Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

27/09/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Saat diluncurkan di GIIAS 2016 silam, bukan hanya varian tertinggi yang disediakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) seperti dipajang di booth. Tapi juga menyediakan varian lain yang lebih rendah untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para pelanggan. Pelanggan bebas memilih sesuai kebutuhan dan budget mulai yang terendah dengan harga paling terjangkau hingga varian tertinggi yang harganya paling mahal. Dan sudah pasti karena variannya berbeda-beda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Foto Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 tampak dari samping depan

Astra Daihatsu Motor menghadirkan Sigra dengan 4 varian utama, D, M, X, dan R

Varian tertinggi dipegang Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe yang memiliki desain paling keren dan fitur paling komplit. Sedangkan untuk varian terendah yaitu Daihatsu Sigra 1.0 D MT. Mobil ini hanya dibekali mesin kurang dari 1000 cc dengan fitur yang jauh lebih minim dibanding varian di atasnya, baik varian M, X, maupun R.

Meski Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 adalah varian terendah bukan berarti tak ada yang istimewa dari mobil ini. Ada kelebihan yang cukup menonjol serta bisa menjadi alasan utama untuk membeli mobil ini.

Lebih lengkapnya silahkan simak review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 serta kelebihan dan kekurangannya berikut!

2. EKSTERIOR DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Dilihat dari luar atau eksteriornya, Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 punya dimensi 4070 x 1655 x 1600 mm, atau hanya berseliih beberapa sentimeter dengan Daihatsu Xenia yang memiliki dimensi 4190 x 1660 x 1695 mm. Namun untuk kelas LCGC, mobil ini termasuk paling panjang bersama Toyota Calya.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Bagian Depan

Foto Bagian depan Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Wajahnya tegas, namun tak menunjukkan kesan mewah

Bagian depan Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 adalah lebih sederhana dibanding varian lain di atasnya. Pertama tidak ada aksen krom untuk grill di atas air dam yang menghubungkan lampu utama sebelah kanan dan kiri alias dibuat sewarna bodi. Kedua tidak dilengkapi fog lamp atau lampu kabut, yang ada hanya bezel warna hitam doff. Yang ketiga tak ada sensor parkir di bagian kanan dan kiri di atas bezel fog lamp seperti yang ada pada Sigra R AT Deluxe.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Bagian Samping

Foto menunjukkan Bagian samping Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Nampak ukurannya lebih panjang dibanding LCGC lain

Beralih ke bagian samping, jendela mobil terlihat begitu jelas terpisah satu sama lain sebab pilar B dan C menggunakan warna sewarna bodi, tidak menggunakan warna hitam. Di bagian atasnya tidak ada talang air untuk melindungi tetesan hujan masuk ke kabin saat jendela dibuka sedikit. Spion kiri dan kanan juga masih memakai warna dasar yaitu hitam doff tanpa aksen krom dan tanpa lampu sein.

Lalu pada bodi bagian bawah juga tidak terdapat body moulding sehingga benar-benar polos. Makin kelihatan kesederhanaannya yaitu di bagian kaki-kaki dimana keempat rodanya menggunakan velg kaleng tanpa penutup. Berbeda dengan Sigra varian M, meski sama-sama memakai velg kaleng tapi sudah berpenutup warna doff.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Bagian belakang Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Dari belakang penampilannya juga sederhana tanpa banyak aksesoris

Untuk bagian belakang secara berurutan dari atas, terdapat antena seperti halnya varian lain tepat di tengah-tengah ujung belakang atap kendaraan. Jendela kelihatan polos tanpa ada wiper dan tanpa spoiler. Untuk lampu utama hanya terdapat di bagian sisi kiri dan kanan tanpa ada reflektor tambahan yang terletak di bawah jendela seperti pada varian yang lebih tinggi. Begitu pula body moulding di atas dudukan pelat nomor dibuat sewarna body.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Seperti bagian eksteriornya yang cukup sederhana, interior Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 juga sederhana dan tidak banyak fitur..

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Kabin

Foto Kabin depan Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Punya kapasitas 7 penumpang, kabin Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 terlihat lega

Dari sisi kelapangan kabin Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 sudah pasti lapang untuk sebuah mobil LCGC. Hal ini karena ada penambahan dimensi untuk mengakomodir kursi baris ketiga. Selain itu karena mobil ini menganut sistem penggerak roda depan, pada bagian tengah lantai tidak terdapat gundukan untuk ruang gardan sehingga antara lantai sebelah kanan dan kiri sangat rata.

