Review BMW 3 Series 2019: Peningkatan Fitur Seri 3 yang Ikonik

31/12/2018 Padli Nurdin Review BMW

Diluncurkan pada Paris Motor Show 2018, BMW 3 Series 2019 atau versi sedang merupakan generasi ketujuh dari BMW Seri 3 yang ikonik. Menggantikan model tujuh tahun dan memperkenalkan bahasa desain baru, generasi terbaru memiliki teknologi paling canggih dengan mesin yang sudah diperbarui.

1. PENGANTAR BMW 3 SERIES 2019

Review BMW 3 Series 2019 - Sebagai salah satu pewaris dari kejayaan Seri 3 yang terkenal, BMW 3 Series 2019 merupakan bagian dari mobil sedan kompak yang diproduksi BMW sejak 1975. Seri 3 sebenarnya adalah penerus Seri 2 dan telah diproduksi dalam enam generasi berbeda.

Gambar generasi pertama BMW 3 Series 2019

Generasi pertama BMW 3 Series tahun 1975

Generasi pertama hanya tersedia sebagai sedan 2 pintu, namun rentang model telah diperluas hingga mencakup sedan 4 pintu, convertible 2 pintu, coupe 2 pintu, MPV 5 pintu, hatchback 5 pintu, dan gaya body hatchback 3 pintu. Sejak 2013, model coupe dan convertible telah dipasarkan sebaga Seri 4, karea itu Seri 3 tidak lagi menggunakan gaya bodi ini.

Kesuksesan Seri 3 memang bukan hanya isapan jempol semata. Sejak diperkenalkan pertama kali hingga lebih dari empat dekade kemudian, mulai dari E21 hingga generasi keenam F30, produksi Seri 3 sudah melampaui 10 juta, dibandingkan dengan 14 juta total produksi semua model BMW lainnya. Perubahan untuk generasi ketujuh menjadi pembaruan dengan desian baru serta teknologi teranyar dari BMW.

Gambar BMW 3 Series 2019

Tampilan baru nan sporty BMW 3 Series 2019

Menjadi salah satu mobil paling ditunggu akhir tahun ini, apa saja perbedaan mobil ini dengan generasi sebelumnya? Simak review BMW 3 Series 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR BMW 3 SERIES 2019

Meskipun menjadi penerus ketujuh, Seri 3 kali ini terlihat jauh berbeda dari pendahulunya. Hal itu karena BMW menciptakan interpretasi modern dari bahasa desain ikonik sedannya. Sama seperti kendaraan generasi baru, eksterior BMW 3 Series 2019 sedikit lebih besar dari pendahulunya. Secara khusus, generasi terbaru 73 mm lebih panjang, 15 mm lebih lebar, dan 12 mm lebih tinggi.

Review BMW 3 Series 2019: Eksterior Depan

Dari segi styling, ujung depan jelas lebih sporty dibandingkan pendahulunya. Seperti yang Anda lihat, eksterior depan BMW 3 Series 2019 mendapatkan gril yang lebih lebar dan menampilkan bingkai krom yang lebih tebal. Sisi atas gril lebih tertutup, dengan bagian bawah memungkinkan udara masuk ke dalam mesin.

Gambar tampilan depan BMW 3 Series 2019

Tampilan depan BMW 3 Series 2019

Lampu depan baru sangat mencolok. Bukan hanya karena bahasa desain yang lebih ramping dan lebih tajam, tetapi karena perpecahan dua arah yang ditingkatkan oleh lekukan bumper yang naik ke bagian tengah lampu depan. Teknologi LED menjadi standar, tetapi Anda bisa mendapatkan lampu depan dengan fitur DRL berbentuk U serta lampu LED Adaptif dengan teknologi BMW Laserlight.

