Spesifikasi Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 : Berkendara Fun To Drive Keselamatan Meningkat

03/03/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Masuk dalam segmen sedan sebuah mobil besutan Toyota dengan mesin hybrid. Corolla Altis dihadirkan dengan 3 varian yakni G, V dan Hybrid. Dari segi harga tentunya juga tentunya ada perbedaan, tinggal disesuaikan dengan budget dan kepuasan saja.

Mobil yang kita bahas kali masuk ke Indonesia pada tahun 2019 tepatnya di bulan September. Pada peluncurannya digemparkan dengan penggunaan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang diberikan di dalamnya. Mobil ini menjadi generasi ke 12 dan menawarkan pengendaraan yang fun to drive dan dibekali dengan fitur TSS (Toyota Safety Sense). Di kala itu, kehadiran Corolla Altis versi Hybrid menjadi salah satu bukti akan komitmen dari pihak Toyota dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah terkait elektrifikasi kendaraan.

Lantas seperti apakah mobil tersebut, bagaimana spesifikasi yang diberikan di dalamnya?

2. EKSTERIOR TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Sisi Depan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan sisi depan Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Desain bagian depan tampak agresif dan seakan melihat tajam ke depan

Pembahasan dimulai dari bagian depan, pada bagian headlamp dibuat dengan ukuran cukup kecil dengan memakai LED Projector Headlights. Di bagian ini terdapat LED Daytime Running Lights 2 buah dan salah satunya menggunakan warna biru. Untuk sisi tengahnya ada aksen krom yang seakan menghubungkan headlamp sisi kanan dan kirinya. Logo Toyota diberikan pada bagian tengahnya dan ada yang menyala biru sebagai penanda akan varian hybrid. Di bawahnya terdapat grill trapezoidal yang dibuatnya mendominasi area fascia depan.

Sementara itu, di bagian bumpernya ada lekukan C-Shaped yang agresif pada sisi kanan dan kirinya beraksen krom. Didekatnya yang masih berada pada area bumper terdapat fog lamp yang juga mengandalkan LED.

Sisi Samping Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan sisi samping Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Sebuah sedan dengan tampilan dinamis namun tetap mewah

Menuju ke bagian sampin, tampilan dinamis akan terlihat berkat lekukan desain yang diberikan. Sementara itu, kontur yang lembut juga dimiliki pada bagian Silhouette line yang merupakan khas dari Altis. Sedangkan pada Character Line konturnya dibuat lebih mendatar. Sebagai mobil dalam segmen Hybrid, di bagian fender terdapat detail emblem Hybrid. Kemudian untuk kaki-kaki mengandalkan pelek alloy dengan ukuran 17 inci dengan desain yang sangat ramai.

Sisi Belakang Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Sisi belakang tampak sederhana namun tetap sporty

Tampilan belakang juga terlihat menarik dengan desain yang diberikan pihak Toyota. Seperti pada bagian lampu belakang menggunakan LED yang dipadukan dengan penggunaan garnish warna krom. Tidak sampai disitu saja, desain ala duck tail juga diberikan pada bentuk dari pintu bagasinya. Sementara itu, di bagian buper dibuat dengan lekukan dengan sedikit masuk ke dalam dan terdapat reflektor pada sisi kanan dan kiri.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Kabin Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan kabin depan Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Pengemudi akan dimanjakan dengan fitur yang ada di kabin depan

Sebelum masuk ke kabin, di bagian door trim mengandalkan perpaduan bahan soft touch dan kulit. Pada sisi ini terdapat power window yang sudah auto untuk sisi pengemudi berpadu dengan window lock dan power door lock. Spion sudah mendapatkan pengaturan, elektrik retract dan dan auto retract. Di sisi kanan kemudi terdapt t uas pembuka kap mesin, tombol menyalakan fog lamp dan headlamp leveling.

Di sisi tengah dashboard terdapat layar ukuran 8 inci di bagian atas dan di bawahnya terdapat kisi-kisi AC serta pengaturan AC dual zone. Untuk bahan dashboard yang digunakan mengandalkan soft touch. Di sisi kiri dashboard terdapat ruang penyimpanan tertutup.

Untuk sisi kemudi mobil mengandalkan 3 palang yang telah diberikan Steering Switch yang sangat multifungsi. Sementara itu, pada setirnya juga terdapat fitur adaptive cruise control dan pengaturan sudah Tilt dan Telescopic.

Jok & Bagasi Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan jok Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Jok belakang nyaman dan menyenangkan selama perjalanan

Menuju ke bagian jok mobil, selain kelengkapan fitur dan teknologi mumpuni di dalamnya. Jok juga nyaman ditunggangi berkat penggunaan material leather. Selain itu terdapat juga pengaturan elektrik yang disematkan pada jok pengemudi dan juga penumpang depan mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019. Soal pengaturan jok pengemudi mengandalkan sistem elektrik dan telah terdapat lumbar support. Untuk bagian jok belakang bahan masih sama dan telah diberikan arm rest pada sisi tengah dan headrest untuk menambah kenyamanan selama perjalanan.

