Tips Membersihkan Garasi Mobil Agar Tetap Nyaman

27/07/2018| Abdul

Bagi sebagian orang, garasi mobil dapat digunakan sebagai tempat menyimpan barang seperti perkakas, perabotan yang tidak terpakai dan masih banyak lagi. Hal tersebut memang tidak menjadi masalah, dengan catatan masih terdapat ruang yang cukup lapang. Selain itu, perlu diperhatikan pula untuk akses keluar masuk Mobil selama di dalam garasi. Jangan sampai terlalu penuh sehingga untuk membuka pintu saja sulit.

Memang tidak masalah sih, kalau Anda menaruh banyak barang di dalam garasi, akan tetapi jangan lupa membersihkan garasi Mobil agar semuanya tertata rapi dan enak untuk dipandang mata. Apabila dibiarkan kotor tanpa adanya pembersihan, kenyamanan menjadi terganggu dan lebih brabe lagi berpotensi menjadi sarang tikus.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan garasi Mobil agar tetap nyaman dan rapi.

1. Mengeluarkan barang

Untuk langkah pertama yang perlu dilakukan, adalah dengan mengeluarkan semua barang yang terdapat dari dalam garasi untuk kemudian diletakkan di luar garasi. Baik itu peralatan  perkakas, kunci-kunci toolkit, hingga peralatan berkebun dan lain sebagainya. Dalam tahapan ini bisa dibarengi dengan memilih barang mana yang cukup penting dan sering digunakan serta barang bekas atau yang sudah tidak terpakai.

Gambar ini menunjukkan banyak barang yang diletakkan berada di garasi mobil

Ilustrasi garasi Mobil yang berantakan

Pada tahapan ini barang yang dikeluarkan dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yakni barang untuk disimpan dan masih digunakan, barang tidak terpakai dalam kondisi yang tidak layak serta barang masih bagus namun tidak terpakai yang bisa disumbangkan. Selain itu, jika tidak ingin menyumbangkannya bisa dengan membuka garage sell atau mempostingnya di jual beli online. Dengan begitu barang yang masih bagus dan tidak terpakai dapat dijadikan uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

2. Membersihkan barang

Masih berhubungan dengan point nomor 1, barang yang masih bagus dapat disimpan kembali ataupun dijual agar tidak memenuhi tempat. Untuk barang yang sekiranya sudah tidak layak sebaiknya diloakkan saja, toh ada orang yang bersedia membayar meskipun harga jualnya rendah. Sedangkan untuk yang masih bagus atau malah paling bagus, jika kondisinya bersih pasti harga jualnya juga lebih tinggi. Selain itu, untuk barang yang akan disimpan kembali juga lebih enak dipandang dan akan lebih mudah penataannya.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang sebuah benda yang sedang disemprot dengan air

Pencucian barang di luar bertujuan agar kotoran tidak kembali masuk ke garasi Mobil

Dalam proses pembersihan dilakukan saat masih di luar ruangan, agar kotoran dan debu tidak ikut lagi ke dalam garasi. Pada proses pembersihannya juga bisa dipisah, apabila terdapat barang yang beresiko menyebabkan konsleting sebaiknya dilakukan pembersihan sendiri. Sedangkan yang dirasa aman masalah kelistrikan atau hal lainnya bisa dilakukan penyemprotan dengan selang air bertekanan secara bersamaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

3. Pembersihan garasi Mobil

Tahapan selanjutnya adalah membersihkan garasi Mobil. Pada proses ini bisa dilakukan penyikatan serta gunakan sabun baik deterjen atau pembersih lainnya. Yang terpenting bisa menghilangkan kotoran baik debu ataupun noda yang membandel. Jangan lupa pula untuk menghilangkan jaring laba-laba di langit-langit garasi dengan sapu. Karena biasanya, garasi yang tidak terawat akan terdapat sarang laba-laba di bagian atasnya.

Gambar ini menunjukkan seorang pria memegang vacum cleaner sedang membersihkan garasi

Jika kotoran di garasi hanya debu saja bisa menggunakan vacum cleaner dalam pembersihannya

Dalam pembersihan pastikan semua sudut ruangan dan juga keseluruhan dalam kondisi yang bersih. Setelah selesai bisa menunggunya sampai mengering.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru dan terlengkap yang diulas oleh Cintamobil.com

4. Memasukkan barang

Proses terakhir dalam membersihkan garasi Mobil adalah memasukkan barang yang tadi sudah dikeluarkan. Setelah barang mengering secara menyeluruh bisa memasukkannya kembali ke dalam garasi. Barang yang dimasukkan adalah yang masih baik dan bisa digunakan atau memang ingin disimpan.

Gambar ini menunjukkan banyak barang yang tertata rapi di garasi mobil

Penataan yang rapi pada barang di garasi Mobil tentu membuat suasana lebih nyaman dan enak dipandang

Untuk barang lain yang ingin dijual atau diloakkan sebaiknya jangan dimasukkan garasi. Bisa diletakkan di depan rumah kalau memang masih ada ruang. Dalam penataan bisa juga dengan memanfaatkan kotak penyimpanan untuk meletakkan barang kecil. Dengan begitu akan lebih terlihat rapi dan tidak berserakan.

Pada saat merapikan, barang yang memang ingin disimpan namun jarang digunakan bisa diletakkan paling bawah atau belakang. Sedangkan untuk barang yang masih digunakan diletakkan di atas atau di depan. Dengan begitu dalam mengambilnya akan lebih mudah dan tidak membuat barang lain berserakan.

Perhatikan juga ruang Mobil dalam penataan garasi. Pastikan dalam penataannya tidak menghalangi akses keluar masuk Mobil. Dengan begitu saat masuk garasi Mobil akan lebih mudah dan juga enak dipandang.

Demikianlah tips membersihkan garasi Mobil yang dapat dilakukan, apakah Anda memiliki trik tersendiri?

>>> Tempat beli Mobil dengan penawaran menarik ya cintamobil.com

Berita sama topik

International