Review Toyota Harrier XU60 2015: Mobil SUV Banyak Fitur Mumpuni

25/03/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA HARRIER XU60 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015 – Mobil SUV menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup banyak diminati di Indonesia. Untuk kendaraan yang kita bahas kali ini adalah Toyota Harrier, yang mana penjualannya pertama kali di Jepang sejak Desember 1997. Selain itu, mulai Maret 1998 sampai Juli 2012 menggunakan nama Lexus RX dan untuk generasi kedua debut pada bulan Februari 2003. Di tahun 2013 mobil tersebut disegarkan oleh pihak Toyota sehingga berubah jadi model independent, sementara untuk edisi facelift masuk ke Indonesia pada tahun 2017.

Perlu diketahui, bahwasanya Toyota Harrier pertama kali didatangkan ke Indonesia dengan melalui generasi kedua dari XU30. Saat itu mobil tersebut dikenal dengan nama Lexus RX dan membawa 2 tipe yakni 240G dan 300G. Namun untuk penjualannya hanya sampai tahun 2009 saja. Sementara untuk serie XU60, Harrier menggantikan seri XU30. Untuk perilisannya dilakukan pada 2 Desember 2013 di Jepang dengan memakai model bensin dan model hybrid nya dilakukan pada 15 Januari 2014.

Toyota Harrier sendiri populasinya terbilang banyak di Tanah Air, padahal mobil tersebut merupakan kendaraan Jepang yang masuk ke Indonesia dengan melalui importir umum. Untuk lebih jelasnya mengenai tampilan dan fitur yang diberikan, mari kita simak informasinya dalam spesifikasi Toyota Harrier XU60 2015.

2. EKSTERIOR TOYOTA HARRIER XU60 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Harrier XU60 2015

Grille menggunakan bahan plastik dipadukan dengan emblem Harrier di tengahnya

Seperti biasa pembahasan dimulai dari bagian depan. Bagian ini terdapat grille yang berlapis plastik dipadukan dengan emblem Harrier. Terdapat perbedaan dengan SUV lain di masanya, yang mana emblemnya mempunyai bentuk kepala burung. Namun faktanya ternyata untuk grille nya tersebut tidak mempunyai lubang udara. Meskipun begitu, untuk aliran udara dapat masuk dengan melalui lubang angin yang posisinya di bawah grille dan juga pada bumper bawah bagian tengah.

Pada bagian headlamp memakai fitur LED yang tampak garang namun tampilannya yang sipit. Akan tetapi sayangnya untuk lampu high beam baru dipadukan dengan teknologi halogen. Sementara itu, pada Harrier tahun 2015 fitur auto high beam telah disematkan.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Harrier XU60 2015

Desain tampak polos dengan sedikit aksen silver

Menuju ke bagian samping, yang mana jika dibandingkan dengan generasi keduanya yang pengenalannya dilakukan di Jepang tidak terdapat perubahan signifikan. Pada bagian ini desainnya polos dipadukan dengan aksen silver sedikit yakni pada gagang pintu dan list body. Diberikan pula pelek dengan finishing satin chrome agar tampak lebih mewah.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Bagian belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Harrier XU60 2015

Membuka pintu bagasi telah memakai sistem elektrik

Sementara di bagian belakangnya dibekali lampu dengan aksen hitam di bagian dalamnya dan finishing glossy yang menjadikannya tampil lebih mewah. Untuk membuka bagasi telah menggunakan sistem elektrik walaupun dalam prosesnya terbilang lambat. Sebagai pembeda dengan model Toyota lain diberikan stiker khas Jepang pada bagian belakang. Hal tersebut dikarenakan Toyota Harrier XU60 2015 diimpor secara langsung dari Jepang.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR TOYOTA HARRIER XU60 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Harrier XU60 2015

Fitur mumpuni di dashboard siap menghibur pengendara

Untuk bagian dashboardnya ini dilengkapi dengan penggunaan layar infotainment dan juga kontrol AC serta audio yang telah mengandalkan sistem full touchscreen. Untuk desainnya terbilang unik berkat penggunaan material soft touch yang digabungkan dengan aksen piano black . Tampilannya lebih mewah karena dipadukan dengan aksen kayu pada bagian konsol tengah meskipun hanya sedikit.

