Review New Honda Mobilio S MT 2019

04/10/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Meski menghadirkan varian RS sebagai varian tertinggi, PT Honda Prospect Motor (HPM) cukup peka terhadap kemauan konsumen yang menginginkan Honda Mobilio dengan harga yang terjangkau. Adalah varian S yang turut diluncurkan bebarengan dengan peluncuran Mobilio facelift pada 21 Februari 2019.

Mobil ini dibekali transmisi manual dan dijual dengan harga di bawah Rp 200 juta mobil ini paling masuk akal untuk dipilih. Namun jangan salah, meski New Honda Mobilio S MT 2019 merupakan varian terendah, mobil ini menawarkan kesenangan berkendara yang tak boleh diragukan. Bahkan jika diadu dengan model kompetitor yang sama-sama varian terendah, mobil ini paling layak dipertimbangkan.

Masih simak bareng-bareng apa yang ditawarkan HPM pada New Honda Mobilio S MT 2019 ini!

2. EKSTERIOR NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Overall desain ekserior New Honda Mobilio S MT 2019 tidak jauh berbeda dengan varian di atasnya. Hanya saja karena mobil ini merupakan varian terendah, ada beberapa detail yang menjadikannya berbeda.

Eksterior New Honda Mobilio S MT 2019 : Bagian Depan

Foto menunjukkan bagian depan New Honda Mobilio S MT 2019

Varian terendah pun tetap sporty

Ada empat poin besar yang membedakan tampilan depan New Honda Mobilio S MT 2019 dengan varian E dan RS, yaitu tidak ada fog lamp, lampu utama halogen, tidak ada under spoiler dan desain grill yang unik. Untuk yang terakhir ini menarik, desain grill terbelah di bagian sisi kiri dan kanan serta lancip di ujung membuat tampilannya terkesan lebih garang. Beda dengan grill pada varian E dan RS yang lebih menonjol sisi elegannya.

Eksterior New Honda Mobilio S MT 2019 : Bagian Samping

Foto New Honda Mobilio S MT 2019 dari arah samping

Dari samping terlihat jelas dimensi New Honda Mobilio S MT 2019 yang lebih rendah dibanding model sekelas

Membedakan tampilan samping New Honda Mobilio S MT 2019 dengan varian di atasnya sangat-sangat mudah.

Pertama; tampilan bagian bawah bodi polos, tidak ada side skirt yang memanjang dari depan ke belakang seperti halnya varian E dan RS.

Kedua; handel pintu warna hitam doff, beda dengan varian di atasnya yang dibuat sewarna bodi.

Ketiga; pilar B dibuat sewarna bodi, beda dengan varian di atasnya yang dibuat black out. Poin ketiga ini yang paling mencolok dan paling terlihat.

Di bagian samping pula terlihat spion sewarna bodi yang dikombinasi dengan warna hitam doff. Di tengahnya ada lekukan namun kosong. Di varian teringgi yaitu RS, lekukan ini digunakan untuk tambahan lampu belok atau sein.

Yang cukup menyenangkan juga dari tampilan samping New Honda Mobilio S MT 2019 adalah bagian rodanya yang menggunakan velg Alloy dua tone. Tidak seperti umumnya mobil varian terendah yang menggunakan velg kaleng.

Eksterior New Honda Mobilio S MT 2019 : Bagian Belakang

Foto New Honda Mobilio S MT 2019 dari belakang

Bagian belakang New Honda Mobilio S MT 2019 tida ada garnis krom

Beralih ke bagian belakang, tampilannya benar-benar sederhana dan tanpa garnis chrome sama sekali. Tidak ada fog lamp. Warna merah di sisi kiri kanan bumper hanya reflektor yang memantulkan cahaya dari sorot kendaraan di belakang, tidak menyala sendiri. Tidak ada kamera belakang karena fitur ini hanya tersedia di varian RS atau varian tertinggi.

Sedikit naik ke atas sudah ada wiper di jendela belakang, namun tidak ada spoiler sporty seperti varian RS juga tidak ada spoiler di bagian bumper. Sedangkan untuk antenna masih menggunakan Micro Antenna dan belum Shark Fin.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Bagian eksterior sudah dibahas. Overall masih menarik meski beberapa detail harus ditiadakan demi menekan harga. Sekarang beralih ke bagian interior, apa yang menarik dari New Honda Mobilio S MT 2019 ini.

