Review DFSK Glory 580 2018

15/05/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR DFSK GLORY 580 2018

Review DFSK Glory 580 2018 - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di BSD City Tangerang Banten jadi momentum pertama pabrikan China, Dongfeng Sokon (DFSK) tampil di muka publik. Melalui perwakilannya di Indonesia yaitu PT Sokonindo Automobile (Sokon), DFSK memperkenalkan mobil penumpang pertamanya Glory 580. Kurang lebih satu tahun kemudian, tepatnya 19 Juli 2018 DFSK Glory 580 resmi diluncurkan di Mall Kota Kasablanka bebarengan dengan penunjukan Agnes Mo sebagai Brand Ambassador merek DFSK di Indonesia.

Foto bagian depan DFSK Glory 580, lampu DRL-nya unik

DFSK Glory 580 model pertama DFSK yang digadang mengusik ketenangan pemain lama

Sedikit ke belakang, sebelum diluncurkan di Indonesia DFSK Glory 580 menjalani debut pertama kalinya di pameran otomotif Beijing Auto Show 2016 dengan nama Fengguang 580 dan dijual di China mulai Juni 2016. Berikutnya Fengguang 580 hadir di Korea Selatan dengan nama DFSK G7. Nama Glory 580 baru digunakan secara resmi di Indonesia pada tahun 2018 dan di Pakistan pada tahun 2019.

Hadir dan bermain di segmen SUV (Sport Utility Vehicle), DFSK Glory 580 2018 sudah pasti harus berhadapan dengan model SUV lain yang lebih dulu mapan di Indonesia baik dari sisi kepopuleran maupun catatan penjualan. Lalu apa yang ditawarkan hingga Dongfeng Sokon (DFSK) begitu yakin bermain di segmen cukup berat ini. Berikut kami sajikan ulasannya secara independen!

2. EKSTERIOR DFSK GLORY 580 2018

Jika membandingkan dengan model-model SUV lain, desain DFSK Glory 580 2018 lebih menonjol kesan elegannya ketimbang kesan gagahnya. Hal ini terlihat dari garis-garis bodi yang lebih halus serta minimnya bagian-bagian yang menyudut. Pun demikian, dari tampilan eksteriornya mobil ini tidak terlihat istimewa alias seperti punya desain yang cukup umum. Sementara untuk warna bodi, DFSK menyiapkan empat warna yang bisa dipilih konsumen yaitu putih, merah, silver, dan hitam.

Review DFSK Glory 580 2018 : Bagian Depan

Foto menunjukkan bagian depan DFSK Glory 580

Lampu DRL DFSK Glory 580 cukup menggoda

Tampak depan sekilas desain depan DFSK Glory 580 seperti ada kemiripan dengan VW Tiguan generasi kedua dan Honda CR-V generasi keempat yang diproduksi tahun 2011 hingga 2017. Ini terlihat dari bentuk grill-nya yang besar dengan tiga buah aksen chrome membelah secara horizontal dan ada logo khas Dongfeng berukuran mini tepat di tengah-tengah.

Lampu utamanya projector bersanding dengan lampu Daytime Running Lamp (DRL) berupa LED yang didesain melengkung ke bawah. Terpisah agak jauh di bawah lampu utama ada foglamp berbentuk lingkaran dengan frame plastik warna hitam.

Review DFSK Glory 580 2018 : Bagian Samping

Foto DFSK Glory 580 dilihat dari arah samping

Dari samping DFSK Glory 580 terlihat lebih elegan ketimbang kesan gagahnya

Dari arah samping DFSK Glory 580 memperlihatkan garis bodi yang lumayan banyak. Terhitung ada lima yang nampak terlihat, dua garis melengkung di atas fender depan belakang dan tiga garis lurus di bagian pintu. Di bagian kaki-kaki terlihat ground clearance 200 mm alias tidak terlalu tinggi untuk mobil berjenis SUV dan ban dengan pelek berukuran 17 inchi untuk semua varian. Sekali lagi, dari arah samping desain DFSK Glory 580 adalah desain yang sangat umum digunakan pada mobil-mobil lain. Demi menunjukkan kesan ganteng, di bagian samping bawah dipasang side skirt warna hitam yang juga terpasang sebagai fender di bagian depan dan belakang.

