Pipa Menuju Saringan Udara Penuh Oli, Kenapa Ya?

09/06/2019| Arfian Alamsyah

Ada salah satu pertanyaan menarik yang masuk ke meja redaksi Mobilmo.com dari pembaca setia website nomor satu seputar teknik kendaraan terutama mobil ini. Ia mengeluh setiap kali ia mengecek saringan udara mobilnya, pasti ada oli yang naik ke saringan udara melalui pipa menuju saringan udara. Intinya pipa menuju saringan udara penuh oli, mengapa hal ini bisa terjadi?

>>> Mau pasang open air filter alias saringan udara terbuka? Ketahui plus dan minusnya di sini

Tampak saringan udara model open air

Saringan udara ada banyak oli, kira-kira kenapa ya?

Oli yang ada pada saringan udara itu adalah dari mesinnya itu sendiri. Keluarnya oli adalah dari lubang hawa. Jadi singkatnya begini, di dalam sistem pernafasan mesin itu ada yang dinamakan PCV (Positive Crankshaft Ventilation), biasanya berupa selang. Fungsi dari PCV adalah membuang tekanan pada mesin, oleh karena alasan emisi tekanan yang ada pada mesin ini tidak boleh dibuang sembarangan keluar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak membuka filter udara dan filter oli

Oli biasanya naik ke filter udara akibat tekanan dari mesinnya itu sendiri

Pada mobil berturbo contohnya, biasanya hawa atau tekanan yang keluar ini dimasukkan lagi dekat turbo. Makanya, kejadian saringan udara ada oli ini sering diakali dengan pemasangan oil catch tank. Oil catch tank ini menyalurkan hawa atau tekanan dari mesin yang keluar agar masuk jalur oil catch tank terlebih dahulu, dan jika ada oli yang keluar maka akan tertahan di oil catch tank.

>>> Ini dia bedanya blok mesin model open deck vs closed deck

Tampak jalur kerja PCV Valve pada mesin

Inilah jalur kerja PCV Valve pada mesin dalam mengatur pembuangan tekanan

Semakin capek mesin, maka akan semakin banyak tekanan dari mesin yang keluar dari selang pembuangan alias PCV valve tersebut. Efek paling buruknya, jika hal ini terus dibiarkan mesin akan bisa runaway, dimana mesin terus menyala dan berikitir pada putaran tinggi dan tidak terkendali.

Peranti oil catch tank

Alat bernama oil catch tank ini akan meminimalisir buangan oli naik ke filter udara

>>> Dapatkan tips teknik mobil yang terbaik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International