Interior dari New Honda Mobilio S MT 2019 : Kabin

Foto Kabin New Honda Mobilio S MT 2019

Interior New Honda Mobilio S MT 2019 menggunakan warna full black

Hal yang langsung terasa berbeda adalah pilihan warna interior pada kabin secara keseluruhan. Pada model lain, Anda akan mendapatkan kombinasi beberapa warna pada kabin. Tapi untuk New Honda Mobilio S MT 2019 ini, Anda hanya mendapatkan satu warna seragam yaitu hitam. Mulai dari dashboard, setir, trim pintu hingga seluruh kursi semuanya hitam.

Namun ini tidak masalah karena dari sisi kenyamanan penggunaan warna tidak begitu berpengaruh.

Interior dari New Honda Mobilio S MT 2019 : Dashboard dan Setir

Warna single tone pada kabin juga terlihat pada dashboard-nya. Berbeda dengan warp yang ada pada kabin, dashboard ini terbuat dari plastik keras yang umum ditemukan di banyak mobil murah. Hal ini tentu sungguh disayangkan karena penggunaan material ini makin memberikan kesan murah pada mobil yang harganya memang sudah murah.

Foto Setir  New Honda Mobilio S MT 2019

Setir New Honda Mobilio S MT 2019 polos tanpa tombol fitur

Untuk setir menggunakan tiga palang tanpa ada penambahan tombol volume, switch audio atau tombol jawab telepon. Meski demikian setir sudah dilengkapi pengaturan naik turun atau Tilt dan ada airbags sebagai fitur keselamatan standar.

Interior dari New Honda Mobilio S MT 2019 : Kursi

New Honda Mobilio S MT 2019 memiliki kapasitas penumpang 7 orang dengan konfigurasi kursi 2:3:2. Semua kursi berwarna hitam dan terbuat dari bahan fabric. Kursi baris pertama bisa reclining dan slidding, baris kedua hanya reclining tanpa slidding.

Sementara untuk kursi baris ketiga didesain menampung 2 penumpang dengan pembagian 50:50 yang bisa dilipat untuk menambah luas ruang bagasi.

>>> Baca juga:

4. FITUR NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

New Honda Mobilio S MT 2019 memiliki kelebihan dari segi harga dan value yang diberikan. Jadi bagi Anda yang hanya ingin berkendara aman, nyaman tanpa banyak tambahan yang macam–macam, fitur yang ditawarkan mobil ini pasti sudah terasa cukup. Apa saja yang tersedia?

Fitur New Honda Mobilio S MT 2019 : Fitur Keselamatan

Foto Audio New Honda Mobilio S MT 2019

New Honda Mobilio S MT 2019 tidak dilengkapi head unit layar sentuh

Untuk fitur keselamatan, mobil ini hanya menggunakan system yang standar non digital. Hal seperti air bag, sabuk pengaman hinga baris ketiga, ISOFIX, sistem rem ABS dan EBD tentunya pasti ada.

Untuk fitur keselamatan yang lain seperti sistem pembantu parkir, sensor pendeteksi pejalan kaki dan kamera belakang tidak ada. Begitu pula dengan fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) juga tidak ada.

Fitur New Honda Mobilio S MT 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Fitur kenyamanan pada mobil ini juga tergolong minim. Hal yang paling mencolok pada sistem keamanan adalah AC dan juga pengaturan kursi. Walaupun begitu, bagi Anda yang tidak suka fitur – aneh – aneh yang membuat harga melambung, hal ini tentu sudah cukup.

Untuk hiburan, Anda hanya akan mendapatkan sistem audio 2 DIN tanpa layar sentuh. Mobil ini menggunakan alat audio standar tapi dengan port koneksi yang cukup lengkap. Port dalam bentuk USB, AM/FM Radio, AUX-In, CD-Player, Bluetooth, serta Hands-Free Telephone bisa dijadikan input untuk memutar musik pada mobil ini. Kualitas suara juga cukup baik dengan speaker di empat sisi mobil.

>>> Ini Tanggapan Honda Terkait Armada Taksi Mobilio Mau Diganti Xpander

5. OPERASI NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Nah, hal yang paling baik dari mobil ini terletak dari feel operasinya. Walaupun dari segi penampilan dan fitur tergolong biasa saja dibandingkan dengan teman – temannya, mobil ini ternyata cukup fun untuk digunakan.