Sementara itu, di bagian jok belakang terdapat pengaturan 60:40 dalam pelipatannya. Hal tersebut bertujuan supaya kapasitas bagasinya bisa lebih luas. Dalam kondisi tidak melipat bagasi, kapasitas yang dimiliki bagasi mobil adalah 371 liter.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Fitur Kenyamanan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan pengaturan AC Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Kenyamanan di dalam kabin dapat dirasakan pengemudi dan penumpang

Menuju ke bagian fitur mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019. Dalam segi hiburan pihak Toyota memberikan head unit Integrated Multimedia System. Yang mana fitur tersebut sudah memakai layar ukuran 8 inci dan terdapat pengaturan navigasi serta telah mendukung fitur Apple carPlay. Tidak sampai disitu saja, kenyamanan juga didapatkan selama di dalam mobil karena terdapat AC Dual Zone Auto AC yang diberikan kepada pengemudi dan penumpang depan.

Bahkan pada penumpang bagian belakang juga telah mendapatkan slot kisi-kisi AC sehingga selama perjalanan juga merasakan kenyamanan. Rear Sunshade juga diberikan oleh pihak Toyota supaya panas matahari bisa berkurang untuk masuk ke kabin dan juga sebagai perlindungan privasi.

Fitur Keselamatan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Gambar ini menunjukkan fitur dalam Toyota Safety Sense

Keselamatan meningkat dengan Toyota Safety Sense

Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 dibekali dengan Toyota Safety Sense. Yang mana untuk fitur utamanya ada 4 meliputi Automatic High Beam, Lane Departure Alert with Steering Control, Adaptive Cruise Control dan Pre-Collision System. Tidak sampai disitu saja, beragam fitur mumpuni juga diberikan seperti Traction Control System, Vehicle Stability Control, Hill-start Assist Control, Brake Assist, Electronic Brake-force Distribution, Anti-Lock Brake System, Blind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert. Tidak kelewatan pula 7 SRS Airbag untuk memberikan perlindungan selama di dalam mobil ketika mengalami benturan.

Tidak sampai disitu saja, Pihak Toyota juga memberikan pilihan mode berkendara Drive Mode dan juga EV Mode. Dengan begitu karakter berkendara dapat diatur oleh pengemudi dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tinggal pilih mau mengemudi dengan efisien atau agresif.

>>> Lihat Juga, Spesifikasi All New Toyota Corolla Cross Hybrid 2020 : Irit BBM Teknologi Canggih

5. OPERASI TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Perpaduan mesin konvensional dan motor listrik

Menuju ke sektor performa mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019. Mesin yang digunakan berkode 2ZR-FXE 4 silinder DOHC VVT-i yang dipadukan dengan Hybrid Synergy Drive. Kapasitas mesin yang dimiliki adalah 1.798 cc yang bisa menghasilkan torsi puncak 14,47 Kgm untuk mesin dan motor listrik 16,62 Kgm. Sementara untuk tenaga maksimal adalah 95 Ps untuk mesin dan motor listriknya adalah 72 ps.

Peranan lainnya yang terdapat pada mobil sehingga dapat memunculkan pengendaraan yang fun to drive adalah adanya arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Tidak sampai disitu saja, handling yang dimiliki juga sangat menyenangkan dengan visibilitas yang luas dan Centre of Gravity yang rendah.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota

6. SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019:

DIMENSI

Panjang

4.630 mm

Lebar

1.780 mm  

Tinggi

1.435 mm

Wheelbase

2.700 mm

HANDLING

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone 

Pelek

17 inci Alloy

MESIN

Mesin

2ZR-FXE, 1.8L inline-4 16 valve w/ DOHC, VVT-i, Hybrid Synergy Drive

Transmisi

CVT

Daya maksimum

95 PS @ 5.200 rpm (+ 72 PS from Hybrid Synergy Drive)

Torsi maksimum

14.47 kg.m @ 4.000 rpm (+ 16.62 kg.m from Hybrid Synergy Drive)

Kapasitas

1.798 cc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Keselamatan sangat meningkat dengan penggunaan fitur Toyota Safety Sense

Versi Hybrid dan non Hybrid tidak terlalu banyak perbedaan

Hemat konsumsi bahan bakar karena perpaduan mesin bensin dan motor listrik

 

Pengendaraan lebih menyenangkan dengan arsitektur TNGA

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Berikut ini merupakan daftar harga mobil Toyota Corolla Altis 2021:

TIPE

HARGA

G A/T

Rp. 491.900.000

V A/T

Rp. 513.500.000

Hybrid A/T

Rp. 591.600.000

9. VIDEO TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA COROLLA ALTIS HYBRID 2019

Menuju ke sektor performa mobil Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 telah dilakukan penjualan di Indonesia. Jadi Sobat bisa merencanakan pembelian atau jika sudah ada dana bisa langsung membelinya. Menggunakan teknologi hybrid membuat mobil sedan Toyota ini lebih hemat konsumsi bahan bakar. Apalagi dengan penggunaan teknologi TNGA dan juga pemberian Toyota Safety Sense membuat mobil ini lebih aman dan nyaman selama perjalanan. Bahkan mobil ini menjadi kendaraan ramah lingkungan dan mempunyai kesan  fun to drive dalam pengendaraan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International