Sementara untuk kemudinya dilapisi kulit berpadu dengan penggunaan aksen silver. Yang menarik adalah adanya teknologi modern yang tidak dimiliki oleh SUV lain yang berupa pengaturan posisi kemudi terakhir saat pengemudi duduk dan mengaktifkan mesin mobil. Untuk setirnya ini telah dibekali dengan fitur Tilt & Telescopic.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok depan mobil Toyota Harrier XU60 2015

Jok mewah dan juga nyaman diduduki

Kemewahan juga dapat dirasakan pada jok yang dimiliki. Yang mana jok nya menggunakan kulit dan untuk 2 kursi bagian depan telah diberikan sistem penghangat. Sementara untuk baris keduanya terbilang sempit untuk ruang kaki dan kepala bagi Sobat yang mempunyai postur 180 cm ke atas. Tapi penumpang akan dimanjakan dengan adanya armrest dan juga cup holder.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Harrier XU60 2015

Bagasi luas apalagi saat lantai dibuka

Dengan desain bagian belakang yang menonjol membuat kapasitas bagasi jadi lebih besar. Sobat bisa menempatkan 2 buah oper besar di dalamnya, bahkan saat lantai bagasi dibuka maka ruang penyimpanannya jadi lebih besar. Apalagi mobil generasi ketiga dari Harrier ini tidak dibekali dengan ban cadangan, didalamnya hanya terdapat tire repairing kit.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA HARRIER XU60 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015: Fitur Kenyamanan

Berlanjut ke bagian fitur Toyota Harrier XU60 2015. Salah satu pendukung kenyamanan pada mobil SUV tersebut adalah dual zone climate control. Namun untuk temperatur suhu baris kedua masin mengikuti bagian depan. Teknologi nanoe Toyota juga diberikan yang berguna untuk membersihkan dan juga menyaring udara yang akan masuk ke dalam kabin mobil. Tidak lupa pula fitur panoramic sunroof juga ikut diberikan sehingga kabinnya tampak lebih lega dan berkesan mewah.

Tidak hanya itu saja, fitur lain yang diberikan adalah infotainment layar sentuh T-Connect dengan ukuran 8 inci. Beberapa format dapat dioperasikan di dalamnya meliputi AUX, Radio AM/FM dan Bluetooth. Bahkan Sobat juga bisa memutar music dengan mengandalkan SD Card, CD sampai USB. Sementara itu, untuk XU60 terdapat speaker dari Audio Green Edge JBL dan juga ada satu buah subwoofer yang terdapat pada bagian belakang.

Gambar  ini menunjukkan fitur panaromaic Sun roof pada Toyota Harrier XU60 2015

Fitur yang disematkan memancarkan aura kemewahan terutama panoramic sunroof

Review Toyota Harrier XU60 2015: Fitur keselamatan aktif

Pihak Toyota juga memberikan fitur keselamatan yang berupa fitur Toyota Safety Sense. Pada bagian depan terdapat kamera yang posisinya di bagian atas kaca depan yang mempunyai fungsi untuk menangkap marka jalan yang berguna sebagai penunjang fitur Lane Departure Alert. Dengan adanya fitur tersebut maka saat mobil menginjak marka jalan akan ada bunyi yang dihasilkan. Terdapat juga sensor yang bisa memberikan bantuan pengemudi dalam menjaga jarak dengan kendaraan lain ketika mengaktifkan Cruise Control.

