Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Mobil Full Listrik Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

02/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR LEXUS UX 300E 2020

Pada tahun 2018 sudah sempat dihebohkan dengan kendaraan Lexus UX 300e. Namun akhirnya di tahun 2020 ini, dengan divisi Lexus mobil tersebut diboyong ke Indonesia oleh pihak PT Toyota Astra Motor. Ditambah lagi, mobil tersebut hadir di Indonesia dan menjadi pertama untuk Asia Tenggara.

Mobil Lexus tersebut menggunakan motor listrik untuk sistem penggeraknya. Dipadukan dengan fitur dan juga performa mumpuni membuatnya nyaman untuk dikendarai. Untuk lebih jelas mengenai spesifikasi, fitur serta keunggulannya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

2. EKSTERIOR LEXUS UX 300E 2020

Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Sisi Depan

Gambar inimenunjukkan bagian depan mobil Lexus UX 300e 2020

Tampilan modern dan juga sporty

Pada saat melihat wajah yang dimiliki maka akan tampak tampilannya yang cukup gahar. Hal tersebut karena spindle grille yang menjadi ciri khas dari mobil modern yang dimiliki oleh Lexus. Untuk bagian bumpernya juga mempunyai siluet L-Shape  seperti pada mobil Lexus baru. Yang mana desain tersebut terhubung dengan penggunaan dudukan foglamp. Sementara Foglamp nya sendiri menggunakan Light Emitting Diode (LED) yang terlihat modern.

Tidak hanya itu saja, desain bumper yang dimiliki juga memberikan bantuan dalam hal aerodinamika. Bagian lain yang mendukung aerodinamika kendaraan adalah posisi dari headlamp yang dibuat lebih rendah sehingga dapat membelah angin dengan sangat efisien.

Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Lexus UX 300e 2020

Desain aerodinamis untuk menambah jarak tempuhnya

Menuju ke sisi sampingnya, tampilan aerodinamika juga terpampang di bagian ini. Menjadi sebuah crossover, Lexus UX 300e memberikan kesan yang kokoh berkat diberikannya body cladding beraksen warna hitam yang mengandalkan rancangan New Global Architecture (TNGA). Perlu diketahui, bahwasanya rancangan NGA dapat menjadikan mobil tetap ringan meskipun lebih rigid.

Desain spionnya juga sangat menarik serta bisa membelah angin dengan maksimal. Kemudian di bagian paling bawah sendiri ada pelek yang juga tampak menarik. Apalagi spoke yang dimilikinya mempunyai desain yang aerodinamis sehingga udara dapat keluar dengan mudah dari peleknya. Ukurannya adalah 17 inci multispoke. Desain yang diberikan pada mobil listrik tersebut supaya dapat menempuh perjalanan lebih jauh.

Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Lexus UX 300e 2020

Sisi belakang terlihat keren dan cukup menarik

Di bagian belakangnya tampak sekali desainnya yang tampak cantik. Di bagian atas terdapat Shark Fin antenna dipadukan dengan penggunaan spoiler belakang dengan stoplamp membuat tampilannya begitu dinamis. Untuk lampu yang digunakan mengandalkan bohlam LED secara keseluruhan. Di bagian buritannya ini terdapat tarikan garis yang berasal dari signature lamp menuju ke sisi belakang dengan dibuat memanjang. Pada saat mobil ini melaju di malam hari akan membuatnya menyala dengan begitu cantik dan menawan.

Mobil ini telah dibekali dengan wiper belakang dan logo khas Lexus yang dibekali dengan aksen krom. Aerodinamika juga diperbaiki dengan tampilannya yang slim dan juga sleek. Dengan rancangan yang efisien membuat mobil listrik dapat menempuh jarak tempuh yang lebih jauh.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR LEXUS UX 300E 2020

Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Lexus UX 300e 2020

Desain dashboard sangat keren dan head unit menghadap ke pengemudi

Pembahasan berlanjut ke bagian dashboard. Yang mana untuk layoutnya terlihat modern dan juga memiliki karakter driver oriented. Di sisi tengahnya terdapat kisi-kisi AC mobil dan pengaturan fitur yang dihadapkan ke sisi pengemudi mobil. Dengan begitu maka pengaturan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tetap bisa berkonsentrasi pada jalanan.

