Toyota Bakal Andalkan Yaris dan Agya Usai Kepergian Etios

06/02/2018| Mobilmo.com

Toyota bakal andalkan Yaris dan Agya usai kepergian Etios.

Usai mengkonfirmasi dihentikannya produksi Etios dalam negeri beberapa hari lalu, Toyota tidak lagi memiliki produk andalan yang bermain di segmen city car. "Iya betul, produksi Etios di TMMIN sudah selesai pada akhir Oktober 2017 lalu,” tutur Teguh, General Manager External Affairs Division PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Senin (29/1/2018). Muncul pertanyaan kalau produksi Etios sudah dihentikan, apa Toyota juga berhenti memasarkan untuk konsumen dalam negeri?

Toyota Etios

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia tidak membuka informasi secara jelas. Namun gelagat yang ada menunjukkan "ada kemungkinan" ke arah itu dengan cara impor, entah itu dalam bentuk urai / CKD atau dalam bentuk utuh / CBU. Baca : Toyota Etios Tidak Lagi Diproduksi Lokal, Bakal Jadi CBU? “Saat ini kami masih fokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk yang ada. Namun kami tentu akan terus melakukan studi berkelanjutan, demi melihat apakah nantinya ada kebutuhan masyarakat. Tunggu kejutannya,” tutur General Manager PT TAM, Soerjopranoto kepada awak media otomotif, Jumat (2/2/2018). Kejelasannya, Toyota tetap bakal mengimbangi permainan pasar segmen city car dengan produk yang ada saat ini, meski bukan produk murni segmen city car. Model itu adalah Yaris dan Agya.

Gambar baru dari Toyota Agya 2017

“Di segmen hatchback, Toyota memiliki dua produk yaitu Agya di segmen entry hatchback dan Yaris di segmen medium hatchback,” tutur Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) kepada media, Jumat (2/2/2018) lalu. Kedua model tersebut bakal bertarung melawan city car dari kompetitor seperti Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Suzuki Ignis dan juga Nissan March. “Saat ini, kami punya produk yang mengisi segmen hatchback, sehingga Toyota tidak akan mengalami kekosongan di segmen ini. Terlebih lagi, pilihan engine yang ditawarkan juga cukup beragam di hatchback yaitu 1.0L, 1.2L, dan 1.5L sehingga masyarakat semakin memiliki beragam pilihan,” tambah Soerjopranoto.

Yaris TRD Sportivo

Seperti diketahui Toyota Etios hadir di Indonesia pada bulan Maret 2013. Diproduksi secara lokal di pabrik TMMIN Karawang Jawa Barat, mobil yang bermain di segmen city car itu sukses mencatatkan penjualan tertinggi pada tahun pertamanya hingga akhir tahun. Jumlah unit yang terjual mencapai 12.747 unit. Namun, di tahun-tahun berikutnya hingga tahun 2017 lalu penjualan Etios terus mengalami penurunan. Bila diakumulasikan dari tahun 2013 hingga tahun 2017, Toyota Etios terjual sebanyak 32.530 unit. Baca : 

International