Review DFSK Glory 580 2018 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan bagian belakang DFSK Glory 580

Bagian belakang DFSK Glory 580 terlalu ramai oleh berbagai emblem

Di bagian belakang DFSK Glory 580 punya pintu bagasi yang elegan dengan garis melengkung di bagian bawah samping kiri kanan. Lampu utamanya LED berdesain membentuk huruf double C, begitu juga dengan lampu rem dan lampu high mount juga LED. Sementara untuk lampu sein, lampu mundur dan foglamp menggunakan halogen. Seluruh lampu-lampu tersebut kecuali foglamp menyatu dengan pintu belakang. Yang unik saat bagasi dibuka maka semua nyala lampu di bagian pintu bakal pindah ke bawah di bagian bumper. Dengan demikian pengemudi di belakang bakal tetap melihat nyala lampu DFSK Glory 580 saat berhenti dan bagasi terbuka.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR DFSK GLORY 580 2018

Jika di bagian eksterior punya desain yang generik atau umum, bagian interior beda lagi. DFSK Glory 580 2018 dibekali desain interior cukup kekinian dan beragam fitur kekinian.

Review DFSK Glory 580 2018 : Kabin

Foto Kabin DFSK Glory 580 dengan konfigurasi 7 penumpang

Dengan konfigurasi kursi 2-3-2, para penumpang DFSK Glory 580 tidak perlu saling berdesakan

Dengan dimensi panjang 4680 mm, lebar 1845 mm dan tinggi 1715 mm kabin DFSK Glory 580 sangat lapang dan lega. Di semua baris kursi penumpang bakal mendapatkan ruang kaki dan ruang kepala yang nyaman. Mobil ini memiliki punya kapasitas 7 penumpang dengan konfigurasi 2-3-2. Khusus untuk kursi baris kedua bagian tengah meski tidak selebar ukuran kursi yang lain penumpang masih bisa mendapatkan kenyamanan duduk tanpa merasa berdesakan dengan penumpang kiri kanannya.

Review DFSK Glory 580 2018 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard dan Setir DFSK Glory 580 tampak mewah

Dashboard datar DFSK Glory 580 memberi visibilitas yang baik bagi pengemudi

Dashboard DFSK Glory 580 semuanya full plastik. Namun di beberapa bagian didesain layaknya bahan karbon fiber biar terlihat lebih mewah dan tidak polos. Selain di bagian speedometer dashboard DFSK Glory 580 2018 didesain rata sehingga memberi kesan lebih luas. Ini juga membantu pengemudi mendapatkan visibilitas yang lebih baik. Di bagian tengah dashboard terdapat dua ventilasi AC di bagian paling atas, lalu ada head unit 10 inchi di bagian bawahnya dan ada panel pengaturan AC di bawahnya lagi.

Sementara untuk setir menggunakan palang tiga dengan kiri kanan disematkan berbagai tombol. Sebelah kiri ada tombol pengatur audio video serta volume, di sebelah kanan ada tombol Cruise Control, jawab panggilan telepon serta pengaturan layar MiD. Sayang, setir hanya bisa Tilt atau naik turun dan belum teleskopik.

Review DFSK Glory 580 2018 : Kursi / Jok

Foto kursi / jok DFSK Glory 580 bagian belakang

Punya pilihan warna single tone dan dual tone bikin DFSK Glory 580 tampak mewah

Secara desain kursi atau jok DFSK Glory 580 boleh dikata kekinian. Jok terbuat dari material bukan kulit. Tingkat keempukannya relatif, ada yang mengatakan standar namun ada yang bilang terlalu keras. Sekali lagi ini soal selera. Sedangkan untuk warna jok tersedia dua pilihan, single tone untuk varian menengah kebawah dan double tone untuk varian tertinggi. Untuk ukurannya sudah tentu sangat lebar dan nyaman, bahkan untuk penumpang dewasa sekalipun.

Review DFSK Glory 580 2018 : Bagasi

Foto menunjukkan Bagasi DFSK Glory 580 yang cukup lapang

Bagasi DFSK Glory 580 lapang untuk membawa banyak barang

Di bagian belakang ada ruang penyimpanan yang lumayan lapang, sangat mencukupi untuk membawa barang-barang kebutuhan pokok jika digunakan bebergian sekeluarga. Jika masih kurang pengendara bisa melipat kursi baris ketiga dengan konfigurasi 50:50 untuk mendapatkan bagasi yang lebih lebar. Jika masih kurang lagi, kursi baris kedua pun bisa dilipat sehingga menghasilkan ruangan yang sangat luas.

>>> Baca juga:

4. FITUR DFSK GLORY 580 2018

DFSK Glory 580 2018 dilengkapi banyak sekali fitur canggih dan teknologi terkini. Bahkan bisa dikata mobil ini punya fitur cukup lengkap mulai dari fitur kenyamanan, keselamatan hingga keamanan.