Kemudian untuk bagian kemudinya memiliki diameter yang pas dan nyaman ketika digenggam. Untuk pengaturan kemudinya sudah tilt dan telescopic yang membuat pengemudi lebih mudah dalam membuat pengendaraan jadi nyaman. Beragam tombol fitur juga ditempatkan di sisi kemudi sebelah kanan dan kiri dipadukan dengan 3 palang dan ditengahnya ada logo Lexus aksen krom.

Spesifikasi Lexus UX 300e 2020: Bagian Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Lexus UX 300e 2020

Bagasi cukup luas terutama saat jok belakang dilipat

Sebagai sebuah mobil listrik bukan berarti tidak bisa membawa barang bawaan. Bagasi yang dimiliki mobil Lexus ini cukup lega seperti mobil-mobil pada umumnya. Keluasannya juga dapat ditambah ketika kursi belakang sedang tidak digunakan. Format pelipatannya menggunakan 40:60 yang dapat menambah barang yang bisa dibawa oleh pemiliknya.

>>> Baca juga:

4. FITUR LEXUS UX 300E 2020

Menuju ke sektor fitur Lexus UX 300e 2020, mobil listrik dari Lexus ini dibekali dengan fitur modern dan teknologi terkini. Untuk hiburan terdapat Mark Levinson Premium Surround System yang dipadukan dengan penggunaan 13 speaker. Selain itu ada pula teknologi runing akustik QLS (Qualcom Logic Surround) yang membuat suara yang dihasilkan seperti penyanyi sedang berada di depan panggung. Jadi dengan adanya teknologi QLS maka reproduksi suara alami diberikan.

Tidak hanya itu saja, untuk suara yang diproduksi  juga telah dilakukan kompresi dengan mengandalkan Clari-Fi™, yang mana dengan hal tersebut dapat membuat file musik yang terkompres dapat membuat sistem melengkapi treble dan juga bas yang telah hilang. Bahkan distorsi juga dihilangkan pada saat kompresi file dilakukan.

Gambar ini menunjukkan head unit Lexus UX 300e 2020

Fitur mumpuni dan menawarkan kemudahan dalam pengoperasian

Selain soal hiburan, fitur keselamatan juga diberikan didalamnya baik itu sistem keselamatan aktif ataupun pasif. Adapun fiturnya adalah Lexus Safety System+ yang disingkat menjadi LSS+. Selain itu, sensor canggih yang diberikan juga banyak yang berfungsi untuk mengontrol fitur keselamatan yang diberikan pada LSS+.

Untuk beberapa fitur yang termasuk adalah AHB (Automatic Highh Beam) yang mempunyai fungsi untuk mengontrol lampu bagian depan sehingga pengendara lain tidak akan merasa silau, RCC (Radar Cruise Control) yang mempunyai fungsi untuk memantau bagian depan kendaraan dan LTA (Lane Tracking Assist) yang kinerjanya mirip dengan RCC namun  untuk yang dipantau adalah bagian samping kendaraan.

Selain beberapa fitur di atas, masih terdapat fitur lainnya yakni RSA ( Road Sign Assist) yang kinerjanya memakai kamera ditempatkan di bagian samping kendaraan. Adapun fungsinya adalah untuk memantau ke arah berlawanan kendaraan, sehingga saat ada objek yang berpotensi membahayakan seperti tertabrak maka akan diberikan peringatan dan pedal rem terintervensi.

Namun ada hal yang menurut kami paling menarik yakni fitur Secondary Collision Brake yang fungsinya adalah untuk mengontrol lampu rem belakang dan juga pedal rem setelah airbag yang mengembang dan mengalami kecelakaan terbaca oleh Ecu. Dengan  begitu efek benturan kedua akan dicegahnya yang membuat benturan beruntun tidak terjadi. Sementara fitur yang berfungsi untuk memberikan informasi ketika mesin menyala adalah TMN.

Kemudian mobil Lexus UX 300e 2020 juga dibekali dengan layar MID yang sudah komplit dengan panel instrument cluster. Untuk yang ditampilkan pada fitur tersebut terbilang penting seperti regenerative braking indicator, battery gauge, trip meter, odometer, shifter position, driving mode, jam, speedometer dan outside temperature.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

5. OPERASI LEXUS UX 300E 2020

Menuju ke bagian performa mobil Lexus UX 300e 2020, mobil ini menggunakan full elektrik yang menggunakan baterai dengan kapasitas 54,3 kWh. Untuk baterainya sendiri menggunakan jenis Lithium-ion battery yang mempunyai pendingin udara dengan mengandalkan AC mobil.

