Review Tata Super Ace Diesel 2018: Pick Up Andalan Bisnis Yang Bikin Keuntungan Gacor

13/09/2018 Metodius Getan Plue Review Tata

Tata Motors menjadi salah satu pabrikan yang cukup dikenal di pasar otomotif tanah air, diawal kemunculannya sudah menjadi buah bibir para pengusaha yang ingin mencari kendaraan angkut. Dari sekian banyaknya varian dan kelas mobil yang ditawarkan, ada satu segmen yang cukup menarik dan Tata pun masuk kedalamnya. Segmen Pick up seperti menjadi kebutuhan para pebisnis, maka dari itu Tata meluncurkan pick up andalannya yang diberi nama Tata Super Ace.

1. PENGANTAR TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Review Tata Super Ace Diesel 2018 - Siapa sangka pabrikan asal India ini mampu memiliki small pick up yang memiliki kualitas tidak kalah dengan para pesaingnya seperti Mitsubishi L300 pick up. Hebatnya, sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia dari 2013, sebanyak 2.500 unit mobil pick up Tata Super Ace terjual di seluruh Indonesia. Jangan meragukan small pick up ini, meski mobil ini dari India, perusahaan Tata Motors menempati urutan ke 6 kendaraan komersil di dunia. Hal tersebut yang membuktikan bahwa Tata adalah merk yang cukup baik dalam segmen komersil. Di tahun 2017 pada event GIIAS di BSD Tangerang, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI) merilis Tata Super Ace HT. Meski hadir varian Ace HT, Tata Super Ace standar masih tetap menjadi pilihan banyak orang karena tenaga yang besar, berkat mesin diesel yang ditungganginya. Kemunculan Tata Super Ace Diesel diharapkan akan memperkuat penjualan TMDI di segmen Small Commercial Vehicles (SCV). Kami akan lakukan review bagi Anda calon pembeli pick up yang masih bingung mobil mana yang akan dipilih, simak review khas Mobilmo.com kali ini. 

2. EKSTERIOR TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Semua pick up memiliki desain yang hampir sama, bentuknya mengkotak dan cenderung flat di bagian depannya. Tetapi berbeda pada Tata Super Ace Diesel 2018, mobil ini memiliki desain eksterior yang lebih smooth dan kalem, namun menyimpan tenaga yang besar. Mobilmo.com akan jabarkan review eksterior mulai dari depan, samping dan belakang.

Review Tata Super Ace Diesel 2018: Bagian Depan

Tata Super Ace Diesel 2018 Punya Wiper Dengan Sapuan Dua Arah

Wajah kalem dari Tata Super Ace Diesel 2018

Kami akan awali dari bagian depan, Tata Super Ace Diesel 2018 mempunyai tampang yang jauh lebih kalem dibanding para rivalnya. Keunikan ada pada bagian kaca depannya, wiper memiliki sapuan dua arah, tentu ini sangat unik untuk kelas pick up. Bahasa desain lebih rata tidak seperti Gran Max Pick Up yang menggembung. Grill hitam empat tingkat menjadi penopang kuat emblem kebaggaan Tata. Fog lamp bulat terlihat irit, tetapi sudah cukup untuk memberikan penerangan, karena lampu depan ini tidak terlalu tinggi sehingga jangkauan cahaya merata ke sisi depan.  Kaca depan Tata Super Ace Diesel 2018 sudah laminated untuk mencegah serpihan kaca terburai saat benturan

Review Tata Super Ace Diesel 2018: Bagian Samping

Tata Super Ace Diesel 2018 Dengan Bukaan Pintu Bak 3-way

Tata Super Ace Diesel 2018 punya bukaan pintu bak 3-way

Nampaknya pabrikan asal India ini mengerti betul akan kebutuhan para pebisnis terutama di Indonesia. Tata Super Ace Diesel 2018 punya bukaan pintu 3 way, yang artinya pintu bak samping juga bisa dibuka, sehingga bukaan bak semakin lebih luas dan tidak ada hambatan. Pintu mendapat desain yang unik, serta handle pun diberikan sewarna dengan warna bodi. Kita lihat ke bagian paling bawah, pelek berukuran 14 inci sudah cukup proporsional untuk kelas pick up ini. Ada pula kaca sepion yang besar akan menjamin pandangan 3 jalur dan membuat control pengemudi lebih baik.

Review Tata Super Ace Diesel 2018: Bagian Belakang

Tata Super Ace Diesel 2018 Dengan Panjang Bak 2630 mm

Kapasitas angkut Tata Super Ace Diesel mencapai 3.8m2

Tata Super Ace Diesel 2018 layaknya pick up umum dengan bumper belakang yang standar, namun tidak dapat kita temukan lambang tata seperti di bagian depan. Tata lebih memilih menggunakan huruf roma bertuliskan “TATA” dari pada memberikan emblem seperti di bagian depan. Kini mari kulik soal kapasitas bawaannya, Tata Super Ace Diesel benar-benar SUPER, pasalnya bak muatan Super Ace Diesel 2018 ini paling panjang dengan detail 2630 mm, serta paling luas (3.8 m2) dikelasnya, tentu dengan material plat bak dan kabin juga paling tebal. Deknya juga rendah yaitu 597 mm akan memudahkan akses menaikkan dan menurunkan muatan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Review Tata Super Ace Diesel 2018: Interior Kabin

Kabin Tata Super Ace Diesel 2018 Desain Slim dan Streamline

Desain Slim dan Streamline pada Tata Super Ace Diesel 2018

Tidak hanya dari luar, ke khasan dari Tata pun tercermin dari bagian dalam mobilnya. Tata Super Ace Diesel 2018 adalah satu-satunya pickup diesel dikelasnya, dengan desain kabin slim dan streamline, akan menjamin kemudahan dalam bermanuver di kemacetan. Tidak sampai itu saja, Tata Super Ace Diesel 2018 merupakan satu-satunya pickup yang dilengkapi dengan power steering dan blower disemua varian dan menyediakan pilihan varian dengan Air Conditioner serta Power Window.

Review Tata Super Ace Diesel 2018: Kursi

Setelah dari luar sudah cukup baik, kini bagian yang cukup penting bagi pengemudi dan penumpang adalah kursi. Tata Super Ace Diesel 2018 memiliki kursi cukup tebal, lengkap dengan sandaran kepala yang dapat disetel dan dilipat. Gacoan dari Tata ini juga memiliki bukaan pintu 950 mm, tentu bagi pengemudi akan mudah aksesnya dalam keluar masuk kabin. Jarak lantai kabin Tata Super Ace Diesel 2018 adalah 505 mm, jadi paduan bukaan pintu dengan jarak lantai kabin ini akan sangat membantu keluar masuk penumpang dan juga pengemudi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Mungkin Tata Super Ace Diesel 2018 adalah salah satu yang akan merajai pasar pickup di tanah air. PR Tata di Indonesia hanya satu, lebih gencar lagi melakukan promosi agar publik tahu akan keunggulan dan benefit dari varian pickupnya. Kini kita bahas tentang kenyamanan dan keselamatan mobil, Tata Super Ace Diesel 2018 dibangun dengan struktur semi monocoque dengan multiple crumple zone. Dibalik plat pintu telah dilengkapi dengan side impact beams untuk menambah perlindungan ketika terjadi benturan samping. Hal yang menjadi paling dasar dan cukup  mengagetkan adalah kabin Tata Super Ace Diesel 2018 dibuat dengan plat baja yang kuat menahan benturan keras.

5. OPERASI TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Tata Super Ace Diesel 2018 Dibekali Mesin TATA 475 IDI TCIC 1.400cc Turbo Charged Intercooled Diesel Engine

Mesin diesel 1.400cc pada Tata Super Ace

Kini kita bahas hal yang paling krusial yaitu dapur pacu dari pickup ini. Super Ace dibekali dengan mesin diesel TATA 475 IDI TCIC 1.400cc Turbo Charged Intercooled Diesel Engine. Mesin diesel ini mampu memberikan tenaga 70 PS pada putaran 4500 RPM, serta torsi 135 NM pada 2500 RPM. Tenaga mesin disalurkan oleh transmisi Manual 5 percepatan. Karakter mesin diesel Super Ace akan bekerja optimal pada RPM rendah sehingga akan berdampak pada iritnya bahan bakar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil Toyota lainnya

6. SPESIFIKASI TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Tidak lengkap rasanya hanya menyajikan review, maka dari itu kami juga memberikan spesifikasi detail dari Tata Super Ace Diesel 2018 pada tabel berikut.