Review BMW 3 Series 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping BMW 3 Series 2019

Tampilan samping BMW 3 Series 2019

Dengan garis baru yang berada di atas gagang pintu, dilengkapi garis karakter kedua di pintu depan dan spakbor, fitur baru ini membuat eksterior samping BMW 3 Series 2019 sangat berotot di belakang. BMW juga mengerjakan ulang Pilar C yang memiliki sudut lebih sempit dibandingkan kabin, membuat mobil ini lebih mirip coupe empat pintu dibandingkan sedan tradisional

Review BMW 3 Series 2019: Eksterior Belakang

Fasia belakang adalah perubahan paling signifikan dari Seri 3 generasi keenam, sebagian besar karena lampu belakang memiliki desain yang baru. Untuk memperbaiki desain kuno yang terdapat pada eksterior belakang BMW 3 Series 2019, BMW memberikan desain lampu belakang yang terinspirasi dari Seri 5, menghasilkan desain buritan yang lebih anggun dan elegan.

Gambar tampilan belakang BMW 3 Series 2019

Tampilan belakang BMW 3 Series 2019

Salah satu fitur keren di belakang adalah bumper yang memiliki desain sampul di bagian atas, dengan elemen yang mirip dengan diffuser dipadukan dengan tutup bagasi bagian atas yang lebih tinggi dengan putaran spoiler terintegrasi dari desain menambah desain sporty mobil ini.

>>> Semua review BMW terbaru bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR BMW 3 SERIES 2019

Sedikit mengherankan, namun interior BMW 3 Series 2019 masih menggunakan bahasa desain Seri 3 sebelumnya. Namun, BMW membuat beberapa perubahan untuk memberikan kesan modern, kabin baru juga meningkatkan kelapangan dan sistem infotainment tengah dibuat fokus pada pengemudi, sementara garis lebar horizontal menambah keanggunan kabin. Tumpukan tengah terihat akrab berkat desain trapezium, tetapi jauh lebih bersih karena tombol dan knop telah diganti oleh fungsi-fungsi dalam sistem infotainment yang ditingkatkan.

Review BMW 3 Series 2019: Dasbor

Gambar dasbor BMW 3 Series 2019

Dasbor BMW 3 Series 2019

Dasbor memiliki aksen logam pada sisi penumpang, serta ventilasi A/C trapezium di bagian sudut. Layar tidak lagi duduk tinggi di dasbor, tetapi dibuat terintegrasi ke tumpukan tengah. Dasbor BMW 3 Series 2019 telah dikerjakan ulang agar terlihat lebih segar. Membuang desain persegi panjang sebelumnya dengan bentuk yang lebih organik, ventilasi A/C berada lebih rendah dari biasanya. BMW masih mempertahankan desain sampul dasbor yang memanjang ke panel pintu, tetapi dibuat lebih kohesif untuk generasi ketujuh ini.

Review BMW 3 Series 2019: Kemudi

Gambar kemudi BMW 3 Series 2019

Kemudi BMW 3 Series 2019

Penambahan juga menjadi salah satu tampilan paling menarik dari kemudi BMW 3 Series 2019 dimana kemudi palang tiga dikombinasikan dengan aksen krom menjadikan setir lebih elegan. Beberapa tombol pengaturan menjadikan fitur 3 Series mudah untuk digunakan. Tetapi selain itu, tidak ada perubahan berarti dibandingkan kemudi pada generasi sebelumnya.

Review BMW 3 Series 2019: Kursi

Gambar kursi BMW 3 Series 2019

Kursi BMW 3 Series 2019

Series 3 mendapatkan ruang ekstra untuk penumpang di belakang. Angka pasti masih belum tersedia. Namun mengingat mobil ini dibuat lebih besar, kursi BMW 3 Series 2019 menawarkan ruang yang lebih lapang bagi penumpang di belakang. Kursi berbahan kulit Vernasca baru dalam lima warna berbeda masih menjadi sentuhan premium bagi pengemudi serta kenyamanan sama dengan generasi sebelumnya.

