Tips Mengecek Rem Tromol Mobil Saat Kendaraan Lama Di Garasi Rumah

23/07/2021| Abdul

Salah satu bagian penting pada kendaraan adalah sistem pengereman. Fungsinya adalah mengurangi laju kendaraan dan memberhentikannya. Terdapat beberapa jenis sistem pengereman, salah satunya adalah rem tromol. Dimana ketika mobil di garasi terlalu lama maka mengecek rem tromol mobil diperlukan.

Gambar ini menunjukkan pelepasan roda mobil

Pengecekan rem tromol perlu melepas roda mobil

Rem tromol dihadirkan guna melengkapi rem cakram pada kendaraan. Tujuannya adalah untuk memberikan pengereman yang terbaik. Namun kadangkala mobil dibiarkan berada di garasi terlalu lama karena hal tertentu seperti pergi ke luar kota tanpa menggunakan mobil atau seperti saat ini karena masa pandemi. Saat pandemi aktivitas di luar ruangan dilakukan pengurangan sehingga mobil lebih sering berada di garasi.

Pada saat mobil terlalu lama di garasi dan tidak dipakai maka mengecek rem tromol mobil perlu dilakukan. Jika menginginkan pengecekan yang menyeluruh maka perlengkapan dan waktu perlu disiapkan. Hal tersebut dikarenakan dalam prosesnya ban perlu dulakukan pelepasan.

>>> Lihat Juga, Ban Pecah Di Jalan, Jangan Menginjak Rem Mobil Secara Mendadak

Gambar ini menunjukkan pembukaan tutup tromol mobil

Proses membuka trmol cukup mudah

Beberapa alat yang dibutuhkan seperti dongkrak, kunci sok yang disesuaikan dengan ukuran baut, cairan penetrant, kain lap kering dan juga kuas. Dalam prosesnya, hal pertama yang dilakukan adalah mengendorkan sedikit baut pada roda mobil baru mengangkatnya dengan dongkrak. Setelah itu dilanjutkan dengan melepas baut dan mengambil roda pada mobil.

Apabila roda sudah terlepas maka terlihat tromol atau drum, lepaskan tutup tromol supaya kampas rem dapat terlihat. Sobat bisa membersihkan bagian tersebut yang sudah terbuka. Gunakan kuas dan kain lap sampai benar-benar bersih, bila sudah bersih dilanjutkan dengan menyemprotkan cairan penetran pada bagian per, drat, baut dan bagian logam lain yang terdapt pada bagian tersebut. Tujuan dari penyemprotan adalah untuk mencegah munculnya karat pada tromol.

>>> Baca Juga, Agar Tidak Sulit Buka Baut Velg Mobil Saat Ban Kempes, Lakukan Tips Ini

Langkah tersebut sudah selesai, namun yang perlu diperhatikan sebelum perakitan kembali adalah mengecek rem tromol mobil pada bagian kampasnya. Jika masih tebal bisa langsung dirakit, tapi bila telah menipis bisa dilakukan penggantian.

Gambar ini menunjukkan tromol mobil setelah dibuka

Jika kampas mobils udah tipis maka lebih baik diganti

Pada proses perakitan terbilang cukup mudah yakni dengan melakukan hal sama saat membongkar namun dengan menggunakan cara terbalik. Dalam proses pengencangan baut roda mobil bisa dilakukan dengan mengencangkan baut semampunya sebelum dongkrak diturunkan. Bila sudah turun maksimal dan dongkrak sudah diambil, barulah kencangkan baut roda dengan maksimal.

Jika tidak ada waktu dan ingin melakukan perawatan bisa melakukannya di bengkel resmi. Apalagi untuk saat ini terdapat layanan home service dari pihak dealer, tentunya hal tersebut sangat menguntungkan. Cukup menghubungi pihak dealer dan menyebutkan apa yang diinginkan atau mengikuti aturan dari pihak dealer supaya bisa mendapatkan layanan perawatan kendaraan di rumah. Para mekanik juga dilengkapi dengan protokol kesehatan ketat sehingga pemilik mobil tetap merasa aman selama masa pandemi masih berlangsung.

>>> Baca Juga, Inilah Kelebihan Rem Tromol Mobil Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan penyemprotan tromol mobil

Penyemprotan untuk memberikan perlindungan pada bagian logam dan mencegah karat

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengecek rem tromol mobil sendiri di rumah. Semoga bisa memberikan manfaat dan tetap jaga kesehatan di masa pandemi saat ini. Hindari melakukan aktifitas yang tidak terlalu penting, apabila diharuskan bepergian sebaiknya mengikuti protokol kesehatan dengan baik seperti memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak aman dengan orang lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!