga sedikit aksen warna hitam dan dibekali lampu sein untuk menambah keselamatan pengendaraan.

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Bagian belakang terlihat sederhana namun sangat menawan

Menuju ke bagian belakang, mobil ini mempunyai wiper belakang untuk mendapatkan visibilitas saat melihat belakang. Di bawah kaca ada aksen krom yang memanjang sampai ke bagian atas lampu belakang. Di bawahnya ada aksen krom juga yakni logo Daihatsu, begitupun di ata plat nomor dibuat pendek. Hal tersebut membuat tampilan mewah terpancar. Aksen krom lainnya adalah pada logo Xenia yang dipadukan dengan warna putih yang mendominasi bagian belakang. Untuk sisi bemper bawah juga putih dan sedikit aksen warna hitam.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Dashboard miliki tampilan sederhana namun tetap menarik

Tampilan dashboard terlihat sederhana dengan aksen warna hitam. Di bagian tengah terdapat kisi-kisi AC mobil dan di bawahnya ada head unit single DIN. Pada bagian bawahnya lagi terdapa penyimpanan dan tombol untuk menyalakan lampu hazard. Ada juga pengaturan AC mobil.

Pada sisi kemudi menggunakan 3 palang dengan warna hitam dan silver. Sementara untuk bagian tengahnya ada logo DAihatsu warna krom dan tulisan SRS Airbag. Belum ada tombol-tombol di bagian ini yang menandakan bahwa mobil ini telah diberikan fitur keselamatan airbag. Untuk pengaturan hanya menggunakan tilt saja dan belum telescopic , tidak apa-apalah dari pada tidak ada sama sekali.

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Ruang kaki dan kepala baris kedua cukup lega

Pada bagian jok mobil menggunakan pengaturan 3 baris yang dapat membawa penumpang 7 sampai 8 termasuk pengemudinya. Untuk bahan material jok terkesan biasa tapi tebal sehingga nyaman ketika diduduki. Pada jok pengemudi mendapatkan pengaturan maju mundur dan sandarannya dipadukan dengan power window pada bagian pintu memudahkan pengemudi membuka jendela. Di samping jok pengemudi sebelah kanan terdapat tuas pembuka kap bahan bakar. Pada bagian jok baris kedua mempunyai ruang kaki dan kepala yang cukup lega. Untuk penumpang baris kedua dapat mengatur AC belakang dengan mudah dan mendapatkan suhu dingin selama perjalanan.

Review Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Bagasi luas apalagi dengan jok belakang dilipat

Di bagian bagasi mempunyai dimensi yang terbilang cukup luas untuk sebuah MPV. Barang bawaan dapat dimasukkan untuk kebutuhan selama perjalanan atau kebutuhan di tempat tujuan. Jika jok belakang tidak ada penumpang maka dapat dilakukan pelipatan sehingga kapasitasnya jadi bertambah.

>>> Baca Juga :

4. FITUR DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Gambar ini menunjukkan head unit Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Head unit single DIN cukup untuk berikan hiburan dalam mobil

Untuk fitur hiburan, pihak pabrikan memberikan fitur Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 berupa head unit single din. Yang mana di dalamnya terdapat format radio AM/FM, AUX dan USB. Dengan format tersebut tergolong cukup untuk menemani pengendara dan penumpang selama perjalanan ke tempat yang diinginkan. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur keselamatan yang berupa airbags, dengan adanya fitur ini maka resiko cedera parah dapat diminimalisir.

>>> Ini Dia 9 Gejala Kerusakan Transmisi Matik Pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

5. OPERASI DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014

Mesin hemat bahan bakar siap dukung pengendaraan bersama keluarga

Pada bagian mesin, pihak Daihatsu memberikan Xenia R Deluxe 2014 dengan mesin berkode K3-VE 1.3 liter dengan 16 katup 4 silinder DOHC yang sudah dipadukan dengan VVT-i. Kapasitas mesinnya adalah 1.298 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar  92 Ps dan torsi yang dihasilkan mesin tersebut adalah 117 Nm. Sistem penggeraknya adalah roda belakang, dengan mesin tersebut perjalanan ke tempat yang dituju bersama keluarga akan terasa nyaman. Pada sistem bahan bakar yang dimiliki adalah EFI dan kapasitas tangkinya mencapai 45 liter.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014.

DIMENSI

Panjang

4.140 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.695 mm

Jarak sumbu roda

2.655

Jarak pijak roda depan/belakang

1.425 / 1.435

Diameter x langkah

72,0 x 79,7

Radius putar minimum

4.7

Ground clearance

200

MESIN

Tipe

K3-VE DOHC VVT-I dengan 4 silinder 16 katup

Sistem bahan bakar

EFI

Kapasitas tangki bahan bakar

45 L

Tenaga maksimum

92 Ps / 6.000 rpm

Torsi maksimum

117 Nm / 4.400 rpm

HANDLING & SUSPENSI

Rem depan

Disc / Drum

Rem belakang

Leading & Trailing / Mekanis pada rem belakang

Suspensi depan

Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer belakang

Suspensi belakang

5-5-link, rigid-axle dengan per keong

Ban

185/70 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Berikut kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan luar yang dimiliki terlihat modern dan stylish

Fitur keselamatan yang diberikan tergolong kurang

Konsumsi bahan bakarnya hemat sehingga hemat pengeluaran juga

 

Sparepart mudah didapatkan sehingga membuat perawatannya lebih mudah

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Sampai artikel ini dibuat umur mobil besutan Daihatsu tersebut adalah 6 tahun. Adapun harga yang ditawarkan untuk membeli mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 adalah sekitar Rp. 95 juta sampai Rp. 150 jutaan tergantung kondisi dan wilayah pembelian. Saat ingin membeli mobil ini jangan lupa mengecek eksterior, interior, mesin dan kelengkapan dokumennya.

9. VIDEO DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

10. KESIMPULAN DAIHATSU XENIA R DELUXE 2014

Sebagai sebuah kendaraan MPV memang cocok untuk dijadikan mobil keluarga. Kenyamanan ditawarkan pada mobil Daihatsu Xenia R Deluxe 2014 salah satunya adalah mempunyai kapasitas penumpang mencapai 7 sampai 8 orang. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga hemat membuat  pemilik lebih hemat pengeluaran. Tampilannya yang menarik juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk membeli mobil besutan Daihatsu satu ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

International