Review Mitsubishi Triton 2019

15/11/2018 Arfian Alamsyah Review Mitsubishi

Kalau boleh jujur sebenarnya kami tidak terlalu terkejut dengan tampilannya, maklum saja, salah satu ‘mata-mata’ kami sudah melihat siluet mobil ini. Dan seperti yang banyak diduga, tampang khas Mitsubishi Xpander begitu mendominasi. Kini, mobil dual cabin andalan Mitsubishi ini telah meluncur di Bangkok, Thailand. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini?

1. PENGANTAR MITSUBISHI TRITON 2019

Review Mitsubishi Triton 2019 - Terhitung 40 tahun sudah kiprah Mitsubishi Triton di dunia otomotif internasional. Kendaraan andalan Mitsubishi Motors ini memang dirancang untuk dapat melahap segala medan, mau berdebu, kerikil, atau lainnya. Well, model pertamanya disebut Mitsubishi FORTE, mobil ini memiliki kemampuan mengangkut seberat 1 ton. Produk kelahiran 1978 ini telah diekspor ke beberapa negara besar seperti ke Amerika Utara yang kemudian berubah nama menjadi ‘Mitsubishi Truck’ atau yang dikenal ‘L200’.

Gambar mobil Mitsubishi Triton 2019 Full Aksesoris

Mitsubishi Triton 2019 melanjutkan suksesi keberhasilan L200 dimasa lalu

Indonesia sendiri pernah merasakan L200 ini, dengan nama Mitsubishi L200 Strada, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Mitsubishi Triton saja. Perubahan demi perubahan terus dilakukan hingga akhirnya merilis generasi keenam pada hari Jum’at minggu lalu (9/11) di Bangkok, Thailand. Anda sebagai penggila dual cabin seharusnya legowo dan tidak perlu kecewa, karena seperti yang kita tahu, pasar dual cabin terbesar adalah negara Thailand baru kemudian menyusul Indonesia. Dan, negara tercinta kita ini pun dipastikan akan segera merilis generasi terbaru Triton dalam waktu dekat ini menyusul selebrasi di Thailand sana. Inilah review Mitsubishi Triton 2019 hanya untuk Anda dari Mobilmo.com

2. EKSTERIOR MITSUBISHI TRITON 2019

Sebelum acara peluncurannya di Thailand minggu lalu, Mitsubishi Indonesia pun lewat kerap kali merilis foto Teaser dari bentuk eksterior Mitsubishi Triton 2019. Sercara umum mobil ini dikemas dengan tema ‘Engineered Beyond Tough’, sebuah jargon yang  menyiratkan perubahan di beberapa sisinya yang dibuktikan lewat desain Dynamic Shield Concept.

Review Mitsubishi Triton 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan mobil Mitsubishi Triton 2019 berwarna silver

Tampilan depannya Xpander banget ya?

Tentunya tidak salah jika kami menyebutnya mirip Mitsubishi Xpander. Tatanan desain Dynamic Shield Concept pada muks depan menjadi alasan utamanya. Grille depan dibalut aksen krom lebih tebal yang menyatu dengan kedua buah lampu Bi-Functional LED Projector didukung Daytime Running Lights (DRL). Lampu tersebut juga diposisikan lebih tinggi yang nampak sejajar dengan ruas bonnet sehingga dapat memberi fungsi penerangan lebih jauh. Refletor pada lampu kabut juga dirancang serupa.

Gambar mobil Mitsubishi Triton 2019 sedang beraksi

Desain ini diklaim menambah kapabilitas Mitsubishi Triton 2019 di medan off-road

Mitsubishi sendiri mengklaim bahwa rancangan tersebut mampu membuat Triton melaju di medan banjir dengan lebih minim hambatan. Bahkan, di bagian bumper bawah juga disematkan Front Under Guard untuk menahan benturan ketika berkendara di medan terjal sekalipun. Jujur, kami cukup menyukai desain ini, seakan sukses menyiratkan kesan maskulin dan kokoh sebagai Pick-Up berkapabilitas Off-Road.