Review DFSK Glory 580 2018 : Fitur Keselamatan

Foto Airbag DFSK Glory 580, fitur keselamatan standar

Soal keselamatan DFSK Glory 580 meraih bintang 5 dalam uji tabrak China NCAP

Fitur keselamatan DFSK Glory 580 meliputi Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake Assist (EBA), Tilt Steering Wheel, Electronic Parking Brake (EPB), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), ABS, EBD, Front Dual Air Bags, Front Side Air Bags, Pretensioner Seat Belt, Seat Belt Height Adjustment, Immobilizer, Engine, Burglar Alarm System, Vehicle Burglar Alarm System, Child Lock, Child Seat ISOFIX Interface, Sensor parkir, Reverse Radar hingga kamera parkir.

Review DFSK Glory 580 2018 : Fitur Kenyamanan

Sedangkan untuk fitur kenyamanan DFSK Glory 580 dilengkapi Keyless Entry plus tombol Starter, Dual Electronic A/C, HD Touch Screen Audio System berukuran 10 inch untuk tipe tertinggi dan 8 inchi untuk tipe di bawahnya. Head unit ini semuanya bisa terkoneksi dengan smartphone. Lalu ada Auto Up/Down Power Windows untuk keempat jendelanya, Jam Protection Power Windows, Remote Window Lifting, Remote Window Descending, Remote Central Lock (Including Tail Door), Foldable Remote Key, Doors Auto-locking, dan Crash Auto-unlocking.

Foto menunjukan head unit DFSK Glory 580

Fitur hiburan pada DFSK Glory 580 bisa menjadi teman di sepanjang perjalanan

Menambah kenyamanan lagi, DFSK Glory 580 dilengkapi dengan 6 unit Speakers, Outer Rearview Mirror Power Adjustment, Outer Rearview Mirror Auto Fold, Outer Rearview Mirror Heating, Cruise Control, Cup Holder, Dual Sun Visor (With Makeup Mirror and Lamp), Anti-dazzling Inner Rearview Mirror, Dashboard Information Screen, Interior Lamp, Luggage Lamp, 3rd Row Cover Curtainslor, Chromed Door Handle, Glove Box, dan pastinya ada AC.

Satu lagi fitur yang cukup istimewa, DFSK Glory 580 2018 dilengkapi Vehicle Running Recorder. Perangkat ini bakal aktif saat mobil berjalan dan bakal merekam semua aktifitas yang ada di luaran. Mirip-mirip dengan black box pada pesawat yang bisa merekam suara-suara dalam kabin pesawat.

5. OPERASI DFSK GLORY 580 2018

Foto menunjukkan mesin turbo DFSK Glory 580

Ada dua pilihan mesin untuk DFSK Glory 580, 1.5 L dan 1.8 L

DFSK Glory 580 2018 beroperasi menggunakan dua pilihan mesin yaitu SFG15T 1500 cc Turbocharged yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 150 PS / 5600 rpm dan torsi maksimum 220 Nm / 1800-4000 rpm, serta SFG18 1800 cc Natural Aspiration yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 139 PS / 6000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm / 3600-4200 rpm.

Untuk transmisi tersedia dalam tiga pilihan yaitu manual 5 percepatan, manual 6 percepatan dan otomatis CVT.

6. SPESIFIKASI DFSK GLORY 580 2018

Model Parameter

Luxury (1.5T) CVT

Luxury (1.5T) 6MT

Comfort (1.5T) CVT

Comfort (1.8L) 5MT

Mesin

Model

SFG15T

SFG15T

SFG18

SFG18

Tipe

Turbocharged

Turbocharged

Natural Aspiration

Natural Aspiration

Displacement

1498 cc

1798 cc

Tenaga maksimal

150 Ps

139 Ps

Torsi Maksimum

220 Nm / 1800-4000 rpm

187 Nm / 3600-4200 rpm

Transmisi

CVT

Manual 6 percepatan

CVT

Manual 5 percepatan

Isi Tangki BBM

58 liter

Kaki-kaki

Drive Mode

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

McPherson Independent Suspension

Suspensi belakang

Torsion Beam Suspension

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Cakram

Ban

225/60 R17

Pelek

17-inch

Sporty Two-Tone Polished Alloy Wheel

17-inch

Bright Silver Alloy wheel

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DFSK GLORY 580 2018

Hadir dan bermain di segmen SUV (Sport Utility Vehicle), DFSK Glory 580 2018 sudah pasti dibekali dengan berbagai keunggulan. Tapi jangan lupa, sebagai sebuah produk DFSK Glory 580 sudah pasti memiliki kekurangan. Kami merangkum berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada dari test drive yang telah dilakukan reviewer-reviewer kenamaan dan independen.