Fitur lain yang diberikan dan tak kalah menarik adalah Intelligence Clearance Sonar. Dengan adanya fitur tersebut maka dapat memberikan bantuan ketika melakukan parkir. Bahkan ketika ada penghalang di belakang seperti tembok atau lainnya maka akan secara berhenti otomatis saat melaju  mundur. Hanya saja fitur tersebut bisa berfungsi ketika mobil melaju mundur di bawah 5 km/jam.

>>> Baca Juga, Memuaskan, Ini Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Altis Di ASEAN NCAP

5. OPERASI TOYOTA HARRIER XU60 2015

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Harrier XU60 2015

Sebagai sebuah mobil SUV, mesin yang diberikan tidak diragukan lagi performanya

Menuju ke bagian performa, untuk mesin Toyota Harrier XU60 2015 yang digunakan berkapasitas 2.0 yang berkode 3ZR. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 158 Ps dan torsi puncaknya mencapai 195 Nm. Tenaga mesin yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan sistem transmisi CVT dan manual 7-percepatan.

>>> Baca Juga, First Impression Dari Toyota Harrier 2018, SUV Mewah Asli Jepang

6. SPESIFIKASI TOYOTA HARRIER XU60 2015

Berikut ini adalah tabel spesifikasi Toyota Harrier XU60 2015 :

DIMENSI

Panjang

4.575 mm

Lebar

1.815 mm

Tinggi

1.670 mm

Jarak Poros Roda

2.615 mm

MESIN

Tipe Mesin

3ZR 2.0L 4-silinder

Tenaga Maksimal

158 PS @ 6.100 rpm

Torsi Maksimal

195 Nm @ 3.800 rpm

Kapasitas Silinder

1.987 cc

Transmisi

CVT mode manual 7-speed

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

235/55 R18

Suspensi Depan/Belakang

Independent

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Harrier XU60 2015 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan luarnya sangat maskulin dan di dalamnya terasa elegan

Harganya terbilang mahal dibandingkan dengan kendaraan yang sama di kelasnya

Fitur yang dimiliki sangat mumpuni dan tidak kalah dengan mobil baru

Kabin mobil kurang kedap

Nyaman saat dikendarai dengan bantingan yang empuk

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA HARRIER XU60 2015

Salah satu mobil dalam segmen SUV yang menawarkan beragam keunggulan yang dimiliki. Adapun harga Toyota Harrier XU60 2015 bekas berkisar antara Rp. 550 juta sampai Rp. 600 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA HARRIER XU60 2015

 

10. KESIMPULAN TOYOTA HARRIER XU60 2015

Meskipun dalam kondisi bekas, harga Toyota Harrier XU60 2015 terbilang masih mahal bila dibandingkan dengan mobil dikelasnya. Meskipun begitu hal tersebut sepadan dengan beragam fitur kenyamanan dan keselamatan yang diberikan. Bahkan untuk tampilan interior tampak elegan berkat penggunaan aksen kayu dan material soft touch.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    17/07/2020| Abdul

    Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    Mobil sedan menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup diminati oleh kalangan anak muda. Bahkan untuk kendaraan pribadi biasanya memilih segmen ini. Meskipun kapasitas penumpangnya terbilang sedikit namun tetap nyaman saat digunakan beraktifitas. Pada momen kali ini kami akan memberikan informasi mengenai review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015.

  • Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    30/06/2020| Abdul

    Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    Mobil besutan Toyota yang kita bahas ini adalah keluaran 2010 dan masuk dalam segmen SUV. Mobil tangguh ini siap digunakan untuk menerjang segala medan serta dibekali dengan teknologi canggih saat diluncurkan. Berikut kali ini kami berikan review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010.

  • Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    22/05/2020| Abdul

    Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    Sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau dan dapat digunakan di perkotaan ataupun luar kota. Disamping itu, mobil yang akan kita bahas kali ini besutan Toyota yang merupakan sebuah produsen mobil ternama terutama di Indonesia. Berikut ulasan spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.

International