Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

19/10/2019 | Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI SPLASH 2010

Sejarah mobil ini cukup panjang, diawali dengan pengiriman 10 orang teknisi Jepang ke Eropa untuk melakukan observasi mengenai minat konsumen di Eropa. Setelah itu, di tahun 2006 barulah mobil konsep besutan Suzuki tersebut hadir pada gelaran Paris Motor Show. Setahun kemudian Suzuki menghadirkan versi produksi mobil konsep ini di ajang Frankfurt Motor Show 2007. Pada tahun 2009 akhirnya mobil ini dijual untuk pertama kalinya di India.

Di Indonesia, Suzuki Splash hadir tahun 2010 dengan diimpor langsung dari India. Nama Splash khusus dipilih untuk pasar Indonesia, sementara di India sendiri namanya adalah Suzuki Ritz. Pada saat peluncurannya pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki menyatakan, “Karena di Indonesia tidak Familiar dengan nama Minivan, maka kami sebut mobil ini sebagai Mini MPV,” ujar Endro Nugroho, Marketing Director PT SIS 

Meski begitu, jika dilihat dari sisi dimensinya, Suzuki Splash cocok untuk disebut sebagai sebuah City Car. Dengan tawaran keluasan kabin yang dimiliki, mobil ini bisa dibilang nyaman dan rasanya cocok jika dibilang sebagai sebuah Mini MPV. Berikut ini merupakan review Suzuki Splash 2010.

2. EKSTERIOR SUZUKI SPLASH 2010

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Splash 2010 tampak depan dan samping kanan

Desain depan tampak apik dengan grille yang tegas

Pada bagian depan, mobil Suzuki Splash didesain dengan apik berkat penggunaan grille yang dipadukan dengan logo Suzuki yang dibuat tegas. Warnanya didominasi aksen hitam yang membuatnya tampil lebih sporty. Bagian lampu utama dibuat besar yang menggunakan material bahan kaca kristal, lengkap dengan lampu kabut di bagian bumper bawah untuk melewati jalanan berkabut ataupun menembus hujan lebat. Sesuai dengan sejarahnya, mobil ini memang didesain dengan selera konsumen Eropa di masanya.

Review Suzuki Splash 2010: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Splash 2010

Bagian samping tampak sederhana dan juga simpel

Tampilan bagian samping tampak sederhana dan juga simpel, dengan esensi yang ringkas. Atap yang tinggi menjadikan mobil ini tak heran sempat disebut sebagai sebuah Mini MPV. Sementara di sisi lain, desain pelek 15 inci dengan model 8 palang menjadikan tampilan Suzuki Splash 2010 semakin sporty. .

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kanan Suzuki Splash 2010

Melihat bagian belakang  terlihat mengkotak dan sedikit mengecil ke atas

Desain bagian belakang Suzuki Splash 2010 cukup unik dengan bentuk yang sedikit mengkotak dan nyaris vertikal. Sedikit mengingatkan pada MPV seperti halnya Honda Freed. Bagian pilar C diberikan lampu yang desainnya mengingatkan pada Hyundai Atoz. Yang patut disayangkan adalah tidak adanya wiper di bagian kaca belakang.

>>> Informasi menarik:

3. INTERIOR SUZUKI SPLASH 2010

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Suzuki Splash 2010

Desain dashboard tampak unik terutama pada Speedometernya

Pada bagian dashboard terdapat beberapa fitur yang dipasangkan antara lain sistem audio dengan head unit 1 DIN, tombol pengaturan AC dengan tombol putar dan laci di bagian bawah head unit. Dashboardnya dukup luas dengan material plastik yang cukup keras dan didominasi warna hitam dengan beberapa ornamen berwarna silver.

Yang menarik adalah kehadiran tachometer Suzuki Splash 2010 yang pemasangannya terpisah dari panel instrumen utama, tepatnya pada di bagian tengah, sedikit ke kanan dari konsol tengah dashboard mobil. Panel instrumen di balik lingkar kemudinya sendiri didominasi speedometer dengan bentuk bundar dan besar. Lingkar kemudi dengan tiga palang membuat setirnya tampil sporty, sayang pengaturannya masih belum dilengkapi dengan tilt steering.

Review Suzuki Splash 2010 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Splash 2010

Daya tampung 5 orang dengan ruang kepala yang luas

Suzuki Splash 2010 mendapatkan wheelbase yang cukup panjang, yang turut menjadikan ruang kabinnya cukup lapang dan memberikan ruang kaki lega bagi penumpang di baris kedua. Tak hanya itu, atap yang tinggi juga memberikan ruang kepala yang juga lega, layaknya di sebuah mobil MPV. Dari sisi kepraktisan dan akomodasi penumpang, mobil berkapasitas lima orang ini dapat dibilang nyaman.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR SUZUKI SPLASH 2010