Kelebihan

Kekurangan

Kabin lapang dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lega di semua baris kursi

Desain standar seperti bukan mobil keluaran terbaru

Berkapasitas 7 penumpang sehingga layak digunakan sebagai mobil keluarga

Eksterior belakang terlalu ramai dengan adanya 4 emblem

Fitur kenyamanan dan keselamatan berlimpah

Lampu-lampu belum semuanya LED

Bantingan suspensinya sangat empuk

Setir hanya Tilt, tidak ada Teleskopik sehingga tidak bisa diatur maju mundur

Harga paling terjangkau di kelasnya

Jok terasa keras dan kurang dalam angelnya sehingga posisi duduk pengemudi kurang nyaman

Garansi 7 tahun atau 150 ribu km

Headrest di semua kursi terlalu menunduk ke depan

 

Sensor seatbelt warning sedikit seperti bermasalah. Saat penumpang meninggalkan tempat duduk lampu peringatan tetap menyala beberapa menit.

 

Konsumsi BBM tidak begitu irit

 

Tidak ada indikator konsumsi BBM pada layar MiD

 

Mesin cukup bertenaga, namun di putaran bawah atau rpm rendah kurang responsif, tidak cocok buat Anda yang suka dengan akselerasi cepat.

8. DAFTAR HARGA DFSK GLORY 580 2018

Foto menunjukkan pengemudi sedang melakukan test drive DFSK Glory 580

Di berbagai pameran DFSK Glory 580 selalu menyita perhatian pengunjung

Seperti kami sampaikan di atas, harga DFSK Glory 580 2018 sangat mengejutkan karena begitu murah untuk sebuah mobil SUV mid-size. Saat review ini ditulis, ada empat tipe DFSK Glory 580 ditawarkan PT Sokonindo Automobile (Sokon) seperti tertera di laman resminya, yaitu

Tipe Model

Harga

Luxury (1.5T) CVT

Rp 308.000.000

Luxury (1.5T) 6MT

Rp 295.000.000

Comfort (1.5T) CVT

Rp 282.000.000

Comfort (1.8L) 5MT

Rp 245.900.000

Harga di atas adalah harga On The Road DKI Jakarta (Mei 2019). Untuk daerah lain atau pada waktu yang berbeda harga kemungkinan besar berbeda. Anda bisa datang langsung ke dealer DFSK terdekat atau melihat melalui situs resmi dfskmotors.co.id.

9. VIDEO DFSK GLORY 580 2018

10. KESIMPULAN DFSK GLORY 580 2018

Meski terdapat kekurangan di sana sini keputusan DFSK meluncurkan model SUV DFSK Glory 580 2018 patut diapresiasi. Jika Anda menghendaki sebuah SUV dengan harga terjangkau dan fitur berlimpah serta tidak terlalu mementingkan kenyamanan seratus persen mobil ini layak dipertimbangkan.

Tapi jika Anda menghendaki mobil yang merakyat dengan layanan after sales tersebar di berbagai daerah, Anda harus mempertimbangkan model dari merek lain. Bagaimanapun juga, salah satu yang masih jadi PR dan terus dibenahi oleh DFSK adalah jaringan penjualan dan parawatannya yang masih terpusat di kota-kota besar saja, belum merambah ke daerah se level kecamatan dan kota-kota kecil.

Silahkan pikirkan masak-masak sebelum Anda mengambil keputusan!

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review DFSK Glory 560 Type L (1.5T) CVT 2019

    30/08/2019| Fatchur Sag

    Review DFSK Glory 560 Type L (1.5T) CVT 2019

    Dongfeng Sokon (DFSK) menawarkan berbagai kelebihan pada sosok SUV DFSK Glory 560 Type L (1.5T) CVT. Selain desainnya yang kompak dan harga sangat bersahabat, berbagai kelebihan lain membuatnya layak dibeli dan Anda miliki.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019| Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review DFSK Glory 580 2018

    15/05/2019| Fatchur Sag

    Review DFSK Glory 580 2018

    DFSK menyuguhkan SUV Glory 580 2018 di Indonesia dengan harga yang cukup mengejutkan. Lalu apa yang istimewa dari mobil merek China ini? Simak ulasan berikut!

International