Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019

10/10/2018 Arfian Alamsyah Review Mitsubishi

Kami sebagai car enthusiast enggak habis pikir. Apa yang ada dibenak para insinyur Mitsubishi ketika mobil yang dulunya bermodel kupe saat ini malah dijadikan crossver? Lihat saja Mitsubishi Eclipse Cross. Yang dulunya digadang sebagai pengganti Mitsubishi Outlander Sport di tanah air. Meski produk ini belum masuk bahkan belum bisa dipastikan masuk ke Tanah Air. Mari kita simak review Mitsubishi Eclipse Cross 2019

1. PENGANTAR ECLIPSE CROSS 2019

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 – Perusahaan otomotif asal Jepang yakni Mitsubishi Motors nyatanya pernah memamerkan produk SUV terbaru bernama Eclipse Cross. Peluncuran produksi perdananya dilakukan di ajang Geneva Motor Show yang ke-87 pada bulan Maret 2017 lalu. Perlu Anda ketahui juga bahwa model satu ini berangkat dari model konsep bernama XR-PHEV dan XR-PHEV II yang diperkenalkan pada publik di tahun 2013 serta 2015 silam.

Tampak sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019 warna Red Diamond

Sosoknya yang keren dan memiliki ciri khas membuat kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri

Namun mobil berwajah mirip Mitsubishi Xpander ditanah air ini, baru dipasarkan di beberapa negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika dan Australia. Untuk di Indonesia sendiri, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum terlihat memiliki niat untuk mendatangkan Mitsubishi Eclipse Cross ke Indonesia. Di sisi lain, kami pun juga memahami bahwa tingginya minat masyarakat akan Mitsubishi Xpander di awal tahun 2018 ini, menuntut PT. MMKSI untuk menyediakan proses distribusi dan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Eclipse Cross Termurah

Eclipse Cross 2019 versi termurah ini mendapatkan pelek 16 inchi dibalut ban Falken

2. EKSTERIOR ECLIPSE CROSS 2019

Tampak sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019 berkelir Red Diamond

Agresif nan sporti jadi ciri khas tampilan Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Desain eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 menyuguhkan tampilan maskulin khas SUV dengan lekuk bodi berotot di beberapa sisi serta sisi agresif nan sporty khas Crossover. Kepraktisan dari sebuah SUV, terasa nyaman untuk dikendarai, hemat bahan bakar dan bergaya modern, nampak terpancar dari setiap sisi bodinya.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Eksterior Depan

Tampak depan sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Sekilas muka depannya mirip dengan Mitsubishi Xpander yang beredar di tanah air

Tampang depannya didominasi oleh kesan mewah juga sporty, hal ini tercermin pada lapisan chrome pada sisi front grille. Kesannya terlihat agresif namun tegas dan kokoh, yang sekilas mirip dengan Mitsubishi Xpander. Adapun lampu depan lights emitting diode-nya dirancang slim and sleek serta juga tersedia konfigurasi Daytime Running Lights (DRL). Tak lupa, foglamp juga dikemas agak besar, seakan memenuhi kekosongan dari sisi samping front bumper-nya.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Eksterior Samping

Tampak samping sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Guratan garis tegas pada bodi samping menjadi ciri khas Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Sisi sampingnya juga tak kalah menarik, terlihat dua guratan garis tegas yang mengalur dari sisi pintu depan hingga ke arah lampu belakangnya. Sisi fender juga dibuat lebih menonjol yang dihias apik dengan ornamen berkelir hitam doff, memberikan kesan maskulin dan kokoh. Tak hanya itu, bodi sampingnya bersolek mewah dengan chrome surround trim pada pelipis kaca sampingnya.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Eksterior Belakang

Tampak belakang sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Meski berdampak negatif pada visibilitas, namun desain lampu belakang memanjang itu keren juga

Pesona Crossover sangat terasa kental pada bodi belakangnya. Lekuk tegas, agresif dan juga berotot, nampak tersampaikan sukses. Lampu LED rear tail lights-nya nampak tersambung minimalis membentuk sebuah garis penengah di antara dua kaca. Sehingga, terlihat kaca belakangnya seakan terbelah menjadi dua bagian. Dari sisi ini, kami menemukan pesona ikonik dan karimastik dari Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ECLIPSE CROSS 2019

Setelah membahas desain eksteriornya yang kece abis, tiba saatnya Mobilmo.com melirik segala hal tentang desain interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019. Apakah interior mobil ini menyenangkan seperti eksteriornya?

