Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

24/08/2019 | Abdul

1. PENGANTAR NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Review Nissan Navara Dakar 2019 - Nissan Navara telah lama dikenal sebagai kendaraan multifungsi yang memiliki ketangguhan tenaga yang luar biasa. Mobil yang didesain untuk kebutuhan berat dan medan ekstrem ini tentunya akan membawa nuansa baru dalam line up Nissan Navara 2019 ini yang sebelumnya telah diawali dengan seri Dark Sky yang mengusung warna hitam yang elegan. Versi Dakar 2019 ini patut dinantikan dengan konsep Red Line –nya karena membawa perubahan baru yang membuat truk pabrikan Jepang ini tampil lebih garang dan sporty. Nah, perubahan ini tentu dinantikan Sobat semua yang memiliki jiwa petualang yang tinggi. Seperti apa kemungkinan perubahan yang ditawarkan? Mari kita ulas satu per satu.

2. EKSTERIOR NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Eksterior Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Navara Dakar 2019

Mobil Nissan Navara Dakar digunakan untuk keperluan Rally

Bagian eksterior tentunya menjadi salah satu bagian yang mendapat perubahan cukup signifikan. Berbeda dari versi Navara 2019 sebelumnya, Nissan Navara Dakar 2019 tentunya akan tampak lebih berwarna dan sporty. Selain sejumlah logo sponsor yang akan dipajang di seluruh bagian eksterior mobil ini, Navara Dakar juga akan berubah warna dasar menjadi putih dengan facelift yang didominasi garis merah.

Dari depan kendaraan yang satu ini sepintas mirip desain mobil SUV yang banyak Sobat temukan akhir-akhir ini. Kendati demikian, Grill radiator besar yang nampak garang dan sporty dengan konsen Half V shape ini memberikan kesan yang kuat serta kokoh. Unit lampu utama yang menjadi satu dengan lampu sein juga tampak besar dan menonjol. Lampu kabut yang tersemat pada area bumper depan yang besar membuat mobil yang satu ini menjadi penggoda bagi Sobat yang suka berpetualang. List merah di antara grill dan bumper memberikan kesan maskulin pada warna putih yang menjadi dasar warna mobil ini.

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Eksterior samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Nissan Navara Dakar 2019

Beberapa modifikasi ekstrim dilakukan untuk keperluan Rally

Dari samping, Nissan Navara Dakar 2019 tampak khas dengan 2 unit kabin utama, serta sebuah kabin terbuka di bagian belakang. Unit utama bagian depan didominasi warna putih dengan logo sponsor seperti BF Goodrich, Motul, Dragon Energy Drinks, OMP, Fuel Up tersemat di pintu mobil ini. Spion mobil ini juga diberi warna putih yang tampak kokoh dan menawan berbaur dengan body mobil. Di bagian unit tengah, garis biru dan merah yang tebal dengan desain melintang disematkan pada bagian atas dan bawahnya. Sementara logo sponsor dibuat sejajar dengan garis tersebut dengan warna yang sama.

Di bagian bak belakang, warna hitam dan merah mengapit warna putih yang menyambun dari unit tengah. Belum lagi kaki-kaki yang tampak lebih tinggi dan kokoh bila dibandingkan versi lainnya. Untuk on the road Indonesia, kemungkinan velg 16 inchi dengan ban 255/70 akan tetap dipertahankan.  Dengan panjang 5255mm, mobil ini tampak begitu besar dan gagah.