Review Mitsubishi Triton 2019: Eksterior Samping

Gambar bagian samping mobil Mitsubishi Triton 2019

Tampak samping begitu berotot dan berkarakter

Bodi sampingnya mendapat beberapa guratan tegas yang bisa diamati pada sisi samping bak dan Bonnet. Tak mirip Xpander yang dirancang berotot, Triton lebih menegaskan esensi maskulin dengan cara yang berbeda. Di sisi lain, kaca spion juga dibekali kesan mewah dengan perpaduan krom dan warna hitam. Sedangkan untuk ukuran bannya, generasai terbaru Triton menggunakan ban Bridgestone Dueler dengan ukuran lebar 265 tebal 60 dan ring 18 khusus pada varian Double Cab 4 Wheel Drive (4WD).

Review Mitsubishi Triton 2019: Eksterior Belakang

Bagian belakang mobil Mitsubishi Triton 2019

Desain lampu belakang dan bak Mitsubishi Triton 2019 memberi karakter tersendiri di mobil ini

Tinggi dan lebar pada lampu belakang dibuat sejajar dengan bak-nya sehingga mampu memberi visual akan kedalaman dan ketinggian bak bagi setiap mereka yang mengamatinya. Lebih daripada itu, lampu belakangnya juga sudah dibekali Distinctive Signature yang mampu memberi esensi karismatik tersendiri bagi Triton.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MITSUBISHI TRITON 2019

Gagah dan modern dari sisi luar, berbeda halnya dengan interornya yang dirancang lebih elegan dan ergonomis. Seakan mengikuti tren pasar akhir-akhir ini, Mitsubishi mengubah warna hitam dan abu-abu pada model sebelumnya menjadi warna Monotone-Color yang memberi kesan lebih sporty.

Review Mitsubishi Triton 2019: Dashboard

Dashboardnya dikemas dengan desain Dynamic Wing-Section yang tergambar tegas mirip tatanan sayap. Selain memberi atmoser kabin lebih lega, dashboardnya juga dikemas dengan kombinasi aksen Silver dan bantalan lembut di beberapa sisinya.

Gambar layout dasbor Mitsubishi Triton 2019

Interiornya kini semakin modern dan berkelas serta berkualitas tinggi

Fitur Blower dan Console tengah dibekali latar Metallic, memperkuat kesan dinamis dan berkualitas bagi seluruh penumpang dalam kabin. Hiburan menarik juga sudah disajikan dari DVD Audio System berukuran 6,1 inci yang sudah didukung format modern sekelas DVD, HDMI dan AUX.

Review Mitsubishi Triton 2019: Setir

Beranjak ke sisi setir, tampilannya sangat ikonik khas Mitsubishi yang menerapkan desain empat palang. Tak lupa, aksen Silver juga menghiasi sisi setirnya terutama pada kedua sisi sampingnya. Selain itu, tersedia beberapa tombol multifungsi diantaranya pengaturan audio, konektivitas dan pengaturan Multi Informasi Display (MID).

Gambar bagian setir Mitsubishi Triton 2019

Setir ini nyaman digenggam oleh tangan, dan bikin jari betah

Setir ini serupa dengan kepunyaan Mitsubishi Pajero Sport, dan jika Anda perhatikan desain palang atawa spoke dari setir ini senada dengan desain bumper serta grill depan mobil. Sebuah sentuhan yang sederhana namun sangat berkesan dan terasa mewah.  

Review Mitsubishi Triton 2019: Kursi

Memang sudah dari awal, Mitsubishi membuat Triton untuk tampil nyaman di segala lini kebutuhan baik diajak kekantor, ketemu klien untuk keperluan bisnis maupun kebutuhan sehari-hari. Selain membuat performanya tampil mumpuni di arena Off-Road, Triton juga dikemas dengan kenyamanan kabin istimewa. Bahkan, Triton dirancang dengan tiga varian unggulan yakni Single Cab (dua kursi), Club Cab (dua kursi dan bagasi kecil) serta Double Cab (empat kursi dewasa + satu anak). Tak lain, pilihan tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Gambar menunjukkan Layout kursi Mitsubishi Triton 2019

Layout kursi Mitsubishi Triton 2019

Di sisi lain, perubahan paling baru adalah hadirnya USB Socket pada bangku belakang. Fitur satu ini memang lagi tren di beberapa mobil modern yang memiliki fungsi untuk mengisi daya Handphone Anda dan penumpang. Untuk generasi Triton, tersedia dua buah USB Socket yakni di Center Panel dan Floor Console.