Review BMW 3 Series 2019: Bagasi

Gambar bagasi BMW 3 Series 2019

Bagasi BMW 3 Series 2019

Desain empat pintu membuat mobil ini menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Bagasi BMW 3 Series 2019 mampu menelan hingga 481 liter barang-barang selama perjalanan. Lebih besar dibandingkan kompetitor lain, semisal Mercedes-Benz C-Class yang hanya menawarkan 320 liter atau Audi A4 yang memberikan kelegaan 330 liter.

>>> Berita BMW terbaru bisa Anda dapatkan di sini:

4. FITUR BMW 3 SERIES 2019

BMW telah menyiapkan peningkatan besar-besaran untuk kemewahan dan teknologi terbaru untuk mobil ini. Beberapa fitur BMW 3 Series 2019 yang perlu dipertimbangkan mulai dari fungsi cahaya interior dinamis baru yang memancarkan sinyal cahaya yang berkedip dalam kondisi tertentu. Muncul pada bagian dalam ketika pintu terbuka saat mesin dihidupkan dan pada panel instrument untuk panggilan telepon masuk.

Gambar fitur BMW 3 Series 2019

Berbagai fitur baru yang ditanamkan pada BMW 3 Series 2019

Sistem audio hi-fi standar dengan 10 speaker yang tersebar di seluruh kabin dan amplifier 205 watt. Anda juga bisa memilih sistem suara surround Harman Kardon opsional yang meningkatkan sistem ke 16 speaker dan amplifier tujuh saluran digital yang mampu menghasilkan 464 watt. Setiap model dilengkapi dengan sensor hujan, lampu depan otomatis, sistem telepon hands free, dan kontrol iklim otomatis tiga zona.

Review BMW 3 Series 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dengan Seri 3 yang sudah ketinggalan banyak teknologi, fitur keselamatan aktif BMW 3 Series 2019 dikemas dengan teknologi modern. Namun sayangnya Anda harus membayar lebih banyak untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan terbaik, karena paket Driving Assistant Professional adalah opsional.

Untuk teknologi standar, Anda sudah mendapatkan sistem Active Cruise Control dengan fungsi Stop & Go, Steering dan Lane Keeping Assistant, dan Active Side Collision Avoidance. Dirancang untuk beroperasi pada kecepatan hingga 60 km/jam, Extended Traffic Jam Assistant terintegrasi ke Lane Keeping Assistant.

Gambar fitur baru BMW 3 Series 2019

Teknologi baru hingga Park Assist ditambahkan

Review BMW 3 Series 2019: Park Assist

Seperti namanya, sistem ini akan membantu Anda masuk dan keluar tempat parkir, sedangkan Back-Up Assistant secara otomatis membalikkan mobil di ruang terbatas. Sistem ini dapat mendukung mobil hingga kecepatan maksimum 9 km/jam. Paket Park Assist juga mencakup kamera tampak belakang, serta Panorama View dan 3D Top View jarak jauh yang mengirimkan gambar langsung tiga dimensi dari kendaraan dan lingkungan sekitar langsung ke smartphone Anda.

5. OPERASI BMW 3 SERIES 2019

Sama seperti pendahulunya, sistem operasi BMW 3 Series 2019 akan menawarkan pilihan mesin empat dan enam silinder. Jika Anda tinggal di Eropa, Anda juga dapat membeli model diesel. Trim 330i hadir dengan 2.0 liter empat silinder di bawah kap mesin. Injeksi presisi tinggi dan variabel timing katup sepenuhnya, mesin ini mengeluarkan 255 daya kuda dan torsi 400 Nm, lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Dipadukan dengan transmisi Steptronic Sport delapan percepatan yang ditingkatkan membuat penyebaran gigi lebih luas dan fungsi Launch Control untuk optimalisasi akselerasi. Sedan ini hanya membutuhkan 5.6 detik untuk mencapai 100 km.jam dari keadaan diam.

Gambar mesin BMW 3 Series 2019

Mesin BMW 3 Series 2019

Selanjutnya varian M340i berorientasi pada mesin 3.0 liter enam silinder di bawah kap dilengkapi dengan berbagai peningkatan dibandingkan mesin lama. Mesin enam turbo menghasilkan 382 daya kuda dan 500 Nm torsi maksimal. Anda hanya membutuhkan 4.3 detik untuk memacu mobil ini dari kondisi diam hingga 100 km/jam.

