Review Daihatsu Xenia 2004 : MPV Keluarga Indonesia Harga Terjangkau

18/01/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU XENIA 2004

Kehadiran mobil ini pada tahun 2003 dengan membawa 3 varian yakni Mi, Li dan Xi. Untuk varian Xi dibekali dengan mesin 1.3L dan 2 varian lain yakni Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L. apabila dilihat dari eksteriornya, tidak akan terlihat perbedaannya karena hanya ada sedikit yang membedakan. Selain itu, fitur Power Steering disematkan pada varian Xi saja dan untuk penggunaan pelek, varian Mi dan Li masih mengandalkan pelek kaleng. Hanya saja pada varian Li telah ditutup dengan cover doff.

Pada bagian transmisi mobil, ada satu yang mendapatkan pilihan otomatis yakni varian Xi saja. Mobil Daihatsu Xenia tersebut dapat bertahan sampai tahun 2011 dan pada tahun itu telah mendapatkan perubahan dengan tampilan yang lebih keren dengan penyematan fitur yang lebih canggih. Meskipun begitu, namun pada Xenia generasi pertama ini masih banyak diminati, hal tersebut terbukti dengan mudahnya menemukan mobil tersebut di jalan dan harga jual kembalinya yang stabil.

2. EKSTERIOR DAIHATSU XENIA 2004

Jika melihat keseluruhan dari eksterior Daihatsu Xenia 2004 akan tampak tampilan yang modern dan desainnya tidak ketinggalan zaman sampai sekarang.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Xenia 2004

Tampilan yang dimiliki memang mirip Avanza

Seperti biasa, mari kita mulai pembahasan dari bagian depan. Daihatsu Xenia 2004 dibekali dengan grille yang dibuat melengkung ke arah bawah. Sementara untuk headlampnya tampak sederhana dan tergolong biasa saja bila dibandingkan dengan sekarang yang sudah sangat modern. Meskipun begitu, daya tarik masyarakat Indonesia terhadap mobil ini masih sangat kuat. Tampang depannya ini didukung dengan penggunaan bumper yang terdapat lubang udara dengan dimensi cukup besar. Sehingga membuat tampilannya lebih terlihat menarik.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Xenia 2004

Penggunaan jendela lebar membuat visibilitas cukup baik

Menuju ke bagian samping Daihatsu Xenia 2004, tampilannya memang terlihat sederhana jika dibandingkan dengan mobil zaman sekarang. Hanya saja untuk bagian ini telah mendapatkan garis bodi yang dibuat lurus mulai dari fender depan menuju ke bagian belakang dipadukan dengan lekukan yang berada di atas fender belakang dan depan. Kesan sporty juga ditampakkan dengan pemberian side moulding pada beberapa tipe di bagian sisi pintu.

Dilihat dari samping akan tampak penggunaan pelek kaleng yang terbalut ban ukuran 205/65 R15. Jadi jika menemui Xenia 2004 telah menggunakan pelek masa kini maka telah dilakukan upgrade.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Xenia 2004

Tampilan belakang enak dipandang meskipun sederhana

Berlanjut ke bagian belakang, yang mana akan terlihat sederhana. Hal tersebut dikarenakan lekukan di belakang tidak terlalu banyak. Selain itu, Daihatsu Xenia 2004 mempunyai stop lamp yang telah mengandalkan jenis Kristal bersih.  Sedangkan untuk lampu sein dibuat terpisah dengan lampu mundur yang terdapat di dalam frame dengan menggunakan model bulat. Sementara di bagian bawahnya ada lampu rem.

Pada beberapa tipe Xenia 2004 telah dilengkapi dengan penggunaan spoiler yang sudah diberikan high mount stop lamp. Ditambah lagi ada tambahan aksesoris yang tempatnya di bagian atas lampu utama kanan dan kiri. Hanya saja belum ada fitur sensor parkir pada mobil besutan 2004 tersebut.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR DAIHATSU XENIA 2004

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Xenia 2004

Sebagai model lawas tampilannya terbilang cukup menarik

Warna hitam menghiasi dashboard dan kemudi dari Daihatsu Xenia 2004. Meskipun begitu, menurut kami tampilannya tidak terlalu istimewa. Hanya saja terdapat fitur audio yang membuat perjalanan lebih nyaman. Dengan mengandalkan head unit 1 DIN dapat digunakan untuk mengoperasikan CD Player dan radio saja.

