Tips Mencuci Kap Mesin Mobil Agar Kondisinya Tetap Terjaga

12/11/2019 | Abdul

Mencuci kap mesin mobil sebenarnya mudah dan tidak terlalu sulit. Salah satu dasar yang perlu diketahui adalah pada saat pencucian tidak dilakukan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya adalah air yang terdapat pada kap tidak langsung mengering, karena untuk proses pengeringan mengandalkan lap seperti kanebo dan kain lainnya.

Gambar ini menunjukkan kap mesin mobil dengan warna putih

Kap mesin mobil berada di depan dan mudah dilihat oleh orang lain

>>> Baca juga, Bukan Asal-Asalan, Ini Alasan Menutup Kap Mesin Mobil Pakai Teknik Dibanting

Adapun langkah awal dalam proses pembersihan adalah dengan menyiramnya menggunakan air bersih secara merata. Dengan begitu kotoran seperti debu dan lainnya dapat ikut terbawa air. Apabila Sobat baru bepergian dan mematikan kendaraan maka tidak disarankan langsung mencuci kap mesin mobil. Hal tersebut dikarenakan resikonya sama dengan mencuci di bawah terik sinar matahari.

Jadi sebaiknya tunggulah sebentar sampai kap mesin dingin barulah dilakukan penyiraman untuk mencuci kap mesin mobil. Setelah selesai dalam proses penyiraman, langkah selanjutnya adalah dengan menyekanya menggunakan lap chamois. Untuk prosesnya dilakukan secara searah dimulai dari belakang menuju ke bagian depan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembersihan dan mendapatkan hasil maksimal. Apabila terdapat kotoran yang menempel bisa menekan dengan lebih kuat agar noda tersebut dapat hilang. Setelah itu baru mengeringkan dengan lap chamois.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa kain pembersih di atas kap mesin mobil

Membersihkan kap mesin mobil menggunakan beberapa kain agar hasil maksimal

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Perlu diketahui, bahwasanya lap chamois berguna untuk mengangkat air saja dan tidak sepenuhnya mengeringkan kap mesin mobil. Selanjutnya adalah melakukan pengelapan menggunakan kain microfiber agar proses pengeringan dapat maksimal dan secara total. Untuk melindungi kap mesin Sobat bisa memberikan wax yang mempunyai kandungan silikon di dalamnya. Untuk pemberiannya cukup mudah hanya oleskan secara merata pada permukaan dan menyekanya dengan kain microfiber.

Pada saat melakukan penyekaan ketika diberi wax maka prosesnya dilakukan dengan memakai gerakan bolak-balik. Untuk waxing Sobat bisa melakukan prosesnya setiap 2 minggu sekali. Bahkan dengan metode ini bisa juga untuk menghilangkan water spot ringan yang terdapat pada kap mesin mobil yang sudah lama menempel. Water spot bisa berupa bekas air hujan ataupun air cucian mobil.

Jika terdapat noda yang membandel pada kap mesin mobil bisa memakai cairan pembersih untuk menghilangkannya seperti Adhesive Tar Removal. Untuk caranya dengan mengoleskan cairan pembersih dengan mengandalkan kuas. Setelah itu dilakukan penyekaan menggunakan lap yang berfungsi untuk mengangkat noda bandel. Untuk memastikan bahwa telah terangkan bisa mengusapnya dengan memakai kain microfiber.

>>> Mungkin tertarik, Ini Dia 3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Dan Tidak Merusak Bodi

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain sedang mengelap kap mobil

Pembersihan yang benar mendapat hasil maksimal

Mencuci kap mesin mobil menjadi salah satu langkah yang perlu dilakukan. Biasanya dibarengi dengan pencucian mobil sehingga bisa jadi satu paket. Jadi sebaiknya memperhatikan segala sesuatunya dengan baik. Sebenarnya proses pencucian pada bagian kendaraan tekniknya hampir sama. Yang paling umum adalah dengan mencucinya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencuci kap mesin mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.