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Layout Dashboard

Tampak layout interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Banyak fitur menarik tersebar di layout dasbornya

Sejumlah hal menarik disematkan pada layout dashboardnya. Pada sisi tengah misalnya, terdapat Smartphone Link Thin-Display Audio (SDA) yang siap menghibur Anda dalam menempuh perjalanan bersama keluarga atau pacar. Tak tanggung-tanggung, sisi praktis dalam mengoperasikannya didukung dengan Touchpad Controller layaknya mobil Premium lainnya. Belum lagi, kabinnya dibekali cukup banyak wadah penyimpanan sehingga Anda dapat menyimpan barang bawaan secara praktis.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Konfigurasi Kursi

Tampak konfigurasi kursi pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

5 penumpang dapat duduk dengan nyaman di Mitsubishi Eclipse Cross

Merambah ke kursinya, kenyamanan ditonjolkan dari balutan kain berkualitas pada kursinya. Motif desain pada kursinya juga dirancang cukup sporty, memberi kesan berbeda bagi Anda dan penumpang. Tak hanya itu, kursi pengendara juga dikemas dengan fitur pengaturan 6 arah serta 4 arah pada kursi penumpang di deret depan. Tentu dengan adanya fitur tersebut, Anda dapat mengatur posisi kursi senyaman mungkin yang disesuaikan dengan postur tubuh Anda.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Ruang Bagasi

Tampak ruang bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2018

Bagasi tidak terlalu luas namun masuk kategori cukup

Ruang bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019 terlihat tidak cukup luas namun cukup mampu mengangkut hingga tas berukuran besar. Namun bagi Anda yang hendak mengangkut barang bawaan berjumlah banyak, bangku di deret kedua bisa Anda lipat sehingga kapasitas bagasinya menjadi bertambah. Dengan kapasitas tersebut, rasanya sangat cocok apabila mobil maskulin satu ini untuk dibawa berpergian seperti ke luar kota maupun dalam area perkotaan.

>>> Baca juga:

4. FITUR ECLIPSE CROSS 2019

Apa saja fitur dalam Crossover yang satu ini? Tentu kita patut mengenal segala macam fiturnya baik dari segi keselamatan maupun hiburan. Berikut Mobilmo.com hendak membahas fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Head Up Display

Tampak layout head up display pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Layar Head Up Display canggih akan membantu Anda selama mengemudikannya di jalan

Salah satu hal yang menyenangkan didapat di Mitsubishi Eclipse Cross 2019 bila dibandingkan dengan Mitsubishi Outlander Sport atawa Mitsubishi ASX di pasar Inggris adalah tersedianya fitur head up display. Fitur layar informasi tembus pandang ala pilot pesawat tempur ini tidak hanya menampilkan kecepatan saja. Namun juga mampu menampilkan informasi kecepatan cruise control saat diset, juga fitur anti tabrakan serta jarak aman kendaraan.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Fitur Hiburan

Tampak Head Unit Pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Head unit multifungsi yang terdapat pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Kabinnya juga dibekali beragam fitur hiburan yang disematkan pada panel dashboardnya. Panel Head Unit berukuran 7 inci nampak tertata di bagian tengah yang sudah didukung teknologi Touchpad Controller. Kualitas suara yang dihasilkan juga tergolong mumpuni berkat terintegrasinya empat buah Speaker. Sedangkan dari sisi kepraktisan, panel tersebut sudah mendukung format Bluetooth, AM/FM, Android Auto Compatibility, Apple Car Play serta Digital HD Radio. Tak lupa, fitur penyejuk sekelas automatic climate control juga disematkan pada dashboardnya. Sehingga, Anda dan seluruh penumpang dapat merasakan kenyamanan lebih ketika menempuh perjalanan.

>>> Klik sini untuk simak spesifikasi terlengkap tentang mobil Mitsubishi lainnya

5. OPERASI ECLIPSE CROSS 2019

Tampak Mitsubishi Eclipse Cross 2019 sedang melaju di lintasan tanah

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 tidak hanya tangguh di jalan aspal, namun juga dijalan tanah

Membahas performanya, mobil SUV teranyar besutan Mitsubishi ini menggunakan mesin berkode 4B40 TC. Operasi mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dibekali kapasitas 1.499 cc yang dipadukan dengan transmisi 8 percepatan Continuous Variable Transmission (CVT). Hasilnya terbilang cukup ciamik dengan peraihan daya maksimum sebesar 152 HP dan torsi puncak 250 Nm.

Tampak sebuah Mitsubishi Eclipse Cross 2019 tampak melaju penuh gaya di area perkotaan

Tak bisa dipungkiri Mitsubishi Eclipse Cross 2019 sangat cocok digunakan di perkotaan

Bahkan jika dibanding Mitsubishi Xpander yang memiliki daya 104 HP dengan torsi 141 Nm, Mitsubishi Eclipse Cross 2019 nyatanya tampil lebih bertenaga. Jika melihat performa tersebut, Mitsubishi Eclipse Cross siap untuk digunakan menaiki berbagai medan layaknya pegunungan, perbukitan maupun perkotaan.

>>> Dapatkan harga serta promosi mobil dengan klik sini

6. SPESIFIKASI ECLIPSE CROSS 2019

Seperti apa kiranya spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019? Berikut ini, tim Mobilmo.com berhasil menghimpun data selengkapnya.

SPESIFIKASI MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.404 mm x 1.805 mm x 1.689 mm

Jarak Poros Roda

2.680 mm

MESIN

Tipe Mesin

4B40 TC 1.5 Liter L4 MIVEC Turbo Charger

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Daya Maksimum

152 HP @ 5.500 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm @ 2.400 - 4.500

Sistem Transmisi

8 Tingkat Kecepatan CVT dengan Sport Mode

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering

Ukuran Ban

225/55-R18

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

63 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ECLIPSE CROSS 2019

Setelah puas mengulasnya, tentu tiba saatnya untuk menyampaikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior cukup ikonik dan sukses menarik banyak perhatian

Kembali pada kaca belakangnya yang nampak terbelah dua mungkin terbilang menarik dari luar, namun jika dilihat dari sisi pengendara, visibilitas bagian belakang akan sedikit terganggu

Transmisi CVT dan mesin bertenaga Turbo, menjadi perpaduan yang pas

Mesinnya hanya menyediakan satu pilihan saja

Fitur interior cukup menghibur dengan fitur-fitur canggih

Belum tentu masuk Indonesia dan secara dimensi akan bertabrakan dengan Outlander Sport

8. DAFTAR HARGA ECLIPSE CROSS 2019

Seperti apa yang sudah disebutkan sebelumnya, mobil Mitsubishi satu ini belum dirilis untuk pasar Indonesia. Namun jika menilik dari negara Amerika, produk ini sudah diluncurkan yang menawarkan lima varian. Berikut daftar harga Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

TIPE MOBIL

ESTIMASI

Mitsubishi Eclipse Cross 2018 ES

IDR. 334.900.00

Mitsubishi Eclipse Cross 2018 ES S-AWC

IDR. 343.526.000

Mitsubishi Eclipse Cross 2018 LE S-AWC

IDR. 357.903.000

Mitsubishi Eclipse Cross 2018 SE S-AWC

IDR. 365.091.000

Mitsubishi Eclipse Cross 2018 SEL S-AWC

IDR. 401.032.000

9. VIDEO ECLIPSE CROSS 2019

10. KESIMPULAN ECLIPSE CROSS 2019

Kesimpulan dari kami soal Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Belum tentu dipasarkan di Indonesia, namun mobil ini layak dimiliki menurut kami

So, this is car for you? Kalau boleh jujur kami agak bingung dengan pembagian kelas dan kasta crossover Mitsubishi ini. Secara dimensi menabrak langsung dengan Mitsubishi Outlander Sport atau Mitsubishi ASX di Inggris. Sementara jika dipasarkan di Indonesia, kami memprediksi akan sulit bersaing dengan ke-digdayaan Honda HR-V maupun Mazda CX-3 yang sudah hadir terlebih dahulu. Kami tidak berharap banyak mobil ini dipasarkan di Indonesia, walau kami menyukainya. Yang jelas mobil ini cocok bagi Anda yang senang dengan mobil dengan tampilan crossover. Dan enggak peduli dengan kapasitas bagasi dan kenyamanan penumpang belakang.

>>> Simaklah artikel review mobil lainnya dengan klik sini

Mungkin anda ingin baca