Tidak hanya itu saja, di bagian dashboardnya ini terdapat AC Control yang dapat membuat di dalam kabin terasa sejuk dan nyaman. Pada bagian kemudinya memakai 3 palang yang sudah mendapatkan teknologi Power Steering pada varian Xi.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Xenia 2004

Kapasitas penumpang cukup banyak sangat cocok untuk kendaraan keluarga

Sebagai kendaraan MPV keluarga, mobil ini mampu menampung 7 sampai 8 penumpang. Kabinnya tergolong lapang dengan pengaturan kursi yang lumayan baik. Untuk kursi penumpang dapat diatur untuk direbahkan dan ditegakkan saja. Sementara itu, pada bagian jok ketiga tidak terdapat pembagian 60:40 ataupun 50:50. Sehingga saat perlu melakukan pelipatan kursi untuk memperluas bagasi mobil maka kursi baris ketiga akan terlipat seluruhnya.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Xenia 2004

Bagasi bisa dipakai untuk membawa barang sekeluarga karena cukup luas

Menuju ke sektor bagasi Daihatsu Xenia 2004, soal tempat barang ini cukup luas dan bisa dipakai untuk membawa barang dengan ukuran yang kecil. Dengan melipat kursi belakang maka dapat menambah kapasitas bagasinya. Sehingga bisa digunakan untuk membawa barang yang lebih banyak.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR DAIHATSU XENIA 2004

Review Daihatsu Xenia 2004 : Fitur Keselamatan

Kita lanjutkan pembahasan ke bagian fitur keselamatan, pihak Daihatsu memberikan Xenia 2004 headrest dan seatbelt yang dipasangkan di bangku pengemudi dan penumpangnya. Hanya saja untuk mobil ini belum diberikan ABS ataupun airbags. Bahkan pada generasi pertamanya ini memang tergolong minim, seperti pada plat bodi yang dimiliki terbilang tipis dan belum memakai side impact beam. Jadi apabila menggunakan mobil besutan Daihatsu satu ini harus lebih berhati-hati.

Gambar ini menunjukkan head unit dan kemudi Daihatsu Xenia 2004

Penggunaan Power Steering membuat pengendalian lebih mudah

Review Daihatsu Xenia 2004 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Untuk fitur hiburan pihak Daihatsu memberikan fitur audio 1 DIN yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio dan CD Player. Di zamannya memang sudah terbilang mumpuni, namun untuk sekarang sudah terlihat jadul. Fitur lain yang diberikan adalah AC untuk membuat pengemudi dan penumpang terasa nyaman. Ditambah lagi kursinya bisa diatur merebah sehingga dapat dipakai untuk beristirahat.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

5. OPERASI DAIHATSU XENIA 2004

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Daihatsu Xenia 2004

Ada 2 pilihan mesin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Masuk ke bagian performa, yang mana mesin Daihatsu Xenia 2004 menggunakan 2 pilihan yakni 1.0L dan 1.3L. Mesin tersebut dipadukan dengan penggunaan transmisi manual 5 speed, hanya saja untuk varian Xi sudah ada pilihan transmisi otomatisnya. Untuk tenaga mesin disalurkan menuju ke bagian roda belakang  serta konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Hanya saja dengan kapasitas mesin yang terbilang kecil, maka soal tenaga sebenarnya masih kurang menurut pendapat kami.

>>> Ini Dia 9 Gejala Kerusakan Transmisi Matik Pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

6. SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA 2004

Lihat tabel spesifikasi Daihatsu Xenia 2004 di bawah ini untuk informasi lebih lengkap :

DIMENSI

Panjang

4.190 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.685 mm

Wheelbase

2.655 mm

Jarak Terendah

200 mm

MESIN

Tipe

1,0 L I3 EJ-VE / 1,3 L I4 VVT-i K3-VE

Kapasitas

989 cc / 1.298 cc

Tenaga Maksimal

62 HP @5.600 RPM(1.0), 92 HP @6.000 RPM (1,3)

Torsi Maksimal

90 Nm @3.600 RPM (1.0), 120 Nm @4.400 RPM (1,3)

Transmisi

Manual 5 percepatan, otomatis 4 percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem depan

