Review Toyota Corolla Altis 2019

22/11/2018 Padli Nurdin Review Toyota

11 generasi sudah berlalu. Dan akhirnya dengan generasi ke-12 ini, Toyota Corolla Altis 2019 mendapatkan perubahan yang lebih menawan dan teknologi terbaru, salah satunya drivetrain hybrid untuk memberikan emisi lebih rendah serta efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Tapi, apakah perubahan tersebut sesuai dengan nama besar Corolla di pasar otomotif dunia?

1. PENGANTAR TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Review Toyota Corolla Altis 2019 - Beberapa bulan setelah versi hatchback diluncurkan, sedan Toyota Corolla akhirnya mendapatkan debut globalnya pada Guangzhou Motor Show 2018. Dengan terungkapnya Toyota Corolla Altis 2019, jajaran sedan terpopuler dari Toyota kini lengkap ketika versi empat pintu bergabung dengan hatchback dan wagon.

Gambar Toyota Corolla generasi pertama

Debut pertama Toyota Corolla pada tahun 1966

‘Produk andalan’ adalah nama tengah dari Toyota Corolla. Mendapatkan debut pertamanya pada 1966, Corolla menjadi mobil pertama yang terjual sebanyak 30 juta unit lebih di seluruh dunia. Membuatnya masuk ke dalam Guinness Book of World Records. Sesuai dengan namanya yang berarti ‘mahkota bunga’, Corolla mendapatkan mahkota mobil terlaris di dunia pada 1974 dan sering mendapatkan penghargaan tersebut hingga saat ini.

Gambar Toyota Corolla Altis 2019

Perubahan dan desain baru Toyota Corolla Altis 2019

Perubahan terbaru pada generasi ke-12 ini menunjukan perubahan platform dimana Corolla mendapatkan Toyota New Generation Architecture (TNGA) GA-C. Menawarkan tampilan dinamis serta mengusung karakter berkendara fun to drive, apa saja perubahan tampilan serta teknologi yang ditanamkan pada sedan andalan Toyota ini? Mari kita simak review Toyota Corolla Altis 2019 dari Mobilmo.com.

 

2. EKSTERIOR TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Seperti yang dijelaskan di atas, Toyota akhirnya memberikan TNGA kepada Corolla Altis 2019. Namun terdapat perbedaan eksterior dari versi Sporty dan Prestige dimana eksterior Toyota Corolla Altis 2019 akan lebih panjang dan lebih lebar namun dibuat lebih pendek dibandingkan versi India-nya. Toyota mengatakan bahwa tinggi yang diturunkan, tapak lebih bundar dengan pusat gravitasi rendah dari platform baru membantu meningkatkan dinamika berkendara Corolla baru.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Toyota Corolla Altis 2019

Tampilan depan Toyota Corolla Altis 2019

Sekarang dengan generasi ke-12, eksterior depan Toyota Corolla Altis 2019 tampak mirip dengan hatchback dengan lampu dinamis yang unik, asupan tengah yang lebih besar serta kap yang dibulatkan. Ada dua varian yang membedakan di berbagai benua. Ada tampilan Prestige untuk Cina dan Eropa serta tampilan Sporty untuk AS dan Jepang.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Toyota Corolla Altis 2019

Tampilan samping Toyota Corolla Altis 2019

Menambahkan sedikit gaya pada eksterior samping Toyota Corolla Altis 2019 adalah spion samping yang dipasang pada pintu, sama seperti yang ditemukan pada hatchback dan wagon. Tidak ada garis tebal dan tegas di kedua sisi. Hanya ada lipatan halus dan lekukan lembut untuk menunjukan tampilan mulus dari sedan ini.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Toyota Corolla Altis 2019

Tampilan depan Toyota Corolla Altis 2019

Dilihat dari eksterior belakang Toyota Corolla Altis 2019, trunklid miring ke bawah dengan ekor sedikit menendang ke atas untuk tampilan sporty. Lampu ekor lebih besar dari model saat ini, menggunakan desain sudut geometris. Ada liftover rendah untuk bagasi dan bumper di tepi sudut dengan bagian tengah yang lebih bundar.

