Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

31/05/2018| Fat

Ban adalah satu-satunya komponen kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalanan, jadi kondisinya wajib diperhatikan. Terlebih mobil bakal digunakan buat perjalanan panjang dan bakal bertemu dengan berbagai macam medan. Untuk memastikan ban mobil kamu oke, lakukan beberapa tips berikut:

1. Periksa tekanan angin

Seseorang sedang mengecek tekanan angin ban

Ukuran tekanan angin ban harus tepat agar bisa digunakan secara nyaman

Jangan terlalu besar dan jangan terlalu rendah. Terlalu besar bikin ban cepat aus, tapi tidak merata. Terlalu rendah, ban juga cepat rusak, terutama di bagian tepinya.

Tekanan angin ban berbeda-beda antara satu mobil dengan yang lain. Tapi secara umum dan yang paling ideal antara 30-35 psi.

2. Ganti angin dengan Nitrogen

Tempat pengisian angin nitrogen di SPBU

Pangkalan pengisian Nitrogen sudah banyak tersedia dimana-mana

Harga Nitrogen memang lebih mahal dari angin biasa. Namun Nitrogen punya kualitas lebih baik. Nitrogen memiliki sifat mendinginkan dan lebih stabil.

Ngisinya dimana? Datang saja ke SPBU-SPBU terdekat. Sebab hampir semua SPBU menyediakan jasa pengisian angin dan Nitrogen. Kamu bisa lakukan penggantian angin biasa ke Nitrogen atau cek tekanan ban jika sebelumnya pernah diisi. Jangan kuatir, petugas pengisian sudah sangat paham dengan hal ini.

>>> Ketahui Ukuran Tekanan Udara Ban Mobil Anda Supaya Stabil

3. Lakukan spooring dan balancing

Melakukan spooring dan balancing di bengkel

Tak bisa lakukan sendiri, ada bengkel yang spesialis spooring dan balancing

Tujuan inti dua hal tersebut sama, meningkatkan performa dan kenyamanan saat berkendara. Spooring bakal menormalkan lagi posisi kaki-kaki mobil. Balancing menyeimbangkan semua beban kendaraan secara merata pada velg dan ban mobil.

4. Lakukan rotasi ban

Seorang cewek sedang mengganti ban

Secara berkala, ban mobil harus dirotasi biar awet

Mungkin ini yang jarang dilakukan pemilik mobil, padahal manfaatnya banyak. Dengan melakukan rotasi ban mobil secara berkala, beban kendaraan bisa lebih merata seperti halnya balancing dan kinerja ban lebih maksimal.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

5. Gunakan semir ban

Gambar orang sedang menyemir ban

Ban jadi mengkilap dan lentur usai disemir

Jangan salah, penggunaan semir ban tak hanya menambah keelokan tapi juga punya manfaat lain yang lebih besar. Ban yang rajin disemir bakal terjaga kelenturannya dan tidak mudah kering. Tentu saja dipakainya lebih enak dan nyaman.

Yang terakhir, biar mobil kamu oke semua jangan lupakan ban cadangan. Kamu tidak tahu di jalanan bakal nginjak apa yang membuat ban kamu kempes, bocor atau meletus dan harus diganti dengan ban cadangan. Karenanya ban cadangan juga harus diperhatikan sebagaimana kamu memperhatikan ban yang lain. Tekanan angin harus diperiksa, usahakan diisi Nitrogen, lakukan spooring dan balancing, secara berkala dipakai serta jangan lupa disemir.

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Berita sama topik

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019| Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    11/06/2018| Abdul

    Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    Perjalanan mudik membutuhkan berbagai rencana yang matang, agar dapat sampai kampung halaman dengan aman serta nyaman. Selain mempersiapkan kondisi tubuh tetap fit baik Anda sebagai pengemudi dan juga keluarga, kondisi Mobil juga perlu beberapa sentuhan. Seperti misalnya perawatan, kebersihan dan hal lain yang mendukung kenyamanan dalam perjalanan. salah satu hal yang dapat menjadikan perjalanan mudik lebih berkesan adalah karpet Mobil yang wangi.

  • Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    31/05/2018| Fat

    Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    Mudik pakai mobil pribadi, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain bekal di perjalanan dan selama liburan di kampung halaman, kondisi tubuh sehat wal afiyat, juga harus memastikan mobil dalam kondisi prima di semua bagian. Mulai dari mesin, sistem pengereman, kelistrikan atau fungsi perlampuan hingga yang tak kalah penting ban mobil kamu oke.

International