Bagian kabin didominasi warna hitam dan beige mulai dashboard, setir, trim pintu, atap, kursi, hingga bagian paling belakang yaitu bagasi. Di bagian tengah antara kursi pengemudi dan penumpang hanya Ada rem parkir, tidak ada arm rest, cup holder, penyimpanan lain serta tidak ada tuas transmisi manual yang letaknya dipindah ke bagian tengah dashboard..

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Dashboard dan Setir

Seperti disebut di atas kabin Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 menggunakan kombinasi warna hitam dan beige. Termasuk pada bagian dashboard dan setir, juga menggunakan kombinasi dua warna ini. Di bagian tengah dashboard terdapat fitur audio 1DIN yang diapit dua kisi AC, di bawahnya terdapat kenop untuk mengatur AC yang diletakkan berjejer dengan tuas transmisi manual. Bergeser ke arah kanan depan pengemudi di balik kemudi hanya ada speedometer layar LCD kecil untuk menampilkan status BBM serta ODOmeter versi digital. Tidak ada Tachometer, Trip, dan lainnya.

Foto Dashboard dan setir Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Tampilan dashboard dan setir sederhana tanpa ornamen

Untuk setir menggunakan tiga palang dengan tampilan sederhana tanpa balutan bahan soft touch, semua menggunakan warna hitam dan tidak ada akses krom sama sekali, kecuali untuk bagian logo saja. Bahkan SRS Airbag yang merupakan fitur keselamatan tidak ada pada mobil ini.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Kursi/Jok

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 memiliki kapasitas 7 penumpang dengan konfigurasi 2:3:2, sama seperti varian Sigra yang lain. Bisa juga dimaksimalkan hingga 8 penumpang dengan konfigurasi 2:3:3, namun sangat tidak disarankan karena penumpang di belakang pasti berdesakan. Semua jok terbungkus bahan fabric atau kain warna hitam. Kursi baris pertama dan kedua bisa diatur maju mundur serta direbahkan sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk baris belakang fix.

Yang berbeda, jok baris ketiga untuk Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 tidak punya pembagian alias menyatu dari kanan ke kiri sehingga kalau menginginkan untuk melipat demi menambah ruang bagasi, maka semua kursi bakal terlipat. Kemudian di bagian jok belakang belum ada head rest untuk sandaran kepala penumpang.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Bagasi

Bagasi Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 cukup luas dengan kapasitas 263 liter. Disediakan juga kantong dari jaring untuk mengamankan barang bawaan. Bila bagasi dirasa masih kurang, Anda bisa melipat bangku baris ketiga untuk mendapatkan bagasi yang lebih luas. Hanya saja, kalau kursi baris ketiga ini dilipat penumpang tidak bisa menggunakannya lagi karena pelipatan mode 100 persen.

>>> Baca juga:

4. FITUR DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Sebagai varian paling rendah, Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 hanya dibekali sedikit fitur keselamatan maupun kenyamanan.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan Speedometer Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Hanya ada Speedometer, indikator BBM dan ODOmeter untuk Sigra D

Fitur keselamatan paling terlihat di dalam mobil ini adalah sabuk pengaman yang ada di semua baris kursi dan head rest untuk kursi baris pertama dan kedua. Tidak ada SRS Airbag baik untuk pengemudi maupun penumpang depan. Kemudian sistem pengunci pintu juga belum central lock dari pintu pengemudi. Untuk keselamatan penumpang anak-anak sudah ada fitur child proof door lock.

Untuk sistem pengereman belum menggunakan ABS, namun sudah menggunakan cakram untuk dua roda depannya.

Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 : Fitur Kenyamanan

Sama dengan fitur keselamatannya yang minim, fitur kenyamanan yang disediakan untuk pengendara Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 juga minim, namun sudah mencukupi sekadar menemani perjalanan. Untuk hiburan disediakan 1 DIN Audio merek JVC (USB, AUX, Radio) dan dua Speaker di baris depan. Lalu ada single AC di bagian depan dan kemudi sudah electric power steering.

