Timing Belt Merupakan Salah Satu Nyawa Mesin, Ini Cara Mengetahui Kondisinya

29/03/2019| Arfian Alamsyah

Selain oli, timing belt bisa dibilang sebagai nyawa dari mesin mobil Anda. Tanpa adanya timing belt maka mesin tidak dapat bekerja dengan baik. Timing belt adalah suatu belt atau bisa juga rantai yang berfungsi untuk menggerakkan komponen di dalam mesin. Fungsi utama dari timing belt adalah untuk memutar camshaft (atau yang sering disebut juga noken as). Noken as sendiri punya peran untuk membuka dan menutup valve (klep) pada ruang pembakaran dengan tepat timingnya. So, timing belt merupakan salah satu nyawa mesin, ini cara mengetahui kondisinya.

>>> Ini dia gejala timing belt sudah mulai rusak

Timing belt dan pengukurannya

Timing belt punya peran sangat vital pada mesin mobil

Cara mengetahui kondisi timing belt tidak ada jalan lain dengan cara membuka cover pelindungnya. Setelah cover pelindung terbuka, maka akan terlihat secara visual dengan mata kepala Anda bagaimana kondisi dari timing belt tersebut. Umumnya, timing belt dibuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah getas, namun namanya buatan manusia pasti ada saja kelemahannya. Jika terdapat serabut benang atau getas maka segera saja ganti timing belt mobil Anda. Ini lebih baik daripada timing belt putus dijalan dan mesin mobil Anda akan mati seketika.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Timing belt dicek dengan dibuka cover pelindungnya

Buka tutup pelindung untuk mengetahui kondisi timing belt

Umumnya pemilik mobil enggan melakukan pengecekan karena memang posisi timing belt tertutup dan tersembunyi, sehingga menyulitkan ketika pemilik mobil ingin melakukan pengecekan. Dengan posisinya yang tertutup, maka otomatis proses penggantian juga dipastikan akan lebih sulit bila dibandingkan dengan mengecek tali kipas. Tapi, itu tidak akan seberapa biayanya bila dibandingkan Anda harus menurunkan total blok mesin dan kepala silinder demi memperbaiki kerusakan akibat putusnya timing belt.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International