Gambar ini menunjukkan dinamo mobil Lexus UX 300e 2020Gambar ini menunjukkan baterai Lexus UX 300e 2020

Mesin mengandalkan full electric sehingga lebih hemat pengeluaran

Untuk pengecasan dapat dilakukan memakai arus DC atau searah dan juga AC atau arus bolak balik. Untuk pengecasan dengan menggunakan Household Socket Charging membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Namun jika memakai AC Wall Charger hanya butuh waktu 5-6 jam saja. Beda lagi jika menggunakan DC Fast Charging yang penyediaannya dilakukan oleh SPKLU yang hanya 50 menitan saja untuk mengisi sampai penuh.

Dinamo yang dipakai oleh mobil listrik ini adalah 4KM AC Synchronous Motor yang rancangannya begitu presisi. Untuk kinerjanya mengandalkan ECu yang memberi signal, jika ECu diputus maka dinamo akan berhenti berputar. Kemudian untuk pengendalian supaya tambah baik mobil ini melakukan pengaturan pada center of gravity yang dibuat rendah dan mengandalkan rancang bangun TNGA sehingga menghasilkan pengendaraan yang fun to drive.

>>> Baca juga, Review Toyota Vios 1.5 2003: Mobil Sedan Harga Terjangkau Dan Irit BBM

6. SPESIFIKASI LEXUS UX 300E 2020

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Lexus UX 300e 2020:

DIMENSI

Panjang

4.495 mm

Lebar

1.840 mm

Tinggi

1.540 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

140 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

Jarak Sumbu Roda

2,640 mm

Radius Putar Minimum

5,2 Meter

SISTEM PENGGERAK

Jenis Baterai

Lithium-ion battery

Voltase Baterai

355,2 V

Kapasitas Maksimum Baterai

54,4 kWh

Jenis Dinamo Elektrik

4KM AC Synchronous Motor

Konfigurasi

Front mounted driving front wheels

Peak Power

201 Hp

Peak Torque

300 Nm

Tipe Transmisi

Otomatis Single Gear dengan Reduction Gear, Penggerak Roda Depan

HANDLING DAN SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc Brake & Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA, HSA, Lexus Safety Sense+

Pelek

Alloy, 17 inch

Jenis Ban

Radial, 215/55 R17

Suspensi Depan & Belakang

Depan: MacPherson Strut

Belakang: Double Wishbone, with Stabilizer

Sistem Kemudi

Rack And Pinion, Electronic Power Steering

Teknologi Safety Sasis

Toyota New Global Architecture (TNGA)

Struktur Sasis

Monokok, SUV C-Segment

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN LEXUS UX 300E 2020

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Lexus UX 300e 2020 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai beragam fitur modern dan menggunakan teknologi yang canggih

Jaringan servis yang dimiliki pihak Lexus terbilang masih sedikit

Tampilan menawan dan lebih hemat pengeluaran karena tidak perlu beli bahan bakar

Ruang kabin belakang mempunyai akomodasi yang terbilang masih kurang

Telah menggunakan basis TNGA

Stasiun pengecasan masih kurang memadai

8. DAFTAR HARGA LEXUS UX 300E 2020

Sebagai sebuah mobil listrik tentu harganya lebih mahal dari mobil konvensional. Banyak kelebihan yang ditawarkan salah satunya adalah fitur yang modern dan dibekali teknologi canggih. Beragam fitur keamanan dan keselamatan juga turut diberikan sehingga mobil ini layak untuk dibeli jika memiliki uang untuk pembelian. Adapun harga Lexus UX 300e 2020 on the road Jakarta adalah Rp. 1.245 miliar.

9. VIDEO LEXUS UX 300E 2020

10. KESIMPULAN LEXUS UX 300E 2020

Bagi sobat yang suka akan mobil tenaga full elektrik dapat memilih mobil Lexus UX 300e 2020. Dengan beragam fitur dan teknologi yang canggih membuat kenyamanan akan didapatkan. Menariknya lagi adalah dengan melakukan pembelian akan mendapatkan AC Wall Charger untuk pengisian di rumah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tren mobil listrik sedang dirasakan saat ini. Namun mobil ini harganya cukup fantastis karena di atas 1 miliar, jadi kebanyakan pembeli adalah orang kaya atau kalangan kelas atas.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International