Inilah Penyebab Mobil Cepat Kusam Yang Perlu diperhatikan

03/04/2018 | Mobilmo.com

Memiliki kendaraan dengan tampilan yang menarik pasti sangat diidamkan. Karena kebanyakan Mobil yang melintas di jalan terlihat kusam seperti tanpa perawatan. Hal tersebut dapat terjadi karena memang tidak ada perawatan atau caranya yang keliru. Banyak yang belum tahu penyebab Mobil cepat kusam sehingga kendaraan mereka seperti tanpa perawatan.

Pada umumnya melakukan perawatan Mobil yang pertama adalah melakukan pencucian Mobil. Tujuannya adalah supaya kondisinya terlihat mengkilap dan tanpa ada noda yang menempel. Namun hal tersebut perlu dilakukan dengan benar, mengingat kesalahan yang terjadi bisa membuat warna Mobil cepat kusam. Mungkin Anda pernah melihat Mobil yang belum berumur 2 tahun atau baru 1 tahun sudah terlihat kusam. Mungkin hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab yang tidak diketahui.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab Mobil cepat kusam yang perlu diperhatikan agar kondisinya tetap mengkilap dan terjaga.

  1. Sinar ultraviolet

Adapun hal pertama yang bisa menjadi penyebab warna Mobil lebih cepat kusam adalah sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet yang dihasilkan dan terkena bodi Mobil secara langsung dalam jangka waktu yang lama bisa membuat warna Mobil pudar. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menggunakan sarung Mobil saat melakukan parkir di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Sinar ultraviolet dapat membuat Mobil cepat kusam

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mudah Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil

  1. Waktu mencuci Mobil

Penyebab selanjutnya adalah mencuci Mobil dalam waktu yang tidak pas. Pada siang hari sinar ultraviolet dari matahari sangat tinggi, jadi jangan mencucinya pada waktu ini. Dalam melakukan pencucian kendaraan Anda bisa dilakukan di pagi atau sore hari.

Waktu yang tepat mencuci Mobil adalah pagi dan sore hari

  1. Terkena tetesan air

Penyebab Mobil cepat kusam lainnya adalah sering terkena tetesan air. Ketika Anda ingin parkir sebaiknya memperhatikan keadaan sekitar. Apakah bisa menimbulkan tetesan air ketika hujan atau setelah hujan turun. Oleh sebab itu hindarilah tempat yang dapat berpotensi terkena tetesan air seperti di bawah pohon atau pojokan tempat parkir. Apabila sering terkena maka dapat menimbulkan noda yang membekas. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan sulit dibersihkan dengan sempurna.

Tetesan air dapat menimbulkan noda yang susah dihilangkan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

  1. . Mobil jarang dicuci

Melakukan pencucian menghindari noda dan kotoran menempel pada Mobil terlalu lama. Karena jika ada noda yang terlalu lama menempel bisa menimbulkan bekas atau jamur. Selain itu warna Mobil juga berubah menjadi cepat kusam pada bagian yang terdapat noda tersebut. Namun perlu diperhatikan waktunya, alangkah baiknya mencuci Mobil di pagi dan sore hari.

Kotoran yang terlalu lama menempel pada Mobil dapat menimbulkan jamur

Selain hal tersebut melakukan pencucian Mobil juga bisa dilakukan secara berkala. Anda bisa melakukannya seminggu sekali membawa ke salon Mobil jika tidak sempat mencucinya sendiri. Yang lebih penting lagi adalah setelah selesai melewati genangan air atau jalan yang berlumpur untuk segera dilakukan pencucian atau pembilasan.

  1. Asal menggunakan sabun

Sabun khusus mencuci Mobil sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi cat bodi Mobil. Kadangkala pemilik memanfaatkan sabun yang tersedia di rumah untuk melakukan pencucian. Padahal efeknya sangat jelas yakni membuat warna menjadi cepat kusam. Hal tersebut dikarenakan sabun detergen atau lainnya memiliki sifat asam yang bisa menyebabkan korosi. Anda bisa mendapatkan sabun atau sampo khusus di toko otomotif terdekat. Biasanya mereka menjual dengan harga yang bervariasi, jadi sebaiknya memilih yang paling berkualitas supaya warna Mobil tetap kinclong.

gunakan sampo khusus mencuci Mobil agar tetap kinclong

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

  1. Mengelap dengan bahan kasar dan kotor

Penyebab Mobil cepat kusam yang terakhir adalah penggunaan lap yang keliru. Melakukan pengelapan diharuskan dengan kain yang berbahan halus dan dapat meresap air secara sempurna. Jika kain yang digunakan kasar atau kondisinya kotor bisa menyebabkan warna Mobil cepat pudar, selain itu juga bisa menimbulkan goresan yang dapat membuat tampilan tidak menarik.

Gunakan kain halus saat membersihkan Mobil agar tidak timbul baret

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab Mobil cepat kusam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.