Disk

Rem belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut Independen

Suspensi Belakang

4-­link dengan coil spring

Ukuran Ban

205/65 R15

Sistem penggerak roda

Penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering (EPS)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU XENIA 2004

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia 2004 yang dimiliki menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dapat memuat banyak penumpang dengan kenyamanan kabin dan juga luas

Karena bodinya terbilang ringan maka saat digunakan dalam kecepatan tinggi akan terasa limbung

Tampilan eksterior tidak ketinggalan zaman meskipun mobil ini keluaran tahun 2000-an

Fitur keselamatan yang diberikan terbilang sangat minim

Konsumsi bahan bakar irit sehingga akan lebih menghemat pengeluaran untuk beli BBM

Mesin yang dimiliki tergolong berkapasitas kecil sehingga soal tenaga yang dimiliki masih kurang

Dalam hal perawatan terbilang mudah, apalagi banyak dilernya yang tersebar di Indonesia

Pada bangku ketiga tidak dilakukan pembagian, jadi menyambung dari ujung ke ujung, hasilnya saat ingin menambah ruang bagasi perlu melipat semuanya

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU XENIA 2004

Daihatsu Xenia sudah ada versi terbaru dengan beberapa ubahan sehingga lebih modern dan kelengkapan yang mumpuni. Namun apabila menginginkan mobil Xenia 2004 bisa membelinya dalam kondisi bekas. Untuk menemukannya di diler dan situs jual beli tergolong mudah, jadi Sobat masih banyak pilihan dan melakukan beberapa pengecekan. Untuk harga bekas Daihatsu Xenia 2004 dijual mulai Rp. 65 juta sampai Rp. 90 jutaan tergantung dari kondisi mobil dan wilayah tempat melakukan pembelian.

9. VIDEO DAIHATSU XENIA 2004

10. KESIMPULAN DAIHATSU XENIA 2004

Jika melihat sekarang memang masih banyak yang menggunakan mobil Daihatsu Xenia 2004. Jadi memang mobil MPV keluarga satu ini layak dimiliki, apalagi bagi Sobat yang mempunyai budget pas-pasan dan ingin mempunyai sebuah kendaraan untuk kebutuhan bersama keluarga. Namun ketika melakukan pembelian diharapkan teliti dan perlu beberapa pengecekan seperti pada eksterior ataupun interior. Bagian mesin juga perlu dilakukan pengecekan serta tanyakan riwayat servis yang dimiliki.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Daihatsu Sirion 2020: Tampilan Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

    25/07/2020| Abdul

    Review Daihatsu Sirion 2020: Tampilan Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

    Sirion merupakan mobil besutan Daihatsu yang cukup diminati oleh kalangan anak muda, bahkan sejak pertama kali dihadirkan. Dengan desain yang diberikan tentu bisa menjadikan kalangan anak muda menaruh hati pada mobil ini. Untuk kembali memikat, pihak Daihatsu akhirnya menghadirkan mobil Daihatsu Sirion 2020.

  • Review Daihatsu Espass 2005: Mobil Minibus Interior Lega Harga Terjangkau

    20/06/2020| Abdul

    Review Daihatsu Espass 2005: Mobil Minibus Interior Lega Harga Terjangkau

    Mobil Daihatsu Espass nama resminya adalah Zebra Espass. Masuk dalam kelas minibus dan sampai sekarang masih cukup banyak diminati. Hal tersebut berkat daya tampung untuk penumpang yang besar tapi ukuran mobilnya lebih kecil dibandingkan lainnya. Lantas bagaimana spek dan keunggulan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya dalam review Daihatsu Espass 2005.

  • Review Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005: Mobil Low SUV Pertama Di Indonesia

    25/04/2020| Abdul

    Review Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005: Mobil Low SUV Pertama Di Indonesia

    Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005 merupakan cikal bakal dari Terios di Tanah Air. Harganya sendiri saat ini terbilang terjangkau karena tidak sampai Rp. 100 jutaan. Mobil ini masuk dalam segmen SUV dengan mesin injeksi yang dapat digunakan untuk menampung 7 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.

International