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Eksterior Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Nissan Navara Dakar 2019

Tampilan gagah kekar dan sangat menarik

Dari belakang mobil ini tidak terlalu banyak hal mengesankan. Desainnya yang simpel namun tetap garang menjadi hal yang layak anda pertimbangkan. Penutup kabin belakang diberi aksen lanjutan biru-putih-merah dari bagian unit bak sehingga tampak menyatu. Sementara lampu utama belakang berukuran tidak terlalu besar, namun terlihat kokoh dan kuat. Kesan maskulin begitu kuat dengan tambahan bumper belakang yang dinominasi warna krom dengan ukuran yang cukup besar.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Interior Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Nissan Navara Dakar 2019

Beberapa ubahan dilakukan pada interior untuk mendukung kebutuhan Rally

Untuk bagian interior Nissan Navara Dakar 2019 sepertinya tidak akan mengalami banyak perubahan dibandingan versi Navara 2019 lainnya. Dashboard mobil ini memiliki desain yang simple namun elegan. Untuk memantau kondisi mobil, pengemudi dapat memanfaatkan fitur Fine Vision Meter pada panel yang mengapit Speedometer dan Torsi Meter.  Panel unit utama di bagian tengah dashboard dengan panel LED dapat dimanfaatkan sebagai pusat media hiburan . Warna hitam yang mendominasi dashboard senada dengan warna bagian kabin yang terbuat dari material high Grains yang memiliki kualitas tinggi.

Kemudi dengan model talang 3 khas Nissan masih menjadi pilihan untuk setir mobil ini. Dengan balutan kulit warna hitam yang garang, serta logo Nissan di bagian tengah yang cukup lebar membuat kendali mobil ini semakin nyaman.  Sementara pada  talang kanan dan kiri, terdapat cruise control yang memungkinkan anda melakukan pengaturan panel LED utama dengan lebih mudah. Nissan Navara Dakar 2019 juga tentunya akan membawa sistem keyless dengan Push Button Ignition-nya.

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Interior Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan 2 pengemudi sedang berada di dalam mobil Nissan Navara Dakar 2019

Untuk ruang interior masih cukup lega untuk 2 orang

Untuk penumpang, Navara Dakar 2019 menyediakan 2 baris jok di bagian depan dan tengah. Kabin utama ini mampu menampung 4 orang penumpang plus 1 pengendara. Kenyamanan tetap menjadi prioritas utama dari mobil yang satu ini. Meskipun belum dilapisi material kulit, jok mobil ini tetap nyaman diduduki selama perjalanan. Belum lagi ruang untuk kaki dan kepala yang cukup luas sehingga Sobat dapat menemukan sendiri posisi duduk yang nyaman.

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Bagian Bagasi

Sebagai kendaraan truk 4x4, tidak lengkap bila tidak membahas bagian bagasinya. Bagasi dengan model pick up terbuka di bagian belakang mobil ini menjadi salah satu kekhasan mobil ini dengan dua tiang penyangga di kedua sisinya. Karena diperuntukan untuk Sobat yang suka berpetualang, bagasi mobil ini cukup luas untuk menampung berbagai barang bawaan Sobat selama bereksplorasi. Ditambah lagi  bagian atas yang terbuka juga bisa ditabahkan pelindung agar tidak tembus air.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Fitur Keselamatan

Setangguh apapun mobil tentu membutuhkan sistem keselamatan yang membuat Sobat merasa aman jikalau terjadi benturan atau kecelakaan. Nissan Navara Dakar 2019 disematkan  dual front Airbag . Sementara untuk keamanan pengereman, fitur ABS, EBD, BA, dan Active Brake Limited Slip tertanam dalam mobil ini. Masih ada sistem Vehicle Dynamic Control, HSA, HDC, dan Traction Control System yang membantu Sobat mengendalikan kestabilan mobil di berbagai medan.

Gambar ini menunjukkan fitur di dalam mobil Nissan Navara Dakar 2019

Beberapa fitur pendukung diberikan di dalamnya untuk kebutuhan Rally

Review Nissan Navara Dakar 2019 : Fitur Hiburan

Karena peruntukanya sebagai mobil jelasah, mobil yang satu ini tidak banyak menanamkan kebutuhan hiburan. Untuk fitur hiburan, Nissan Navara Dakar 2019 menawarkan High Fidelity Audio dengan 6 speaker pada sistem audio 2 DIN yang memberikan performa audio yang menawan. AC mobil ini juga memiliki sistem Dual Zone Control  yang dapat Sobat atur dari kursi penumpang.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. OPERASI NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Navara Dakar 2019

