Oh Ini Manfaat Mengisi Ban Dengan Angin Nitrogen!

28/08/2018| Abdul Kosim

Pihak produsen Mobil juga menyarankan untuk mengisi angin pada keempat ban menggunakan nitrogen. Kemungkinan banyak pemilik kendaraan yang bertanya-tanya mengenai masalah tersebut. Jika disimpulkan dari pihak produsen yang memberikan saran begitu, tentu manfaat mengisi ban dengan angin nitrogen sangatlah membantu pengendara.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dan manfaat mengisi ban dengan angin nitrogen yang perlu diketahui.

1. Mobil lebih stabil

Gambar ini menunjukkan Mobil warna biru sedang melaju di jalanan

Mobil dengan ban diisi nitrogen lebih stabil dibanding angin biasa

Penggunaan nitrogen membuat tekanan angin yang berada di dalam ban menjadi lebih stabil, dengan begitu tentu dalam menempuh perjalanan lebih nyaman. Kestabilan yang berada di dalam ban bisa terjadi dikarenakan lebih besarnya partikel molekul yang terdapat pada nitrogen. Mungkin bagi sobat yang telah menggunakannya bisa merasakan perbedaan yang terjadi antara angin biasa dengan nitrogen yang diisikan ke dalam ban.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

2. Konsumsi bahan bakar lebih efisien

Gambar ini menunjukkan indikator bahan bakar dengan jarum menunjuk pada huruf E

Berkat penggunaan nitrogen konsumsi bahan bakar lebih hemat

Pasalnya pemakaian nitrogen pada ban Mobil dapat membuat pemakaian bahan bakar lebih irit. Kok bisa bos? Dalam hal ini tekanan angin nitrogen yang terdapat di dalam ban lebih optimal. Sehingga permukaan dari ban yang menempel pada aspal jalanan menjadi lebih sempurna. Dengan begitu konsumsi bahan bakar pada kendaraan akan lebih efisien.

Adapun hematnya bbm pada Mobil yang menggunakan nitrogen pada bannya berkisar 3,3 persen. Apabila menggunakan angin biasa persenan tersebut tidak akan didapat, karena molekul pada angin biasa tidak memberikan tekanan yang optimal. Namun hal ini tidak masalah sebenarnya, tergantung pemiliknya mau ngisi angin biasa atau nitrogen.

>>> Baca juga, Chevrolet Indonesia Bagi-Bagi Tips Hemat Bahan Bakar, Apa Saja?

3. Meningkatkan keamanan

Gambar ini menunjukkan salah satu tempat pengisisian angin nitrogen di salah satu SPBU

Pengisian angin nitrogen biasanya ditemukan di SPBU

Manfaat mengisi ban dengan angin nitrogen selanjutnya adalah lebih aman selama perjalanan. Hal ini dipengaruhi oleh suhu di dalam ban. Yang mana suhu pada nitrogen terbilang lebih rendah dibandingkan dengan angin biasa. Dengan begitu suhu nitrogen tidak naik turun dan lebih stabil. Melihat hal tersebut, resiko ban meledak atau meletus saat melakukan perjalanan dapat dihindari, karena suhu panas di dalam ban tidak berlebih.

>>> Mungkin tertarik, Masalah Keamanan, Ucapkan Selamat Tinggal pada Mobil Termurah di Dunia

4. Ban lebih awet

Gambar ini menunjukkan Ban Mobil terlihat masih dalam kondisi bagus

Penggunaan nitrogen pada ban Mobil dapat membuat ban Mobil lebih awet

Melihat poin yang ketiga, bahwa suhu panas pada nitrogen lebih rendah dibandingkan angin biasa. Dengan begitu permukaan pada ban Mobil menjadi lebih awet. Hal tersebut dikarenakan ban tidak menerima panas yang terlalu berlebih. Sangat berbeda dengan penggunaan angin biasa yang dapat menjadikan karet pada ban cepat berkurang dikarenakan proses oksidasi yang terjadi di dalam ban Mobil.

Melihat hal tersebut tentunya tidak ada salahnya menyarankan untuk menggunakan nitrogen. Mengingat manfaat yang didapat terbilang cukup banyak. Ditambah lagi ban menjadi lebih awet, bahan bakar lebih irit ataupun perjalanan lebih nyaman.

Bagaimana menurut sobat semuanya, apakah sudah beralih menggunakan nitrogen? Memang biasanya untuk angin nitrogen kebanyakan bisa didapatkan di spbu terdekat. Bahkan ada pula yang tidak memilikinya atau bisa saja ada pengisian angin jenis ini di pinggir jalan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat mengisi ban dengan angin nitrogen. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

International