>>> Review Toyota lainnya ada di sini:

3. INTERIOR TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Masuk ke bagian dalam, desain interior Toyota Corolla Altis 2019 menampilkan elemen-elemen yang diambil dari konsep ‘sensual minimalis’, menawarkan tampilan yang bersih, mulus dan halus. Pembuat mobil menjelaskan bahwa bagian bagian dalam akan mendapatkan bahan kabin high-gloss dipasangkan dengan elemen matte untuk menonjolkan tampilan premium dan kenyamanan berkendara.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Dasbor

Gambar dasbor Toyota Corolla Altis 2019

Dasbor Toyota Corolla Altis 2019

Bagian dasbor Toyota Corolla Altis 2019 mendapatkan tampilan yang lebih sepi dari tombol-tombol dan switch untuk menawarkan tampilan yang lebih mulus. Panel instrument diturunkan bersama dengan beltline bawah yang telah dikonfigurasikan ulang. Perubahan ini meningkatkan visibilitas ke luar dan menciptakan ruang kabin lebih lapang.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Kursi

Gambar fitur terbaru Toyota Corolla Altis 2019

Kursi Toyota Corolla Altis 2019

Kursi Toyota Corolla Altis 2019 mendapatkan revisi. Selain konfigurasi yang menurunkan titik pinggul pengemudi serta menggesernya lebih ke belakang, versi sporty mendapatkan desain kursi depan baru yang menampilkan bentuk unik. Sementara material kursi di fitur yang lebih tinggi memiliki fitur dari kulit sintetis SofTex.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Kemudi

Gambar kemudi Toyota Corolla Altis 2019

Kemudi Toyota Corolla Altis 2019

Jika dibandingkan dengan versi Indonesia, kemudi Toyota Corolla Altis 2019 mendapatkan tambahan tombol untuk pengaturan fitur. Meskipun masih menggunakan desain kemudi palang tiga, terlihat berbagai kontrol pengemudi ditambahkan, termasuk Hands-Free in Car Navigation & Calling.

>>> Anda juga bisa baca:

4. FITUR TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

All-New Corolla menawarkan sejumlah peralatan keselamatan standar, setidaknya di AS, Eropa, dan Cina. Perubahan pada fitur Toyota Corolla Altis 2019 meliputi sistem pendingin udara yang dibuat lebih efisien dan efektif. Bagian lainnya termasuk unit resirkulasi twin-layer inovatif untuk udara yang lebih segar. Secara otomatis akan mengirim udara segar yang tidak lembab ke kabin untuk mengurangi kabut kaca saat me-resirkulasi udara kabin yang hangat di area bawah kabin.

Gambar kursi Toyota Corolla Altis 2019

Sistem pendingin dibuat lebih efisien pada Toyota Corolla Altis 2019

Sebagai standar, sedan Corolla dilengkapi dengan layar multi-info TFT (thin film transistor) berukuran 4,2 inci serta multi-info display (MID) di kluster instrumen, meskipun ada MID tujuh inci yang lebih besar tersedia sebagai opsi. Sedangkan untuk unit pusat, Corolla mengandalkan layar sentuh multimedia delapan inci resolusi tinggi untuk model spesifikasi yang lebih tinggi, dengan unit dasar layar sentuh tujuh inci. Juga tersedia head-up display 10 inci.

Review Toyota Corolla Altis 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Tidak hanya itu, berbagai fitur keselamatan aktif Toyota Corolla Altis 2019 ditambah dengan Kontrol Stabilitas Kendaraan, Kontrol Traksi, Distribusi Rem Elektronik, Fitur Bantuan Rem, dan Sistem Pengereman Anti-Lock. Selain itu, ada delapan airbag untuk perlindungan pengemudi dan penumpang.

Gambar pengendaraan Toyota Corolla Altis 2019

Pengendaraan Toyota Corolla Altis 2019

Sistem Pra-Tabrakan (Pre-Collision System) dengan deteksi pejalan kaki selama siang dan malam serta pendeteksi pesepada pada siang hari. Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Alert (LDA) dengan bantuan kemudi, Lane Trace Assist (LTA), Road Sign Assist (RSA) dan Automatics High Beam (AHM) melengkapi barisan pelindung kendaraan untuk membuat pengemudi merasa aman ketika berkendara di jalanan.

