Tahukah Anda Pengertian Paint Correction ?

11/07/2018 Abdul Perawatan mobil

Menjaga penampilan Mobil adalah suatu hal yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tujuannya untuk membuatnya lebih menarik dan tetap terawat. Dalam istilah perawatan Mobil terdapat istilah paint correction. Yang mana untuk seseorang yang sering menjaga penampilan kendaraan dan kerap pergi ke salon Mobil akan mengetahui hal tersebut.

Lantas apa sebenarnya sih maksud dari paint correction?

Jadi pengertian dari istilah paintwork correction adalah proses dalam menghilangkan suatu masalah yang terdapat pada permukaan cat body Mobil. Dalam hal ini biasanya adanya baret halus, kotoran burung, getah pohon, micro-marring, kulit jeruk, 3D Hologram efek, spiderweb, buffer mark dari mesin poles ataupun swirlmark akibat pencucian.

Sebenarnya hal di atas terbilang cukup umum terdapat pada bodi Mobil. Namun hal itu dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik dan menjadikan warna cat terlihat kusam layaknya kendaraan yang tidak terurus.

Gambar ini menunjukkan bodi mobil warna hitam terpapar sinar matahari dan terdapat bekas baret tipis

Paint correction ambil bagian untuk membuat tampilan cat bodi lebih menarik

Dalam hal ini paint correction ambil bagian untuk mengatasi masalah tersebut supaya tampilan cat bodi lebih menarik. Dengan melakukannya tampilan akan menjadi kinclong dan lebih sempurna. Dari pihak Adi Noegroho dari Car Care Ekopoles di kawasan Haji Nawi, Pondok Pinang, Jakarta juga menuturkan, bahwa saat melakukan pemolesan biasanya ada kegagalan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

 “Paint correction diperlukan saat ada kekurangan atau kegagalan dari pemolesan sebelumnya, biasanya sering terjadi apabila baru keluar dari bengkel cat. Pemolesan dari bengkel cat umumnya pasti ada bagian yang terlewat, di situlah peran Paint Correction ini,” ujar Adi Noegroho.

Akan tetapi bukan karena pemolesan yang mengalami kegagalan saja yang dapat menimbulkan cacat, namun mencuci kendaraan yang tidak benar juga bisa membuat kerusakan pada cat bodi.

 “Yang paling benar saat mencuci mobil itu pakai lap microfiber, bukan spons atau chamois. Lebih aman dengan microfiber,” jelasnya lagi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Gambar ini menunjukkan seorang pria topi putih memegang alat poles dan memoles kendaraan

Paint correction diperlukan saat ada kekurangan atau kegagalan dari pemolesan sebelumnya

Apabila dalam mencuci kendaraan dilakukan dengan cara yang salah, maka bisa menimbulkan swirl mark. Untuk cara kerja dari paint correction sendiri biasanya dilakukan dengan mengikis permukaan pada cat Mobil antara 1 sampai 2 micron. Hal tersebut dilakukan supaya permukaan cat dapat memantulkan cahaya dengan lebih sempurna dari berbagai sudut.

“Kalau sudah terlanjur di-coating, terkadang harus kita ‘bongkar’ coating lamanya kalau tidak bagus pengerjaannya agar lebih maksimal hasilnya. Istilahnya hanya memperbaiki dari yang sudah dikerjakan sebelumnya, bukan dari awal lagi,” tambahnya.

Selain itu, paint correction juga dapat dilakukan pada Mobil yang telah lama tidak digunakan atau disimpan di garasi. Jadi bagi Anda yang mempunyai Mobil lebih dari 1 dan terdapat Mobil yang tidak digunakan bisa melakukannya. Dengan begitu tampilan Mobil menjadi lebih mengkilap.

>>> Baca juga, Penarikan Larangan Mengemudi, Ford Bagikan Tips Memilih Mobil bagi Wanita yang diulas oleh cintamobil.com

 “Beberapa kali kami mengerjakan mobil yang sudah lama tidak keluar dari garasi, jadi Paint Correction juga bisa untuk mengembalikan kilap cat orisinalnya,” ucap Adi lagi.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan dengn sarung tangan putih memegang alat diletakkan di atas Bodi Mobil

Paint Correction berbeda dengan detailing

Apabila dilihat dari pengerjaannya, paint correction sangat berbeda apabila dibandingkan dengan detailing. Yang mana untuk paintwork correction berguna untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada permukaan cat body Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

“Prosesnya tidak dimulai dari nol seperti Detailing, hanya menyempurnakan yang sudah dikerjakan sebelumnya agar lebih maksimal hasilnya,” tutup Adi.

Demikianlah informasi mengenai pengertian dari paint correction. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Tempat jual beli Mobil dengan penawaran menarik ya cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca