Tips Mudah Merawat Audio Mobil Yang Perlu dilakukan

04/04/2018| Mobilmo.com

Salah satu perangkat hiburan yang sering terdapat pada kendaraan adalah audio Mobil. Fitur ini sangatlah berguna ketika sedang terjadi macet dan bosan di dalam Mobil. dengan mendengarkan musik membuat rasa bosan hilang sehingga stamina tubuh kembali maksimal. Bahkan pemilik Mobil yang belum ada fitur ini turut memasangkannya untuk menemani perjalanan. Disamping hal tersebut, merawat audio Mobil juga sangatlah diperlukan.

Seperti yang kita tahu, bahwasanya tiap komponen memerlukan perawatan supaya tetap maksimal. begitu juga dengan audio Mobil, apabila kondisinya tidak baik maka suara yang dihasilkan akan tidak karuan. Tujuan utamanya adalah menghibur, namun dengan suara yang kurang bagus bisa menyebabkan kepala pusing. Oleh sebab itu jangan sampai lupa merawatnya.

Untuk merawat audio Mobil sebenarnya sangat mudah, namun kebanyakan orang belum mengetahuinya. Daripada penasaran, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

  1. Mematikan audio sebelum mesin Mobil dimatikan

Tips pertama dalam perawatan audio bisa dilakukan dengan mematikannya sebelum mesin Mobil dimatikan. Apabila Anda mematikan mesin dalam keadaan audio masih menyala, akibatnya dapat memperpendek usia fitur hiburan yang penting tersebut. Ditambah lagi saat Anda menyalakan mesin maka audio juga akan ikut hidup, padahal tegangan awal saat menghidupkan Mobil sangat tinggi. Akibatnya kerusakan komponen audio tidak bisa dihindarkan.

Mematikan mesin Mobil dilakukan setelah fitur hiburan dimatikan

Jadi ketika Anda mematikan mesin Mobil Anda dengan memutar kunci kontak, sebaiknya periksa terlebih dahulu komponen lain sudah dimatikan atau belum. Baik itu audio ataupun fitur hiburan lain yang terdapat pada Mobil. dengan begitu kondisinya tetap terjaga dan mempunyai umur yang panjang.

>>> Baca juga, Inilah Penyebab Mobil Cepat Kusam Yang Perlu diperhatikan

  1. Menggunakan CD Original

CD yang original juga dapat mempengaruhi kinerja audio Mobil. optik yang ada di dalamnya akan bekerja dengan maksimal sehingga kondisinya tetap terjaga. Sangat berbeda dengan penggunaan CD bajakan, perangkat dalam audio akan bekerja lebih keras dalam membaca CD di dalamnya.

CD bajakan bisa memperpendek usia optik pada audio Mobil

Jadi untuk menjaga kondisi dari fitur hiburan ini salah satunya adalah dengan membeli CD original. Meskipun harganya lebih mahal, namun dapat membuat umur audio menjadi lebih panjang dan tidak mudah mengalami kerusakan.

  1. Membersihkan debu pada head unit

Tips merawat audio Mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan debu yang menempel pada head unit. Hal ini memang tugas yang harus dilakukan oleh pemilik Mobil. selain itu bersihkan juga debu yang terdapat pada celah yang terlihat.

Debu yang menempel bisa menyebabkan kerusakan pada fitur audio Mobil

Apabila head unit mati maka perlu dilakukan pengecekan pada ukuran din sesuai atau tidak. Apalagi Anda pernah mengganti head unit dengan produk aftermarket, maka perlu perhatian yang lebih. Jika sebelum dilakukan pemasangan head unit itu hidup kemudian setelah dipasang mati, berarti kerusakan tidak pada head unitnya atau instalasinya. Biasanya masalah terjadi pada  komponen yang ada pada head unit melemah. Selain itu bisa juga IC regulator yang kondisinya sudah tidak normal.

Jadi ketika ingin melakukan pergantian head unit dengan produk aftermarket, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah semuanya normal. Dengan begitu pemasangan bisa lancar dan tidak ada masalah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

  1. Mengatur komposisi treble, midle dan bass secara teratur

Pengaturan pada equalizer memberikan suara yang nyaman didengar. Jika pengaturan yang dilakukan tidak tepat, maka suara yang dihasilkan dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Tidak hanya itu, pengaturan yang pas dapat memperpanjang umur dari audio Mobil.

Pengaturan equalizer yang tepat menghasilkan suara yang enak didengar

  1. Mengatur volume tidak melebihi batas maksimal

Volume yang terlalu keras dapat mengganggu pengemudi Mobil ketika berkendara. Selain itu suara yang dihasilkan juga menjadi tidak karuan. Bahkan dengan mengeraskan volume melebihi batas dapat merusak komponen Mobil seperti bagian speaker. Jika sudah begitu maka speaker tidak akan mengeluarkan suara aslinya dengan maksimal.

Aturlah volume suara audio secukupnya saja

Jadi sangat disarankan untuk memutar tombol volume sewajarnya saja. Supaya enak didengar dan membuat umur audio Mobil menjadi lebih lama. Selain itu, pengemudi juga masih bisa mendengar suara klakson dari pengendara lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

  1. Membersihkan optik menggunakan CD Cleaner

Adapun tips merawat audio Mobil yang terakhir adalah dengan melakukan pembersihan optik secara berkala. Langkah ini dilakukan dengan menggunakan bantuan CD Cleaner supaya optik dapat membaca CD dengan maksimal. untuk mendapatkan CD Clreaner bisa didapatkan di Toko elektronik terdekat.

Disc Cleaner mampu membersihkan dan menjaga optik dengan maksimal

Demikianlah informasi mengenai cara merawat audio Mobil dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.