Gambar ini menunjukkan head unit di dashboard Suzuki Splash 2010

Fitur tergolong standar dan belum terbilang wow

Hampir tidak ada yang istimewa pada fitur Suzuki Splash 2010, fiturnya tampak standar saja, seperti misalnya power window. Tidak terdapat fitur keselamatan yang canggih, hanya ada sabuk keselamatan, sementara airbag masih absen.Yang cukup menarik, Suzuki justru memberikan fitur pengaturan ketinggian sorotan lampu depan.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Suzuki Splash Dan Dapatkan Harga Yang Menarik

5. OPERASI SUZUKI SPLASH 2010

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Splash 2010

Tenaga mesin cukup mumpuni untuk kebutuhan berkendara

Untuk suplai tenaga, mesin Suzuki Splash 2010.mengusung jantung pacu 4-silinder segaris berkapasitas 1,2 liter atau tepatnya 1.197 cc dengan kode K12M. Mesin ini mampu menyuguhkan tenaga maksimal sebesar 85 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimalnya hingga 113 Nm pada 4.500 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi pada mobil ini yaitu otomatis 4-speed dan manual 6-speed.

>>> Persaingan Ketat Hatchback 2017, Jazz Lebih Unggul Dibanding Yaris

6. SPESIFIKASI SUZUKI SPLASH 2010

Berikut tabel spesifikasi Suzuki Splash 2010.

DIMENSI

Panjang

3.715 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.618 mm

Jarak Poros Roda

2.360 mm

MESIN

Tipe

1.2 Liter K12M 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Daya Maksimal

85 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimal

113 Nm / 4.500 Rpm

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Transmisi

6 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dan Coil Spring

Ukuran Ban

185/60 R15 (Tipe GL)

165/80 R14 (Tipe STD)

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection (MPI)

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SPLASH 2010

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan Suzuki Splash 2010.

Review Suzuki Splash 2010 : Kelebihan

Berbicara soal kelebihan, mobil ini mempunyai harga yang cukup terjangkau. Kabin yang lapang juga menjadi salah satu poin kelebihannya. Pengendaliannya terbilang stabil berkat ban standarnya yang cukup lebar untuk mobil di kelasnya. Bantingan suspensi cukup nyaman untuk memberikan kesenangan berkendara bagi pengemudi dan penumpangnya. Kehadiran tachometer terpisah menjadikan dashboardnya tampak unik dan desain panel instrumen dengan speedometer berukuran besar menjadikannya tampil lebih sporty.

Review Suzuki Splash 2010 : Kekurangan

Sementara untuk kekurangan Suzuki Splash 2010 salah satunya hadir dari minimnya fitur yang ditawarkan. Bahkan pada kaca belakang pun tidak tersedia wiper serta spion sampingnya masih mengandalkan pelipatan secara manual.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SPLASH 2010

Pada tahun 2010 harga Suzuki Splash dibanderol  dengan harga Rp. 148 jutaan dalam kondisi baru. Sedangkan sekarang harganya sangat terjangkau. Suzuki Splash 1.2 Liter dibanderol dengan harga Rp. 70 sampai Rp. 80 jutaan dalam kondisi bekas.

9. VIDEO SUZUKI SPLASH 2010

10. KESIMPULAN SUZUKI SPLASH 2010

Bentuknya yang memang nyaris serupa Mini MPV memberikan keunggulan dalam hal keleluasan kabin, terutama karena atap yang tinggi dan wheelbase yang panjang. Pengendalian cukup stabil, dan bantingan suspensi nyaman. Sayangnya fitur tidak istimewa, yang menjadi salah satu faktor harga jualnya juga cukup terjangkau. Jika Anda membutuhkan mobil kecil yang lapang, Suzuki Splash 2010 bisa menjadi salah satu pilihan mobil bekas yang terjangkau

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • 14/11/2019 | Abdul

    Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    Sekarang sudah banyak mobil keluaran terbaru dengan fitur dan teknologi modern. Sehingga lupa dengan keluaran dahulu yang tentunya banyak yang menarik, seperti misalnya mobil Suzuki SX4 X-Over 2007. Mobil ini merupakan kendaraan Hatchback pertama di Indonesia. Lantas bagaimana sosoknya, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

  • 05/10/2019 | Fatchur Sag

    Review Suzuki Jimny AT (Two Tone) 2019

    Mobil tipe jeep atau off road identik dengan jalanan tanah, bebatuan atau kubangan lumpur. Seperti halnya Suzuki Jimny 2019, mobil ini bisa jadi pilihan yang pas untuk Anda gunakan di jalanan off road. Mobil ini memiliki tampilan yang cukup imut dibandingkan jeep pada umumnya, namun dari segi ketangguhan tak perlu diragukan. Simak review Jimny AT (Two Tone) 2019 yang merupakan varian tetinggi Jimny berikut!

  • 24/07/2019 | Fatchur Sag

    Review Suzuki Karimun Wagon R 2019

    Suzuki Karimun Wagon R 2019 adalah jalan masuk Suzuki di pasaran LCGC harga 100 jutaan. Untuk dapat unggul di pasaran, Suzuki Karimun Wagon R 2019 menawarkan mesin yang hemat bahan bakar, interior yang modern dan kenyamanan yang bisa menyaingi mobil lawan lainnya.