Review Mitsubishi Triton 2019: Kapasitas Bak

Dari hadirnya ketiga varian tersebut, bukan saja berdampak pada lini kursi namun juga kapasitas bak. Bagi Anda yang ingin daya angkut lebih besar, varian Single Cab mampu menjawab kebutuhan tersebut. Dengan kapasitas bak berdimensi panjang 2.265 mm, Anda sudah bisa mengangkut muatan lebih banyak daripada varian lainnya. Namun menjadi catatan, varian Single Cab hanya mampu menampung dua orang saja pada kabinnya.

Gambar  ilustrasi kapasitas bak Mitsubishi Triton 2019

Bak yang luas mampu memberikan kapabilitas membawa barang yang banyak

Untuk varian Double Cab yang dibahas kali ini, memiliki tatanan kabin yang paling luas dengan daya tampung hingga lima orang sekaligus. Hal tersebut tentu saja berdampak pada panjang bak-nya yang lebih pendek di angka 1.520 mm. Jika Anda ingin berkeliling bersama keluarga serta memiliki daya angkut cukupan, varian Double Cab menjadi rekomendasi terbaik dari kami.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI TRITON 2019

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Triton bukan hanya tampil nyaman dalam kabin tapi juga handal di arena Off-Road. Di segmen fitur Mitsubishi Triton 2019, hal tersebut akan terjawab dengan lengkap.

Review Mitsubishi Triton 2019: Fitur Keselamatan

Dengan ukuran bodi besar, Mitsubishi merancang Triton terbaru dengan radius putar minimum hingga 5,7 Meter (varian 2WD) dan 5,9 (varian 2WD Hi-Rider dan 4WD). Bahkan untuk menunjang kapabilitas Off-Road, Triton juga dirancang dengan Ground Clearance di angka 220 mm dipadu posisi lampu yang tinggi serta Front Under Guard yang sudah kita bahas di segmen eksterior depan.

Gambar menunjukkan bagian rangka Mitsubishi Triton 2019

Rangka belakang kini diperkuat pada beberapa titik strukturnya

Rangka bodinya sendiri menerapkan Chassis Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) yang diklaim mampu menyerap energi benturan ketika melewati medan terjal sehingga kualitas berkendara dapat meningkat. Bahkan rangka bodi ini juga dibuat untuk dapat memberi kesenyapan dalam kabin sehingga seluruh penumpang dapat mendengarkan musik lebih nyaman.

Gambar menunjukkan tombol pengatur fitur off-road pintar

Mau off-road? Tikan tekan tombol saja

Performa di segala medan terjawab sudah pada 4WD Triton. Tersedia empat mode pengaturan yang bisa Anda aktifkan meliputi esensi berkendara nyaman di jalan bergelombang (GRAVEL), performa mumpuni yang mengurangi potensi selip terutama di area berlumpur atau salju (MUD/SNOW), laju berkendara nyaman yang mengurangi traksi di medan berpasir (SAND) serta mode kestabilan mumpuni serta meningkatkan traksi ketika menanjak (ROCK).

Gambar menunjukkan ragam fitur di Mitsubishi Triton 2019

Ilustrasi ragam fitur 4WD yang ada di Mitsubishi Triton 2019

Sedangkan dari keselamatan aktif, generasi terbaru Triton juga menyajikan teknologi mumpuni yang memiliki fungsi seperti mengaktifkan notifikasi audio dan melakukan pengereman mendadak ketika sistem mendeteksi adanya pejalan kaki atau objek lain di depan (Forward Collision Mitigation), memantau titik buta dari pengendara yang umumnya terjadi ketika pengendara lain langsung menyerobot dari sisi belakang (Blind Spot Warning), notifikasi audio ketika sistem mendeteksi adanya objek di belakang kendaraan khususnya pada proses parkir (Rear Cross Traffic Alert) dan menyajikan tampilan di sekitar kendaraan dengan empat buah kamera yang ditampilkan pada panel Head Unit (Mutli Around Monitor).