Spesifikasi Tata Super Ace HT

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4340 x 1565 x 1858

Jarak Sumbu

2380

Pijak Depan / Pijak Belakang

1340 / 1320

Ground Clearance

160

Berat Kosong

1260

Kapasitas Tanki

38 liter

Radius Putar

5.1 meter

Mesin

Tipe Mesin

TATA 475 IDI TCIC

Sistem Suplai BBM

Turbo Charged Intercooled, Diesel Engine

Isi Silinder

1400 cc

Perbadingan Kompresi

21:1

Tenaga Maksimal

70 PS @4500 RPM

Torsi Maksimal

135 Nm @2500 RPM

Chassis

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring + Anti Roll Bar

Suspensi Belakang

Semi Eliptical Leaf Spring with Telescopic Shock Absorber

Sistem Kemudi

Power Steering

Steering Type

Tilt & Collapsable

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Drum Brake

Ukuran Ban

165 R14 8PR

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Berikut kami simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Tata Super Ace Diesel 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Bak cukup luas untuk menampung barang

Kabin terbilang cukup sempit

Pintu bak 3-way

Desain masih agak kaku

Memiliki mesin diesel bertenaga

Image Tata masih belum begitu populer

Irit bahan bakar

 

Biaya perawatan lebih murah dari mesin bensin

 

Harga beli sangat terjangkau

 

8. DAFTAR HARGA TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Dibawah ini adalah tabel harga dari Tata Super Ace Diesel 2018.

Varian

Harga Tata Super Ace Diesel Pick Up 2018

Super Ace DLS

Rp 123.900.000

9. VIDEO TATA SUPER ACE DIESEL 2018

10. KESIMPULAN TATA SUPER ACE DIESEL 2018

Untuk menunjang bisnis, pemilihan pickup harus cermat, pilih kendaraan bukan hanya dari lebarnya bak, tapi juga keunggulan mesin yang dapat diandalkan. Tata Super Ace Diesel 2018 punya banyak benefit, selain keunggulan dari material bak dan bukaan bak 3-way, mesin diesel yang digunakan sangat bertenaga namun tetap irit bahan bakar serta perawtannya pun terjangkau. Jika Anda sebagai pengusaha, apakah tertarik dengan Tata Super Ace Diesel 2018?

>>> Klik sini untuk lanjut simak kelebihan dan kekurangan mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Nissan Navara 2.5 VL AT 2019
    Review Nissan Fatchur Sag

    Review Nissan Navara 2.5 VL AT 2019

    23/08/2019

    Nissan Navara 2.5 VL AT 2019 menjadi salah satu mobil off-road pick up andalan Nissan yang diklaim memberikan sensasi mulus selayaknya sedan di jalan aspal. Lantas apa saja kelebihan mobil ini? Simak ulasannya berikut!

  • Review Audi RS5 DTM 2019 : Mobil Balap Paling Eye Catching Di DTM
    Review Audi Abdul

    Review Audi RS5 DTM 2019 : Mobil Balap Paling Eye Catching Di DTM

    22/08/2019

    Jika berbicara mengenai AUDI DTM memiliki sejarah yang cukup panjang. Kemenangan dari AUDI di DTM membuatnya saat ini tetap menjadi pilihan. Dari tahun ke tahun sejak 1990 hingga memasuki tahun 2012 Audi selalu memberikan mobil terbaiknya dengan sangat sporty dan luar biasa bagus untuk pembalapnya. Memasuki tahun 2012 sedikit mengalami perubahan dengan versi coupe nya. Namun di Audi sebenarnya ini bukan sebuah pengecualian. Hal ini karena mereka juga mulai memperkenalkan Audi A5 DTM.

  • Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

    Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

    21/08/2019

    Mobil SUV menjadi salah satu andalan bagi seseorang yang kerap melintasi jalanan dengan medan yang tidak menentu. Mobil dalam segmen ini yang bisa dijadikan pilihan adalah Toyota Fortuner, yang mana dari segi desain tampak gagah dan merupakan yang terpopuler di Indonesia. Nah untuk segmen kali ini Mobilmo.com akan membahas tentang review Toyota Fortuner 2014.