>>> Tampilan Makin Menarik, Penjualan Toyota Calya Ditarget 5.000 Unit Per Bulan

5. OPERASI DAIHATSU SIGRA 1.2 R AT 2016

Foto menunjukkan Mesin Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

Mesin Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 sudah menggunakan teknologi VVT-i

Performa untuk Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 berasal dari mesin bensin 1KR-VE, DOHC VVT-i berkapasitas 998 cc. Tenaga disalurkan ke roda depan serta menggunakan transmisi manual 5 percepatan untuk mendapatkan tenaga maksimum 67 Ps pada putaran mesin 6000 Nm dan torsi maksimum 89 Nm pada putaran mesin 4400 Nm. Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada tabel spesifikasi di bawah!

>>> Sudah Punya MPV dan SUV, Wuling Segera Bawa LCGC?

6. SPESIFIKASI DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

DIMENSI

Panjang

4070 mm

Lebar

1655 mm

Tinggi

1600 mm

Wheelbase

2525 mm

Ground Clearance

180 mm

Radius putar 4,5 m

MESIN

Jenis

1KR-VE, DOHC VVT-i

Isi silinder

998 cc

Daya maksimum

67 Ps @6000 rpm

Torsi maksimum

89 Nm @4400 rpm

Bahan Bakar

Bensin tanpa timbal

Sistem bahan bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

Transmisi

Manual 5 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Rem depan

Ventilated Dick

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

155/80 R13 Velg Kaleng

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 memiliki kelebihan dan kekurangan yang layak dipertimbangkan. Terutama sisi kekurangannya yang dirasa bisa berdampak seri

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain oke Suspensi amblas saat diisi 7 penumpang
Irit bahan bakar Kursi paling belakang lebih cocok untuk penumpang dengan tinggi badan kurang dari 170 cm
Bagasi cukup luas untuk sebuah LCGC Untuk mobil 7 penumpang, mesin terlalu kecil sehingga tenaga kurang besar
Suspensi empuk Tak ada Airbags
Harga sangat terjangkau Tak ada headrest untuk kursi belakang
Cocok dipakai untuk taksi online Tidak punya fog lamp
  Velg kaleng kurang menarik
  Tidak auto door lock / central lock
  Pelipatan 100 persen untuk kursi belakang
  Tak ada wiper untuk kaca belakang

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Harga Daihatsu Sigra 1.0 D MT seperti tertera di situs resmi Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah Rp 114.000.000 On The Road DKI Jakarta (September 2019). Untuk daerah lain atau pada waktu yang berbeda harga kemungkinan besar berbeda. Anda bisa datang langsung ke dealer Daihatsu terdekat atau melihat melalui situs resmi ADM.

9. VIDEO DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

10. KESIMPULAN DAIHATSU SIGRA 1.0 D MT 2016

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 memang murah dan sangat terjangkau untuk sebuah mobil keluarga. Namun dengan berbagai kekurangan yang dimiliki sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak memilih varian ini. Lebih baik Anda tunggu sampai budget bertambah beberapa juta lagi dan Anda bisa mendapatkan varian di atasnya yang memiliki fitur keselamatan lebih banyak.

Terkecuali jika keinginan Anda memiliki mobil ini karena motif lain seperti buat angkutan online dan Anda tidak terlalu memprioritaskan sisi kenyamanan dan keselamatan, maka mobil ini bisa jadi pilihan. Silahkan memutuskan!

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • 25/09/2019 | Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 sangat mencolok pada harganya yang terjangkau dan punya kapasitas penumpangnya yang besar, tapi bukan itu saja kelebihan yang dimiliki. Simak ulasan lebih lengkap Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 berikut!

  • 23/09/2019 | Franky Pratama

    Review Daihatsu Sigra 2019: Pembaruan Unik, Mewujudkan Mimpi Konsumen

    Kabar terbaru datang dari PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu Sigra 2019 akhirnya meluncur dengan berbagai pembaruan. Versi Facelift terbarunya merubah banyak hal mulai dari eksterior, interior hingga fitur. Berikut review Daihatsu Sigra 2019.

  • 18/09/2019 | Abdul

    Review Daihatsu Sirion 2018 : Mobil Dengan Fitur Keselamatan Lengkap Dan Multimedia Mumpuni

    Daihatsu Sirion merupakan mobil dalam segmen Green Car dengan fitur yang cukup lengkap. Memang jika dibandingkan dengan saudaranya yakni Ayla, penjualannya masih kalah. Mobil ini diimpor dari Malaysia dan mempunyai tampilan yang tentunya lebih fresh jika dibandingkan model sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak review Daihatsu Sirion 2018.