Gambar menunjukkan ilustrasi fitur di mobil Mitsubishi Triton 2019

Fitur ini akan membuat Anda terhindar dari kejadian ditabrak kendaraan dibelakang Anda ketika mundur

>>> Mendesain Sendiri Kursi Mobil, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan

5. OPERASI MITSUBISHI TRITON 2019

Gambar bagian mesin berkode 4N15 di Mitsubishi Triton 2019

Mesin berkode 4N15 kini jadi jantung baru Mitsubishi Triton 2019 menggantikan mesin berkode 4D56

Untuk jantung pacunya, operasi mesin Mitsubishi Triton 2019 menggunakan mesin berkode 4N15 berkapasitas 2.4 Liter. Jika ditotal, mesinnya menggunakan kapasitas 2.442 cc yang cukup untuk mengeluarkan daya maksimum di angka 133 kW setara 3.500 Rpm. Tersedia dua pilihan transmisi nantinya yakni 6 tingkat percepatan otomatis Sport Mode dan 6 percepatan manual. Meski berbeda, namun keduanya mampu memberikan torsi puncak hingga 430 Nm pada putaran 2.500 Rpm.

Ilustrasi grafik tenaga berbanding torsi pada Mitsubishi Triton 2019

Grafik tenaga mesin 4N15 lebih baik dari mesin jaman dulu berkode 4D56

Menariknya lagi, Triton generasi baru sudah menerapkan konfigurasi MIVEC Clean Turbo Diesel dipadu Auto Stop & Go. Racikan tersebut mampu mematikan mesin diesel ketika sedang berada di posisi diam untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Mesin berkode 4N15 ini persis sama yang tersemat pada Mitsubishi Pajero Sport, pengalaman kami mencoba Mitsubishi Pajero Sport memang masih sedikit terasa turbo lag saat putaran mesin belum kuat memutar turbo.

>>> Do It Yourself : Membersihkan Komponen Mobil Dengan Baby Oil

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI TRITON 2019

Supaya Anda semakin mengenal segala hal tentangnya secara detail, berikut kami melampirkan spesifikasi Mitsubishi Triton 2019.

SPESIFIKASI MITSUBISHI TRITON 2019

Model

Double Cabin

Club Cabin

Single Cabin

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.300 mm x 1.815 mm x 1.795 mm

5.290 mm x 1.815 mm x 1.795 mm

5.175 mm x 1.815 mm x 1.780 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.515 mm

DIMENSI BAK

Panjang x Lebar x Tinggi

1.520 mm x 1.470 mm x 475 mm

1.850 mm x 1.470 mm x 475 mm

2.265 mm x 1.470 mm x 475 mm

MESIN

Tipe Mesin

4N15 2.4 Liter Turbocharger 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

2.442 cc

Daya Maksimum

133 kW / 3.500 Rpm

Torsi Maksimum

430 Nm / 2.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis Sport Mode / 6 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

Independent-Wishbone dengan Coil Springs

Suspensi Belakang

Regid dengan Elloptic Leaf Springs

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection (Commonrail)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

75 Liter

7. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MITSUBISHI TRITON 2019

Setelah mengetahui banyak hal tentangnya, Mobilmo.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Triton 2019.

 

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain semakin keren dan berpotensi jadi dual-cab terkeren diantara rivalnya

Belum dijual di Indonesia

Mesin baru, performa baru, kehematan baru

Desain bukan selera semua orang

Interior kini semakin modern dan mewah

Kenaikan harga diprediksi akan cukup jauh

8. HARGA MITSUBISHI TRITON 2019

Mobil ini belum ada harga resminya di Indonesia

9. VIDEO MITSUBISHI TRITON 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI TRITON 2019

Gambar mobil Mitsubishi Triton 2019 warna oranye

Mitsubishi Triton 2019 jadi dual-cab paling modis dan modern dibandingkan pesaing

So, this is car for you? Mobilmo.com cukup menyukai segala pembaruan ini khususnya pada teknologi serta fitur yang mendongkrak performanya di medan berat. Namun, agak disayangkan model satu ini memiliki rupa wajah dari Xpander. Seakan esensi ikonik dari Triton dari generasi keempat dan kelimanya hilang. Padahal dari tahun 2005 lalu, masyarakat internasional sudah sangat kenal akan karakter Triton dari wajahnya. Ya, meski bagaimana pun itulah kebijakan Mitsubishi yang akhirnya memilih memasang wajah Xpander pada Triton. Terlepas dari kekurangan tersebut, Triton sudah dibekali teknologi canggih serta kenyamanan kabin istimewa. Ubahan di beberapa sisinya terasa sukses memahami kebutuhan masyarakat masa kini.

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil lainnya dengan klik sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.