Toyota Calya Disegarkan, Ini Bagian Yang Berubah

17/09/2019 | Fatchur Sag

Tiga tahun sejak pertama diluncurkan, Toyota Calya resmi akhirnya mendapat penyegara. PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) ini dengan pembaruan di beberapa bagian, baik eksterior maupun interior. Meski tidak sampai masuk ke sektor mesin penyegaran yang diusung membuat tampilan Calya makin agresif, makin modern dan makin menggoda.

TAM sepertinya tidak ingin memberi kesan murahan untuk mobil andalannya itu meski statusnya adalah LCGC yang bisa membuat pengendara kurang percaya diri. Mari kita lihat di bagian mana saja yang berubah!

Eksterior

Foto menunjukkan tampilan baru Toyota Calya 2019

Tampilan baru Toyota Calya lebih menggoda

Perubahan paling mencolok dan langsung terlihat ada di bagian depannya yang kalau diperhatikan ada kemiripan dengan tampilan New Avanza 2019. Griilnya membentuk huruf U, bagian luar bumper dibuat lekuk bersudut untuk ruang fog lamp dan bezelnya. Untuk lampu utama sudah menggunakan LED di semua tipe. Dan khusus untuk tipe G spion sudah retractable atau bisa dilipat secara elektrik dari dalam.

Di bagian belakang ubahan ada pada garnish krom di atas dudukan plat nomor. Kini dibuat memanjang hingga memenuhi sisi kiri kan dan menggunakan warna dark crome mengkilap. Beda dengan model sebelumnya yang lebih pendek dan warnanya krom biasa.

Interior

Ada nuansa baru pada interior Toyota Calya facelift ini yang lebih prestige dan berbeda dari versi sebelumnya, yaitu sentuhan warna dark brown yang begitu mendominasi. Mulai dashboard, trim pintu hingga jok di tiap barisnya. Dan khusus untuk tipe G atau tipe tertinggi, TAM melengkapi dengan seat back pocket untuk kursi baris depan dan kotak penyimpanan di bawah kusi penumpang depan.

>>> Mantap, Sudah Ratusan Ribu Unit Toyota Yaris Asal Indonesia Dipake Orang Bule

Foto kursi baris depan Toyota Calya facelift 2019 - Tipe G AT yang sudah dilengkapi seat back pocket

Ada tambahan seat back pocket pada Toyota Calya facelift

Lalu untuk kenyamanan tipe G juga mendapat tambahan fitur baru seperti New Touchscreen Head Unit, New Audio Steering Switch, New Under Seat Compartment Tray, serta Front Console Box.

Seperti disebut di atas ubahan pada Toyota Calya facelift 2019 ini tidak menyasar di sektor mesin. TAM masih mempercayakannya pada mesin 3NR berkubikasi 1.197 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 88 Ps dan torsi sebesar 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan segala pembaruan yang ada, Anda tidak perlu khawatir harganya bakal naik drastis. Toyota hanya menaikkan harga paling mahal Rp 2 juta, yaitu untuk tipe G dari sebelumnya Rp 144.400.000 menjadi Rp 146.400.000 untuk yang transmisi manual dan dari sebelumnya Rp 156.400.000 menjadi Rp 158.400.000 untuk yang transmisi otomatis. Untuk tipe di bawahnya sudah pasti lebih murah lagi.

>>> Cetak SDM Berkualitas, 63 Siswa Lulus Dari Toyota Indonesia Academy

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik