All New Mazda CX-9 Yang Sendirian di Segmen SUV Premium

05/07/2019 | Fatchur Sag

Foto All New Mazda CX-9 tampak samping depan

All New Mazda CX-9 tampil elegan dan bersahaja

Memang pantas jika EMI mengklaim bahwa All New Mazda CX-9 masuk dalam kategori SUV level premium. Selain memiliki penampilan yang gagah mobil ini juga sudah dibekali dengan dapur pacu berupa mesin SKYACTIV-G turbocharger  2.5 liter inline four engine yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 227 daya kuda dan torsi 420 Nm. Soal kecepatan akselerasinya tak perlu diragukan lagi bahkan saat mode sport diaktifkan tarikannya bisa membuat badan menempel dengan jok.

Selain memiliki daya kekuatan mesin yang sangat tangguh sistem i-ACTIVSENSE khas Mazda juga menjadi salah satu fitur keselamatan bagi para pengendara yang disematkan pada All New Mazda CX-9. Teknologi i-ACTIVSENSE, diantaranya adaptive LED headlights (ALH), blind spot monitoring (BSM), rear cross-traffic alert (RCTA), lane-departure warning system (LDWS), lane-keep assist system (LAS), smart city brake support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), driver attention alert (DAA), dynamic stability control traction control system (DSC/TCS) dan antilock brake system (ABS).

Teknologi canggih lainnya berupa top view monitor yang mampu menampilkan posisi mobil dalam format kamera 360 derajat. Dengan teknologi inilah Mazda CX-9 terbaru diklaim sebagai model pertama Mazda yang mempunyai fitur full-colour active driving display (ADD) yang diproyeksikan ke kaca depan.

>>> Mobil Pribadi Punya Kamera Belakang dan Sensor Parkir, Begini Merawatnya!

Foto Interior All New Mazda CX-9 yang begitu mewah

All New Mazda CX-9 sendirian bermain di segmen SUV premium

Beralih pada fitur kenyamanan bagi pengendara, dengan ditambahkannya noise vibration and harshness (NVH) membuat penumpang All New Mazda CX-9 menjadi lebih nyaman dan rileks. Apalagi dilengkapi juga dengan sistem konektivitas dan infotainment terbaru dari BOSE dengan 12 speaker dan subwoofer sebagai sarana hiburan bagi pengendara.

Kenyamanan lain dapat juga dirasakan dengan pemakaian suspensi MacPherson Strut pada bagian depan serta Multi-Link sebagai suspensi bagian belakang. Sehingga menaiki mobil ini akan memberikan sensasi berkendara tanpa menyentuh aspal.

Roy Arman Arfandi, Presiden Direktur PT EMI disela-sela acara peluncuran perdana All New Mazda CX-9 beberapa waktu lalu mengatakan bahwa perubahan terbaru All New Mazda CX-9 kali ini memang fokus pada sisi kenyamanan bagi penumpangnya. Dibagian baris depan misalnya, jok depan sudah dilengkapi dengan ventilasi udara sehingga penumpang dengan mudah bisa merasakan suhu paling nyaman selama berkendara.

>>> Review Mazda CX-9 2019: Perpaduan Pengemudian dan Kenyamanan untuk Keluarga

Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) pada All New Mazda CX-9

All New Mazda CX-9 dibekali fitur keselamatan lengkap

Dengan bekal teknologi yang canggih yang mengedepankan keamanan serta kenyamanan bagi pengendara, Fedy Dwi Parileksono selaku Public Relations Expert EMI dengan percaya diri mengatakan bahwa All New Mazda CX-9 bukanlah pesaing Toyota Fortuner dan juga Mitsubishi Pajero Sport. Karena melihat dari sisi harga serta spesifikasi yang ditawarkannya memang sangatlah jauh berbeda. Menutnya All New Mazda CX-9 sudah masuk dalam kategori SUV premium, sedangkan Pajero Sport dan juga Fortuner masih berada pada SUV medium.

Mungkin memang harus diakui bahwa Mazda CX-9 terbaru ini memang tengah bermain di segmen SUV premium yang masih sepi penghuni. Hal itu bisa dilihat dengan banderol harga yang ditawarkannya, hampir Rp 1 miliar atau tepatnya Rp 831.300.000. Bahkan kemunculan All New Mazda CX-9 bisa dibilang setara dengan para rival-rival dari brand premium Eropa dan Jepang.

Meski demikian data penjualan menunjukkan angka cukup baik. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan All New Mazda CX-9 (wholesales) sepanjang 2018 mencapai 400 unit. Sementara untuk tahun 2019 ini dari Januari hingga Mei All New Mazda CX-9 sudah terjual sebanyak 208 unit.

>>> Benarkah Suzuki Siapkan Mobil Baru MPV Dengan Sentuhan SUV?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik