Pipa Menuju Saringan Udara Penuh Oli, Kenapa Ya?

09/06/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Ada salah satu pertanyaan menarik yang masuk ke meja redaksi Mobilmo.com. Yaitu ada seseorang yang mengeluh saat mengecek filter udara mobilnya pada pipa menuju saringan udara penuh oli. Kira-kira, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Ada salah satu pertanyaan menarik yang masuk ke meja redaksi Mobilmo.com dari pembaca setia website nomor satu seputar teknik kendaraan terutama mobil ini. Ia mengeluh setiap kali ia mengecek saringan udara mobilnya, pasti ada oli yang naik ke saringan udara melalui pipa menuju saringan udara. Intinya pipa menuju saringan udara penuh oli, mengapa hal ini bisa terjadi?

>>> Mau pasang open air filter alias saringan udara terbuka? Ketahui plus dan minusnya di sini

Tampak saringan udara model open air

Saringan udara ada banyak oli, kira-kira kenapa ya?

Oli yang ada pada saringan udara itu adalah dari mesinnya itu sendiri. Keluarnya oli adalah dari lubang hawa. Jadi singkatnya begini, di dalam sistem pernafasan mesin itu ada yang dinamakan PCV (Positive Crankshaft Ventilation), biasanya berupa selang. Fungsi dari PCV adalah membuang tekanan pada mesin, oleh karena alasan emisi tekanan yang ada pada mesin ini tidak boleh dibuang sembarangan keluar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak membuka filter udara dan filter oli

Oli biasanya naik ke filter udara akibat tekanan dari mesinnya itu sendiri

Pada mobil berturbo contohnya, biasanya hawa atau tekanan yang keluar ini dimasukkan lagi dekat turbo. Makanya, kejadian saringan udara ada oli ini sering diakali dengan pemasangan oil catch tank. Oil catch tank ini menyalurkan hawa atau tekanan dari mesin yang keluar agar masuk jalur oil catch tank terlebih dahulu, dan jika ada oli yang keluar maka akan tertahan di oil catch tank.

>>> Ini dia bedanya blok mesin model open deck vs closed deck

Tampak jalur kerja PCV Valve pada mesin

Inilah jalur kerja PCV Valve pada mesin dalam mengatur pembuangan tekanan

Semakin capek mesin, maka akan semakin banyak tekanan dari mesin yang keluar dari selang pembuangan alias PCV valve tersebut. Efek paling buruknya, jika hal ini terus dibiarkan mesin akan bisa runaway, dimana mesin terus menyala dan berikitir pada putaran tinggi dan tidak terkendali.

Peranti oil catch tank

Alat bernama oil catch tank ini akan meminimalisir buangan oli naik ke filter udara

>>> Dapatkan tips teknik mobil yang terbaik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca