Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Mobil Kelas Light Commercial Vehicle Dari Toyota

30/07/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Dalam segmen mobil terdapat kelas light commercial vehicle yang merupakan kelas yang baru tumbuh di Indonesia. Jadi sebelumnya mobil yang berada di kelas ini mempunyai bodi dengan desain boxy yakni Suzuki APV Blind Van dan juga Daihatsu Grand Max Blind Van. Akan tetapi di kala itu persaingan mulai bertambah, dimulai dari kehadiran Wuling Formo dengan mengandalkan 2 model yang berupa passenger van dan juga blind van. Bahkan kabarnya mobil dari Wuling tersebut mampu untuk menahan dominasi dari mobil besutan Toyota dalam segmen tersebut yakni Transmover.

Perlu diketahui, bahwasanya Toyota Transmover dihadirkan di Indonesia pada tahun 2016 bulan November. Jadi pada saat itu kehadiran mobil ini menggunakan basis dari Avanza tipe E. Dari pihak Toyota melakukan perubahan pada kelengkapannya supaya dapat menekan harga dan durabilitas bisa ditambah. Jadi beberapa fitur dipangkas sehingga dapat menambah kekuatan mobil besutan Toyota tersebut.

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Transmover 2016 warna putih tampak bagian depan

Bagian depan yang membedakan adalah grille yang memakai cat dasar

Mungkin saat sobat melihat bagian depannya serasa sama seperti Avanza lain. Hal tersebut wajar karena memang basis bodi yang dipakai adalah Avanza tipe terendah yang dikurangi fiturnya. Adapun pembedanya berada pada bagian grille yang memakai cat dasar. Adapun alasannya adalah karena mobil besutan Toyota ini menjadi kendaraan pekerja yang tentunya mempunyai resiko terjadi kecelakaan lebih besar. Sehingga dengan mengandalkan cat dasar maka reparasi yang dilakukan akan lebih cepat.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Transmover 2016 warna putih tampak bagian samping kanan

Desain bodi sama dengan Avanza pada umumnya

Berlanjut ke bagian samping, yang mana mobil  Toyota avanza Transmover 2016 terlihat minimalis. Untuk pengaturan spion masih menggunakan sistem manual. Tujuan penggunaan  spion manual adalah agar saat melakukan perbaikan atau penggantian dapat dilakukan dengan mudah. Pelek yang dipakai mengandalkan ukuran 14 inci dengan PCD yang menggunakan bahan besi.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Transmover 2016 tampak bagian belakang

Bagian belakang hanya terdapat logo Transmover

Pada bagian belakang Toyota Avanza Transmover 2016 didesain berbeda dengan Avanza biasa. Hal tersebut karena tidak adanya loga Avanza yang disematkan pada mobil ini. Untuk warnanya hanya tersedia satu saja yaitu putih, akan tetapi jika sobat merupakan seorang pengusaha taksi dengan ciri khas tersendiri yakni dalam hal warna jangan khawatir. Dari pihak Toyota Astra Motor dapat mewujudkan hal tersebut dengan melakukan pemesanan. Perlu diketahui, bahwa untuk ban cadangan diletakkan di bagian bawah kendaraan, untuk bisa meraihnya perlu sedikit ekstra. Supaya visibilitas pandangan ke belakang tetap maksimal, pada kaca belakangnya terdapat wiper.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Bagian Dashboard

Sebagai mobil pekerja dan diperuntukkan untuk kendaraan taksi dan juga angkutan lain, maka di bagian dashboard tidak disertai dengan audio. Meskipun begitu, yang tampak menarik dan  unik adalah pada bagian panel pintu sebelah kanan dan kiri yang terdapat stiker. Jadi bagi pengusaha yang ingin menambahkan fitur audio tidak perlu menambah speaker tapi cukup membeli head unit dan juga tweeter. Jika dilihat dari segi tampilan memang terlihat sama dengan dashboard Avanza pada umumnya.

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Head unit dibuat kosong padahal terdapat speaker pada pintu

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Bagian Kemudi

Pada kemudi Toyota Avanza Transmover 2016 terbilang sama dengan Avanza lainnya. Untuk genggamannya terbilang masih kurang nyaman namun yang menarik adalah adanya thumb rest. Adanya bagian ini mempunyai fungsi untuk menjadi patokan agar kuman tidak memiliki potensi menjadi sebuah sumber penyakit. Jika dilihat secara umum sebenarnya tidak ada keluhan berkaitan dengan setir Avanza Transmover 2016.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Gambar ini menunjukkan interior Toyota Avanza Transmover 2016 tampak dari arah samping

Beberapa fitur dipangkas untuk menekan harga

Perlu diketahui, bahwa untuk Toyota Avanza merupakan mobil yang banyak digandrungi masyarakat dan terkenal dengan nama mobil sejuta umat. Hal tersebut dikarenakan harganya yang terjangkau sehingga banyak kalangan yang sanggup untuk membelinya. Dalam fitur keselamatan, Toyota Transmover tidak diragukan lagi, meskipun ada isu-isu yang kurang mengenakkan. Jadi mobil besutan Toyota ini telah dilakukan pengujian oleh  ASEAN CAP dan terbukti aman serta meraih rating bintang 4. Adapun pencapaian tersebut berkat adanya airbag yang disematkan untuk perlindungan pengemudi dan penumpang depat. Tidak lupa di semua titik telah dipasangi seat belt ELR.

Selain itu, pada bagian interior Toyota Avanza Transmover 2016 tidak terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan adanya pemangkasan fitur yang memang disesuaikan dengan fungsinya yakni kendaraan niaga. Sementara itu, pada bagian jok mobil menggunakan bahan material 2 bahan yang berupa fabric dan juga vinyl. Tujuannya adalah agar jok mobil tidak gampang kotor, jadi proses pembersihan dapat dilakukan lebih lama.

Gambar ini menunjukkan kursi pada mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Headrest berguna untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepala selama perjalanan

Untuk menambah kenyamanan berkendara, pihak Toyota memberikan sandaran kepala pada setiap kursinya. Jadi dengan adanya fitur ini penumpang dapat lebih aman dan nyaman saat bepergian menggunakan mobil Toyota Avanza Transmover 2016.

5. OPERASI TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Mesin yang diberikan mempunyai tenaga yang mumpuni

Pada bagian performa, pihak Toyota menyematkan mesin 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc pada Toyota Avanza Transmover 2016 yang mempunyai kemampuan mumpuni dan tidak diragukan. Mesin tersebut cukup hemat BBM dan juga dapat melaju kencang serta mudah dirawat. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 92,5 Hp dan torsi puncak yang dihasilkan adalah 121 Nm. Untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

>>> Lihat Juga, Review New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

DIMENSI

Panjang

4.190 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.695 mm

Jarak Pijak Depan

1.425 mm

Jarak Pijak Belakang

1.435 mm

Jarak Terendah

200 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

MESIN

Tipe

1NR-VE, 4 Silinder, DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.329 cc

Tenaga Maksimal

92.5 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

121 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Tangki

45 Liter

Sistem Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Macpheron Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod with Coil Spring

Ukuran Ban

185/70 R14 (Bridgestone Taxi Service / Dunlop Taxi)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Tidak ada yang sempurna sehingga saat berniat membeli mobil perlu dipertimbangkan segala sesuatunya. Untuk Toyota Avanza Transmover 2016, berikut kelebihan dan kekurangannya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai mesin yang bertenaga

Head unit tidak diberikan padahal disediakan 2 buah speaker

Irit bahan bakar

Kaca spion masih menggunakan pengaturan manual

Sistem kaki-kaki tidak diragukan lagi ketangguhannya

Sudah waktunya ganti model

Layanan purna jual Toyota cukup mudah

 

>>> Baca Juga, Beda Kepentingan, Toyota Transmover Tak Ikut Dirombak Seperti New Avanza

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

TIPE

HARGA BARU

Toyota Avanza Transmover 1.3 M/T

Rp. 142.000.000

9. VIDEO TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

10. KESIMPULAN TOYOTA AVANZA TRANSMOVER 2016

Mobil Toyota Transmover 2016 merupakan kendaraan niaga yang dibuat dengan menggunakan basis Avanza tipe E. Hanya saja beberapa fitur dipangkas untuk menekan penjualan. Bagi para pengusaha yang berniat menggunakannya sebagai angkutan umum seperti Taxi, maka mobil ini dapat dijadikan pilihan. Bahkan mobil ini terbilang paling unggul dibandingkan rival sekelasnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 26/01/2019 | Arfian Alamsyah

    Review New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

    Inilah New Toyota Avanza yang paling cocok diajak mengarungi kemacetan ibu kota sembari sesekali diajak pelisir keluar kota. Ini pendapat kami mengenai New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

  • 25/01/2019 | Arfian Alamsyah

    Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

    PT Toyota Astra Motor memperbaharui amunisi mereka di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan meluncurkan Toyota Avanza generasi terbaru. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019? Berikut ini ulasan lengkap kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019.

  • 18/01/2019 | Padli Nurdin

    Review Toyota Avanza Veloz 2019: Perubahan ‘Sang Raja’ Mengikuti Zaman

    Tak bisa dipungkiri jika Toyota Avanza merupakan salah satu raja dalam segmen Low MPV di pasar otomotif Indonesia. Dengan banyaknya pesaing baru dan perubahan teknologi, ‘Sang Raja’ akhirnya mendapatkan perubahan yang baru ketika pabrikan Jepang tersebut memperkenalkan Toyota Avanza Veloz beberapa waktu lalu.