Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

21/09/2018| Metodius Getan Plue

1. PENGANTAR TATA XENON XT 2018

Review Tata Xenon XT 2018 - Tata Xenon XT 2018 menjadi truk kabin ganda yang cukup baru, mengingat sudah ada beberapa mobil dikelas ini, sebut saja Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Hadir bukan sebagai yang termewah namun memiliki amunisi besar diberagam sektor lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan pickup double cabin di Indonesia, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan untuk pertama kalinya Tata Xenon XT di ajang GIIAS 2016 silam. Ketika diperkenalkan, respon masyarakat sangat antusias, terbukti dari banyaknya mobil ini dipesan, memang tidak langsung dikirim, konsumen yang memesan di 2016, baru mendapat pengiriman di Januari tahun 2017. Mobilmo.com akan memberikan review lengkap seputar Tata Xenon XT 2018, simak pembahasannya hingga selesai.

2. EKSTERIOR TATA XENON XT 2018

Mobil pickup besar dengan dua kabin ini memiliki dimensi yang cukup besar, panjang 5.125 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.765 mm. Kebesaran dimensi ini membuat Tata Xenon XT 2018 menjadi pesaing tepat untuk Triton dan juga Hilux, namun apa saja keunggulan serta point-point yang membuat mobil ini menarik dari para rivalnya?

Review Tata Xenon  XT 2018: Bagian Depan

Review Tata Xenon XT 2018 Dengan Grill Tiga Tingkal Besar

Bagian depan tidak kalah gagah dari para pesaingnya

Mulai dari sisi depan, Xenon XT mendapatkan bumper yang besar dengan desain membulat. Jangan remehkan pickup double cabin ini, pasalnya grill tebal berselimut krom memberikan kesan mewah dan bukan sekedar tampilan saja. Grill tersebut menjadi gambaran kekuatan dari Tata Xenon XT 2018. Lampu depan menggunakan halogen, desain lampu yang besar memberikan kepastian akan sorot lampu yang maksimal, untuk mendukung lampu utama, diberikan juga fog lamp bulat berukuran kecil dibagian bawah, underguard diseragamkan warnanya dengan cover fog lamp. Dari depan Tata Xenon XT 2018 terlihat begitu tinggi, jadi Anda tidak perlu khawatir jika melewati jalan bergelombang.

 Review Tata Xenon  XT 2018: Bagian Samping

Review Tata Xenon XT 2018 Terlihat Tinggi Dari Bagian Samping

Tidak ada lekukan pada bagian sampingnya, begitu kokoh dan tegas

Yuk bergeser kesamping, desainnya begitu berbeda dari nama-nama yang tadi kami sebutkan. Bagian pintu terlihat lebih datar dan tidak ada lekukan sama sekali, handle pintu memiliki warna yang senada dengan bodi. Meskipun ini mobil pickup double cabin standar, spion sudah dibekali dengan turning signal lamp. Kini bahas sektor kaki-kaki, ban dengan pelek modern berukuran 235/70 R16 sangat proporsional untuk menyokong bodi Tata Xenon XT 2018 yang besar.

Review Tata Xenon  XT 2018: Bagian Belakang

Review Tata Xenon XT 2018 Dengan Pintu Bak Belakang Dapat Dibuka

TATA terpampang dengan jelas dan besar

Khas seperti pickup TATA lainnya, dibagian belakang ini tidak ada simbol atau emblem seperti pada bagian grill, melainkan huruf roma bertuliskan “TATA” dengan font besar yang ditampilkan. Lampu belakang memiliki bentuk vertikal namun tetap besar, agar informasi lebih jelas terlihat, lampu sein tidak menyatu pada lampu belakangnya, melainkan secara terpisah disisi bawah. Side step jumbo berwarna hitam akan membantu dalam akomodasi naik dan turun, tidak lupa juga pintu bak dipaling belakang dapat dibuka datar dan rata.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TATA XENON XT 2018

Meskipun bukan yang paling modern dan mewah, Tata Xenon XT 2018 tetap memiliki desain interior yang cukup baik. Standar seperti mobil pickup double cabin pada umumnya, kabin mobil ini lebih cenderung mengutamakan kenyamanan standar dan tidak terlalu banyak teknologi di dalamnya.

Review Tata Xenon  XT 2018: Dashboard

Review Tata Xenon XT 2018 Dengan Dashboard Standar Warna Hitam dan Silver

Dashboard standar pada Xenon XT 2018

Pada bagian dashboardnya, Tata Xenon XT 2018 lebih simple, bahasa desainnya begitu standar. Mulai dari dashboard paling atas, masih dapat kita temukan material plastik, bahkan hingga ke sisi tengah dan bawahnya. Kisi output AC sangat besar dibagian tengah, begitupun juga pada sisi output AC kanan kiri dashboard.

Review Tata Xenon  XT 2018: Setir

Review Tata Xenon XT 2018 Mendapat Kemudi Power Steering

Setir Xenon XT dengan lingkar yang cukup besar

Kemudi Tata Xenon XT 2018 terlihat begitu besar, sebetulnya tidak akan mengganggu, namun jika yang belum terbiasa harus beradaptasi untuk beberapa waktu. Diameter kemudinya tidak terlalu lebar, sehingga bagi pengemudi dengan jari yang tidak terlalu panjang akan tetap nyaman dalam mengendalikannya. Kemudi ini sudah power steering dan dilengkapi dengan fitur tiltable collapsible type steering.