Mesin tangguh sudah tidak sama dengan standarnya

Tidak banyak perubahan di dalam mesin mobil ini bila dibandingkan dengan seri Navara 2019 lainnya yang telah ada di Indonesia. Jika ingin mengikuti modifikasi yang dilakukan untuk kepentingan Rally Dakar yang sesungguhnya yakni mesin VK50 V8 dengan kemampuan 390 tenaga kuda dan torsi 500 NM, tentu saja harga yang ditawarkan untuk mobil ini akan melambung sangat tinggi. Kendati masih membawa mesin YD25DDTi dengan kapasitas 2.5 liter Nissan Navara Dakar 2019 akan tetap gahar untuk penjelajahan Sobat.

>>> Review Dan Test Drive Nissan Terra 2.5VL 2018, Spesifikasi dan harganya

6. SPESIFIKASI NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Berikut sedikit spesifikasi Nissan Navara Dakar 2019:

MESIN

Tipe

VK50 V8 engines

Kapasitas Tangki

480 liters

Tenaga Maksimal

390 hp

Torsi Maksimal

500 Nm

Gearbox

Sadev 6 speed sequential

Management system

Motec M1

SUSPENSI

Suspensi

Double wishbone front and rear live/solid axle

Wheel & Tires

16 x 7 Evo Corse & BFGoodrich

Shock Absorbers

Reiger/Donerre

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN NAVARA DAKAR 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan lebih sporty dan menawan

Tidak dijual di pasaran karena untuk balap Rally

Eksterior lebih keren karena untuk balap Rally

Tidak dijual umum

8. DAFTAR HARGA NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Berkaitan dengan harga Nissan Navara Dakar 2019 tentunya akan sangat mahal. Mengingat mobil ini digunakan untuk keperluan balap. Dalam halaman Facebook yang bernama Red-Lined Motoring Adventure, harganya sekitar €220.000 dan jika dirupiahkan maka angkanya mencapai 3,5 miliar.

9. VIDEO NISSAN NAVARA DAKAR 2019

10. KESIMPULAN NISSAN NAVARA DAKAR 2019

Mobil Nissan Navara Dakar 2019 merupakan sebuah hasil modifikasi yang digunakan untuk balapan Rally. Nissan Navara sendiri merupakan kendaraan double kabin yang bisa digunakan untuk menerjang jalanan off road. Jadi bagi sobat yang ingin berpetualang dengan membawa barang cukup banyak bisa membeli Nissan Navara.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 23/08/2019 | Fatchur Sag

    Review Nissan Navara 2.5 VL AT 2019

    Nissan Navara 2.5 VL AT 2019 menjadi salah satu mobil off-road pick up andalan Nissan yang diklaim memberikan sensasi mulus selayaknya sedan di jalan aspal. Lantas apa saja kelebihan mobil ini? Simak ulasannya berikut!

  • 20/09/2017 | Mobilmo.com

    Spesifikasi Dan Harga Nissan Navara 2016, Mobil Off Road Irit BBM

    Nissan Navara merupakan mobil segmen truck up double cabin yang dibekali dengan mesin diesel berteknologi Turbo Intercooler sehingga memiliki performa yang handal, bertenaga, dan cocok digunakan untuk melibas semua Medan, baik jalanan aspal maupun Medan Off- road atau Medan terjal. Seperti para kompetitornya di segmen Pick up Double cabin, Nissan Navara juga memiliki tampilan desain yang cukup gahar.

  • 21/06/2019 | Abdul

    Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Mumpuni Di Kelasnya

    Nissan merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke seluruh negara, salah satunya adalah Indonesia. Namun akhir-akhir ini terbilang banyak yang kecewa karena banyak model terbaru tidak dipasarkan di indonesia. Padahal dari Nissan Global tersebut memiliki desain yang keren dan dinamis. Untuk menghilangkan rasa jenuh dan lainnya, mari sebaiknya kita simak review Nissan Qashqai 2019.