Transmisi manual 5 percepatan-nya memberikan tenaga cukup besar pada mobil ini saat dipacu. Feel dari transmisi juga responsive dengan pedal kopling yang enteng. Jika menggunakan roda khusus, dapat dipastikan Anda bisa drift dengan mudah menggunakan system ini.

Foto Mesin New Honda Mobilio S MT 2019

Mesin Honda Mobilio terkenal paling bertenaga di kelasnya

Karena memiliki mesin yang sama dengan model lainnya, Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan pengalaman berkendara yang signifikan saat mengambil model ini. Mesin L15 dengan single piston yang dilayani dua katup berukuran 28 mm intake dan 23 mm exhaust ini tentu cukup memadai. Mesin ini bahkan beroperasi dengan kombinasi teknologi i-VTEC yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien tapi output tetap terasa mantap.

Saat berada di tikungan, grip dan kendali setir terasa nyaman dan terkendali. Hal ini karena kombinasi system steering khas Honda dengan braking system yang membuat setiap roda berperan dalam menggerakan mobil di tikungan. Anda tentu wajib mencoba test drive mobil ini untuk merasakan kesenangan mengendarai mobil ini.

>>> Ulasan Tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

6. SPESIFIKASI NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

 

DIMENSI

Panjang

4386 mm

Lebar

1683 mm

Tinggi

1603 mm

Jarak sumbu roda

2650 mm

Ground Clearance

189 mm

Kapasitas tangki

42 liter

MESIN

Tipe

1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

Kapasitas silinder

1496 cc

Tenaga maksimum

118 PS @ 6.600 rpm

Torsi maksimum

145 Nm @ 4.600 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

PGM-FI (Fuel Injection)

Transmisi

Manual 5 percepatan

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Penggerak roda depan / Front Drive (FWD)

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

185/65R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Kelebihan Kekurangan
Sangat menyenangkan untuk dikendarai Tidak punya wana pilihan lain untuk interior selain hitam
Harga paling terjangkau Fitur banyak tertinggal
Mesin paling bertenaga di kelasnya Material dashboard terkesan murahan
Desain oke  
Irit BBM  

8. DAFTAR HARGA NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Foto Honda Mobilio S MT 2019 bersama seorang model

Tetap tampil cantik meski varian terendah

New Honda Mobilio S MT adalah varian terendah Honda Mobilio yang dijual di Indonesia. Oleh PT Honda Prospect Motor (TAM) mobil ini dijual dengan harga Rp 198.700.000 On The Road DKI Jakarta (September 2019). Untuk wilayah dan waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda atau lebih mahal.

9. VIDEO NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

10. KESIMPULAN NEW HONDA MOBILIO S MT 2019

Dari informasi di atas, tentunya Anda bisa menimbang sendiri apakah mobil ini cocok untuk Anda. Dalam pandangan kami, kalau Anda tidak terlalu peduli akan masalah fitur modern dan hanya peduli pada pengalaman berkendara, New Honda Mobilio S MT 2019 adalah pilihan pas untuk Anda.

Tapi kalau sebaliknya, Anda mungkin perlu beberapa menambah budget beberapa juta rupiah lagi untuk mendapatkan mobil yang Anda inginkan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    16/11/2019| Arfian Alamsyah

    Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    Tampangnya memang bukan selera semua orang, Bahkan ia kalah sporty dari rivalnya All New Toyota Yaris 2020. Lantas, apakah Honda Jazz ini layak disebut sebagai generasi Jazz terbaik?

  • Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    17/10/2019| Abdul

    Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    Kesuksesan yang dituai Honda Brio pada 2012 silam mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda Brio Satya pada 2013. Lain dari versi pendahulunya, kendaraan tersebut adalah versi LCGC (Low Cost Green Car) dari city car tersebut. Nah Untuk kali ini kami akan membahas spesifikasi Honda Brio 2015, mari kita simak.

  • Review New Honda Mobilio S MT 2019

    04/10/2019| Fatchur Sag

    Review New Honda Mobilio S MT 2019

    Jika Anda ingin kendaraan dengan value tinggi tapi terjangkau, Anda tentu bisa memilih New Honda Mobilio S MT 2019. Walaupun pada versi kendaraan ini ada model RS yang lebih premium, versi S dengan transmisi manual ini tentu tidak kalah dalam memberikan kenyamanan berkendara. Jika Anda masih ragu tentang mobil ini, mari bahas bersama!.

International