Review Tata Xenon  XT 2018: Kursi

Review Tata Xenon XT 2018 Memiliki Kursi Dua Baris

Kursi empuk dengan arm rest pada baris pertama

Berbicara pada kursi Tata Xenon XT 2018, Mobilmo.com tidak begitu berekspektasi terlalu tinggi. Pasalnya kita semua tahu kan tentang mobil pickup, hampir semua material kursinya tidak buruk, namun juga bukan yang ternyaman. Dalam menunjang perjalanan, bantalan bawah dan belakang cukup tebal sehingga tidak akan cepat merasa pegal. Satu hal lagi yang membuat mobiil ini menarik, ada arm rest disisi tengah baris pertama, sehingga pengemudi dan penumpang depan akan dengan mudah mengistirahakan tangan sejenak.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TATA XENON XT 2018

Meski tergolong cukup baru, Tata Xenon XT 2018 dibekali dengan banyak fitur keselamatan serta keamanan. Beberapa fitur keselamatan tersebut ialah Dual SRS Airbag, Sabuk Pengaman Belakang tiga titik dan Sabuk Pengaman Depan dua titik, Side Impact Beam, Struktur Rangka Bodi Ladder Type. Sekarang dari sisi keamanan, fitur immobilizer juga sudah ada dalam mobil pickup double cabin ini.

5. OPERASI TATA XENON XT 2018

Review Tata Xenon XT 2018 Dengan MesinTurbo-Charged Intercooled Diesel dengan Water Cooled Direct Injection Common rail 2.2L VVT DICOR

Mesin 2.2L dari Tata Xenon XT 2018

Amunisi utama Tata Xenon XT 2018 ini ada pada sektor jantung pacunya. Mesin Tata Xenon XT 2018 dibekali dengan mesin Turbo-Charged Intercooled Diesel dengan Water Cooled Direct Injection Common rail 2.2L VVT DICOR. Mesin khas ini dapat memberikan tenaga 110kW (148PS) pada 4000 rpm, serta torsi 320 Nm pada 1700-2700 rpm. 

>>> Review Isuzu Traga FD 2018, Pick Up Rasa Truck Terbaik dari Isuzu

6. SPESIFIKASI TATA XENON XT 2018

Mobilmo.com sudah siapkan spesifikasi lengkap dari Tata Xenon XT 2018.

Spesifikasi Tata Xenon XT 2018

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

5125 mm x1860 mm x 1765 mm

Jarak Sumbu Roda

3150 mm

Radius Putar

13.0

Tanki

70 liter

Berat Kosong

2070kg

Mesin

Tipe

TATA 2.2L DICOR EURO II vertical engine

Diamenter x Langkah

85 x 96 mm

Sistem Suplai Bahan Bakar

Direct Injection Euro II

Tenaga Maksimal

110kW (148PS) / 4000 rpm

Torsi Maksimal

320 Nm / 1700-270 rpm

Chassis

Suspensi Depan

Double wishbone type with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Parabolic Leaf Spring

Rem Depan

Disc Brake with ABS

Rem Belakang

Drum Brake with ABS

Ban

235/70 R16 Tubeless

Roda

6.5 J x 16 Alloy wheel rim

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TATA XENON XT 2018

Beberapa kelebihan dan kekurangan Tata Xenon XT 2018 sudah kami siapkan.

Kelebihan

Kekurangan

Dimensi besar

Di Indonesia brand TATA masih kurang begitu dikenal

Daya angkut cukup banyak untuk penumpang dan barang

 

Mesin sangat bertenaga

 

8. DAFTAR HARGA TATA XENON XT 2018

Soal harga, mobil ini cukup terjangkau apalagi disokong dengan ketangguhan yang benar-benar sudah teruji.

Tipe

Harga Tata Xenon XT 2018 (Jakarta)

Xenon XT 4x4 DC

Rp 324.500.000

9. VIDEO TATA XENON XT 2018

10. KESIMPULAN TATA XENON XT 2018

Bagi Anda yang mencari pick up double cabin dengan kekuatan yang sudah teruji, Tata Xenon XT 2018 bisa menjadi pilihan utama. Selain kekuatan yang sudah teruji itu, dimensinya mampu melahap semua medan yang terbilang sulit, ditambah dengan tingginya mobil akan terasa sangat mudah dalam melewati jalanan bergelombang. Meski bukan yang paling mewah dengan banyak fitur canggih, namun bagi yang membutuhkan pick up karena fungsinya, Tata Xenon XT 2018 sangat direkomendasikan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tulisan review yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    21/09/2018| Metodius Getan Plue

    Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    Memasuki Indonesia sebagai pasar potensian, Tata Motors memilih untuk lebih fokus bukan kepada kendaraan penumpang. Kini Tata Motors memilih menjual pickup dan truck, mengenai hal ini, ada satu mobil yang menurut Mobilmo.com cukup menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi pengguna truk kabin ganda di tanah air, yaitu Tata Xenon XT 2018.

  • Review Tata Super Ace Diesel 2018: Pick Up Andalan Bisnis Yang Bikin Keuntungan Gacor

    13/09/2018| Metodius Getan Plue

    Review Tata Super Ace Diesel 2018: Pick Up Andalan Bisnis Yang Bikin Keuntungan Gacor

    Tata Motors menjadi salah satu pabrikan yang cukup dikenal di pasar otomotif tanah air, diawal kemunculannya sudah menjadi buah bibir para pengusaha yang ingin mencari kendaraan angkut. Dari sekian banyaknya varian dan kelas mobil yang ditawarkan, ada satu segmen yang cukup menarik dan Tata pun masuk kedalamnya. Segmen Pick up seperti menjadi kebutuhan para pebisnis, maka dari itu Tata meluncurkan pick up andalannya yang diberi nama Tata Super Ace.

International