6. SPESIFIKASI BMW 3 SERIES 2019

Belum jelas kapan BMW akan membawa Seri 3 ke Indonesia, namun mari kita intip bagaimana perubahan dan spesifikasi BMW 3 Series 2019 terbaru sebelum menimbang-nimbang akan dibeli atau tidak.

Dimensi BMW 320i F30 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.716 x 1.826 x 1.442 mm

Jarak Poros Roda

2.850 mm

Ruang Bagasi

481 liter

Mesin BMW 320i F30 2019

Tipe Mesin

2.0-liter BMW TwinPower Turbo 4-cylinder

Isi Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimum

255 dk @ 5.000 rpm – 6.500 rpm

Torsi Maksimum

400 Nm @ 1.350 – 4.600 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

5.6 detik

Kecepatan Tertinggi

235 km/jam

Transmisi

8-speed Steptronic Sport transmission

Kaki-Kaki BMW 320i F30 2019

Suspensi Depan

Aluminium double-joint spring strut axle

Suspensi Belakang

Five-link axle

Tipe Ban

225/50 R17 (Run Flat Tyres)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW 3 SERIES 2019

Masih menjadi perdebatan tentang kelebihan dan kekurangan BMW 3 Series 2019, beberapa diantaranya yang dirangkum oleh tim Mobilmo.com adalah,

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar agresif dengan buritan yang classy dan elegan

Peningkatan tampilan luar, namun tidak terlalu signifikan

Mesin dibuat lebih bertenaga dengan performa efisien

Tidak begitu berubah, pengendaraan masih sama dengan generasi sebelumnya

Teknologi fresh serta tampilan dan trim baru berbahan kayu dan kulit

 

Bagasi terbaik di kelasnya

 

8. DAFTAR HARGA BMW 3 SERIES 2019

Memang dibuat lebih premium, harga yang digunakan untuk menebus mobil ini masih sama dengan generasi keenam yang dipasarkan saat ini. Belum dijual di Indonesia, harga BMW 3 Series 2019 di Amerika dimulai dari $ 40.250 (atau sekitar Rp 615 jutaan). Jika ingin membawa pulang versi xDrive AWD, Anda perlu membayar $ 2.000 lebih mahal, menjadi Rp 645 jutaan. Tapi tentu saja harga ini untuk pasar Amerika. Jangan heran jika mobil ini dihargai lebih mahal jika dibawa ke Indonesia.

9. VIDEO BMW 3 SERIES 2019

Seri 3 yang serba baru hadir dengan bahasa desain baru. Diperkenalkan Oktober lalu, lihat kembali video BMW 3 Series 2019 yang menjadi model pertama dari BMW dengan Intelligent Personal Assistant.

10. KESIMPULAN BMW 3 SERIES 2019

Bagi sebagian pengemudi, BMW 3 Series 2019 akan menjadi sedan premium khas pabrikan Jerman yang menyenangkan untuk dikendarai, sama seperti enam generasi sebelumnya. Perubahan eksterior dan interior yang menjadikan mobil ini sama nyamannya dengan generasi sebelumnya, serta mesin yang dibuat lebih bertenaga dan efisien menjadikan salah satu alasan untuk membeli mobil ini.

Gambar mobil baru BMW 3 Series 2019

BMW 3 Series 2019 yang menyenangkan untuk dibawa kemana saja

Proyek jangka panjang Seri 3 memang tidak langsung dibawa ke pasar sekaligus. BMW sudah mempertimbangkan untuk memasarkan varian M340i dan M340i xDrive pada Musim Semi tahun depan, sedangkan model 330e dipersiapkan untuk 2020. Sayangnya, Anda harus memiliki dana yang cukup besar untuk membeli mobil ini, sekaligus dengan semua penambahan untuk membuat pengemudian menjadi lebih menyenangkan.

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?