Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

15/05/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

Seperti umumnya saat akan menempuh perjalanan panjang dimana kondisi kendaraan harus benar-benar prima, Anda juga harus memastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik lebaran juga harus benar-benar sehat wal afiyat. Jangan sampai ada yang 'bermasalah' satu pun terutama untuk bagian-bagian vital karena hal tersebut bakal sangat merepotkan.

Foto menunjukkan beberapa mobil Subaru sedang dalam proses servis

Kendaraan untuk mudik wajib dipastikan dalam kondisi prima

Beda perjalanan jauh biasa dengan perjalanan mudik lebaran. Potensi bermasalah saat perjalanan mudik lebaran lebih besar di banding perjalanan biasa meski sama-sama jauh. Saat mudik Anda bakal bebarengan dengan banyak sekali kendaraan yang menuju ke arah yang sama dengan Anda. So, potensi kemacetan di jalan raya semakin besar pula. Kalau kendaraan tidak prima bisa-bisa 'rontok' saat harus stop and go berjam-jam di tengah jalan.

Yang kedua Anda akan lebih sulit menemukan bengkel yang lengang alias tidak antre saat musim mudik. Pada waktu-waktu tersebut ada banyak kendaraan lain yang juga sedang servis dan membutuhkan penanganan. Jadi, meski Anda merasa bisa menemukan bengkel untuk servis kendaraan Anda yang bermasalah, Anda akan membutuhkan waktu lebih banyak hanya untuk menunggu kendaraan selesai ditangani.

>>> Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran

Foto menunjukkan sebuah mobil Isuzu Panther mogok di tengah jalan raya ramai

Jangan tunggu kendaraan Anda sampai benar-benar bermasalah di jalan raya

Jadi sekali lagi, tidak cukup Anda hanya memperhatikan soal siapa yang bakal ikut mudik serta barang dan oleh-oleh apa saja yang bakal dibawa pulang, Anda juga harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Karenanya Anda butuh servis kendaraan jauh-jauh hari sebelum musim mudik tiba.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Bagaimana jika mudik menggunakan mobil sewaan?

Untuk yang satu ini Anda memang tidak 'kewajiban' melakukan servis kendaraan. Tapi Anda bisa minta jaminan dari tempat Anda menyewa kalau armada yang disiapkan buat Anda benar-benar tidak dalam kondisi bermasalah. Untuk hal yang satu ini Anda bisa memilih tempat persewaan yang memiliki track record bagus dalam segi pelayanan termasuk untuk urusan armada yang disewakan.

Foto menunjukkan salah satu armada perusahaan persewaan, TRAC berupa minibus

Ada banyak perusahaan persewaan, pilih yang memiliki track record bagus

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Knalpot Mobil Kemasukan Air, Periksa Bagian Ini

    Knalpot Mobil Kemasukan Air, Periksa Bagian Ini

    12/07/2019

    Berkendara menggunakan mobil memang sesuatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa terjadi masalah, bahkan cuaca juga tidak bisa diprediksi apakah cerah atau nantinya akan turun hujan. Pengendara diharapkan selalu waspada dan siap akan segala kondisi. Yang jadi pembahasan kali ini adalah masalah knalpot mobil kemasukan air.

  • Ternyata Perawatan Jok Mobil Bahan MBtech Sangat Mudah

    Ternyata Perawatan Jok Mobil Bahan MBtech Sangat Mudah

    06/07/2019

    Jok mobil menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan berkendara baik untuk pengemudi atau penumpang. Oleh sebab itu perawatan diperlukan agar kondisinya tetap maksimal. Ditambah lagi bagi pengendara yang kerap mengajak keluarga dengan anak-anak di dalamnya, tentunya perawatan menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Untuk jok mobil bahan MBtech tidak perlu kawatir, karena perawatannya terbilang cukup mudah.

  • Suzuki: Biaya Servis Di Bengkel Resmi Masuk Akal
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Suzuki: Biaya Servis Di Bengkel Resmi Masuk Akal

    03/07/2019

    Banyak yang menilai kalau servis di bengkel resmi terlalu mahal dan bikin dompet langsung menipis. Karenanya banyak yang memilih melakukan servis di bengkel lain yang dianggap lebih murah. Menurut Suzuki anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Dengan berbagai macam layanan dan jaminan yang diberikan, biaya servis di bengkel resmi manapun adalah wajar dan masuk akal.