5. OPERASI TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Sebagai standar, sistem operasi Toyota Corolla Altis 2019 terdiri dari berbagai macam mesin, tergantung pada wilayahnya. Untuk Eropa, dapur pacu dari mesin 1.6 liter tradisional yang mampu menghasilkan hingga 130 daya kuda. Ada juga mesin 1.8 liter hibrida yang menghasilkan 120 daya kuda.

Gambar mesin Toyota Corolla Altis 2019

Mesin Toyota Corolla Altis 2019

Corolla mendapatkan mesin Toyota terbaru dengan mesin ‘Dynamic Force’. Tenaga mesin 2.0 liter 4 silinder mampu menghasilkan 167 daya kuda serta 200 Nm torsi maksimal. Pilihan transmisi meliputi 6 percepatan manual iMT (Intelligent Manual Transmission) dan CVT. Karena platform ini mendukung hibridisasi, tenaga hibrida Toyota menonjolkan efisiensi bahan bakar yang disebut mampu membuat Corolla Altis melaju hingga 29,4 kilometer hanya dalam satu liter.

6. SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Baru saja dipamerkan beberapa waktu lalu, belum banyak detail yang diberikan oleh Toyota. Mobilmo.com merangkum spesifikasi Toyota Corolla Altis 2019 yang tertangkap kamera, diantaranya yaitu:

Dimensi Toyota Corolla Altis 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.540 mm x 1.780 mm x 1.435 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Ground Clearance

N/A

Mesin Toyota Corolla Altis 2019

Tipe Mesin

2.0-litre 'Dynamic Force' petrol engine

Daya Maksimum

167 dk

Torsi Maksimum

200 Nm

Transmisi

Direct Shift-CVT atau 6 percepatan manual

Kaki-Kaki Toyota Corolla Altis 2019

Suspensi Depan dan Belakang

N/A

Rem Depan dan Belakang

N/A

Velg

N/A

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Untuk Indonesia, sepertinya Toyota akan mendapatkan sedikit perbedaan dibandingkan di negara lain untuk mengurangi ongkos produksi. Tapi, apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Altis 2019?

Kelebihan

Kekurangan

Altis sudah menggunakan platform TNGA yang membuatnya lebih fun-to-drive

Toyota sepertinya akan mengurangi beberapa teknologi ketika membawa mobil ini ke Indonesia

Berbagai fitur keselamatan modern sudah dimasukkan dengan teknologi sekelas sedan premium

 

Bagian dalam mendapatkan desain minimalis yang elegan

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Penjualan di Amerika dan Eropa akan dimulai pada kuartal pertama 2019, dan bertahap diluncurkan pada lebih dari 150 negara, termasuk di Indonesia. Meskipun begitu, masih belum jelas patokan harga untuk Altis saat ini. Jika melihat harga Altis di Indonesia yang saat ini mencapai Rp 436.950.000, diprediksi harga Toyota Corolla Altis 2019 bisa mencapai Rp 450.000.000.

9. VIDEO TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Pada Video Toyota Corolla Altis 2019 terlihat perbedaan lampu depan dan beberapa bagian lainnya dari versi Sporty dan Prestige. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada video berikut ini.

10. KESIMPULAN TOYOTA COROLLA ALTIS 2019

Nama besar memang tidak pernah salah. Disebut sebagai kendaraan paling nyaman yang bisa ditunggangi dengan harga yang tidak (terlalu) mahal, bisa dibilang perubahan kali ini membuat Corolla Altis 2019 mendapatkan pengendaraan fun-to-drive. Menggunakan basis TNGA serta berbagai teknologi terbaru yang dimasukan ke dalam Toyota Corolla Altis 2019, sepertinya gelar kendaraan terlaris tahun 2019 bisa didapatkan.

Gambar Toyota Corolla Altis dan Toyota Levin

Desain terbaru Toyota Corolla Altis 2019 dan Toyota Levin di Cina

Namun sayang, hingga saat ini masih belum jelas kapan Corolla Altis 2019 akan masuk ke Indonesia. Meskipun beberapa situs mengungkapkan bahwa 2019 akan menjadi dasar penyebaran mobil ini ke 150 negara, tetapi kapan pastinya mobil ini mampir ke Tanah Air masih belum bisa dipastikan. Pun dengan teknologi dan fitur, bisa jadi dikurangi untuk menyesuaikan dengan kondisi dompet penduduk Indonesia.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.